Nama   : Atika Rahma Nur Ramadhani
Prodi    : Ekonomi Syariah
Kampus : Universitas Alma Ata
Pearce dan Robinson (2008: 299) menjelaskan dalam buku Strategic Management bahwa analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) adalah metode sistematis untuk mengidentifikasi faktor (internal dan eksternal). Analisis tersebut didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif akan memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman.Â
Di bawah ini beberapa faktor internal dan eksternal yang perlu kita ketahui untuk memaksimalkan kekuatan dan  peluang bagi perusahaan. Apa saja?
A. Faktor internal analisis SWOT:Â
1. Keunggulan:Â
sumber daya (keuangan, tenaga kerja, energi, mesin, bangunan, dll.), Keterampilan atau keunggulan unik yang dimiliki oleh individu atau organisasi lain. Kekuatan atau power disebut juga dengan unique core.
2. Kelemahan:Â
Adanya keterbatasan atau kekurangan sumber daya, keterampilan dan kemampuan yang menghambat perkembangan perusahaan dari segi kinerja (kompetensi), laba pendapatan, manajemen dan peningkatan produk.Â
B. Faktor eksternal analisis SWOT:Â