Mohon tunggu...
Ati Muthiyati
Ati Muthiyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Sesuatu yang baik, akan berbalik baik pula.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Pemasaran Serta Bauran Promosi

24 Desember 2021   11:04 Diperbarui: 24 Desember 2021   11:23 464
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tulisan ini dimuat "untuk memenuhi tugas UAS Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Syariah yang diberikan oleh Dosen Pengampu, Bapak Dr. H. Syaeful Bahri, S. Ag, MM.

Saat ini, perkembangan bisnis semakin meningkat dan persaingan yang kompetitif sudah mendorong perusahaan agar bisa mengetahui konsumennya dengan lebih baik. Karena, konsumen adalah sebuah alasan utama dari keberadaan perusahaan. Dengan semakin mengetahui konsumennya, nantinya sebuah perusahaan akan semakin mampu dalam berkompetisi dengan para pesaingnya. Tujuan utama perusahaan mengetahui konsumen dengan baik yakni dengan adanya komunikasi yang efektif, sehingga informasi yang ingin disampaikan perusahaan kepada para konsumen dapat dipahami dengan baik.

Apa itu komunikasi?

Komunikasi yaitu aktivitas penyampaian dan menerima informasi ataupun pesan antara dua orang atau lebih. Dan akibatnya, pesan tersebut dapat dipahami oleh penerima pesan. Sedangkan pemasaran syariah merupakan strategi yang mengarahkan suatu proses penciptaan, penawaran dan perubahan nilai dalam pemasaran pada seluruh prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip muamalah di dalam ketentuan syariah.

Dikutip dari pendapat Kertajaya (2005), bahwa konsep terbaik pemasaran untuk saat ini dan masa yang akan datang yaitu kegiatan pemasaran yang seharusnya dikerjakan dengan berpegang pada religius, beretika, serta didampingi dengan nilai-nilai kemanusiaan didalamnya.

Apa itu IMC (Integrated Marketing Communication-IMC)?

Pemasaran Terpadu (IMC) ialah sebuah proses dalam mengelola dan menjalin hubungan dengan konsumen yang nantinya akan meningkatkan nilai suatu merek.

Shimp (2010) menyatakan bahwa IMC memiliki ciri yang melekat, yaitu: mempengaruhi perilaku, didahului dari konsumen ataupun calon konsumen prosesnya, melakukan satu ataupun lebih dari satu cara untuk melakukan kontak, selalu memiliki usaha menciptakan kesinambungan antara semua elemen komunikasi, serta selalu membangun hubungan agar keterkaitan antara merek dan konsumen itu terjalin.

Adapun menurut Sulaksana (2005) terkait fokus utama dalam IMC yaitu: adanya aspek fisiologis, keterkaitan kerja antar fungsi, menjaga integrasi dari berbagai fungsi, serta menjalin hubungan dengan stakeholders.

Melalui komunikasi yang efektif, akan menentukan tepat atau tidak, sesuai atau tidak terkait komunikasi yang dilakukan. Sebab, jika informasi yang efektif disampaikan komunikator kepada konsumen, maka akan tersampaikan dan mudah diterima dengan baik oleh para konsumen.

Agar konsumen tertarik dan memberi respon yang baik maka berlu diperhatikan beberapa prinsip dasar dalam berkomunikasi, seperti: harus memiliki rasa menghargai, empati, memahami, kejelasan atas suatu informasi (pesan), serta harus bersikap rendah hati.

Selanjutnya yaitu "Bauran Komunikasi Pemasaran"

Apasih Bauran Komunikasi Pemasaran Itu?

Dikutip dari pendapat Kotler (2005), bauran komunikasi pemasaran yaitu suatu penerapan dari kombinasi 5 model komunikasi pemasaran, diantaranya: iklan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (public relation).

Perancangan Tenaga Penjual

Pada saat merancang tenaga penjual, sebagai tenaga penjual perlu mengetahui seluk beluk segala sesuatu mengenai produk yang akan ditawarkan kepada pembeli.

"Bauran Promosi" 

Bauran promosi merupakan penggabungan dari alat komunikasi, seperti:

  • Advertising (Iklan), merupakan salah satu alat guna bentuk promo suatu produk yang sering digunakan.
  • Personal Selling, adalah alat komunikasi yang mempromosikan secara langsung lepada pembeli.
  • Sales Promotion, suatu usaha guna mempengaruhi konsumen.
  • Public Relations, suatu perusahaan yang beradaptasi dengan masyarakat.
  • Publicity, merupakan suatu kegiatan dalam permintaan, yang kegiatannya tidak dibiayai seseorang atau perusahaan.

Sponsorship

Sponsorship ialah kegiatan atau aktivitas memasarkan suatu produk, yang didukung dari suatu nama perusahaan.

Demikian tulisan ini dimuat, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat kepada para pembaca.

Terimakasih..

Ati Muthiyati-191410162

QUOTE of The Day

Pemenang bukanlah mereka yang tidak pernah jatuh dan kalah. Tapi mereka yang tidak pernah menyerah dan patah.

-Dr. H. Syaeful Bahri, S. Ag, MM-

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun