Mohon tunggu...
Athira AlifiaPutri
Athira AlifiaPutri Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

mahasiswa semester 7 di universitas jember jurusan ilmu hubungan internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan dan Pengelanan Teknik Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Shopee dan Tokopedia di Desa Jatisari, Bondowoso

12 September 2022   10:30 Diperbarui: 12 September 2022   10:58 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahapan yang dilakukan selama melaksanakan kegiatan dilakukan bersama dengan kader dari Balai KB (Keluarga Berencana) yang ada di Desa Jatisari bersama dengan komunitas anak dan remaja sebagai sasaran kegiatan. Pada minggu pertama dilakukan survei terhadap sasaran untuk menggali dan mengidentifikasi permasalahan yang ada di Desa Jatisari. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan program penyuluhan dilakukan di minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-3 dengan topik pembahasan yang berbeda. Dan di minggu ke-4 dilaksanakan monitoring dan evaluasi sebagai upaya untuk melihat hasil dari penyuluhan dan pengenalan teknologi di Komunitas “Melek Teknologi” di Dusun Cepok Timur Desa Jatisari.

Dokpri
Dokpri

Berdasarkan pada hasil survei potensi desa yang sebelumnya dilakukan dapat dinyatakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan aplikasi online masih sangat rendah. Hasil wawancara dan diskusi dengan sasaran dapat disimpulkan bahwa mereka belum begitu paham tentang cara menggunakan teknologi secara maksimal terlebih untuk melakukan kegiatan berwirausaha. 

Hal ini sangat disayangkan mengingat ada begitu banyak wirausahawan di Desa Jatisari yang memiliki potensi untuk berkembang lebih pesat. Oleh karena itu perlu untuk dilakukan pengenalan mengenai penggunaan teknologi dan pemanfaatan aplikasi online untuk berwirausaha kepada masyarakat di Desa Jatisari. Supaya usaha yang sasaran jalankan dapat berkembang lebih pesat.

Dokpri
Dokpri

Penyuluhan di minggu pertama yang kami lakukan sebelum menyampaikan materi adalah menghubungi pihak Balai KB dan juga ketua dari PIK-RM yang merupakan komunitas anak yang ada di Desa Jatisari. Forum ini sudah lama berhenti berkegiatan karena tidak adanya pendampingan yang maksimal dari pihak penyelenggara. 

Oleh sebab itu, program Kelompok KKN 371 bermaksud untuk mengaktifkan Kembali forum ini dengan menambahkan kegiatan yang memiliki fokus utama di bidang pengenalan teknologi di Desa Jatisari, yang diberi nama “Komunitas Melek Teknologi”.

Di minggu ke-2, kelompok KKN Tematik UMD 371 Universitas Jember melakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang terbagi kedalam beberapa poin penting yaitu pengertian digital marketing, pengertian promosi, Manfaat Digital Marketing, Teknik Digital Marketing, dan pengenalan aplikasi Shopee dan Tokopedia

Penyuluhan ini dilakukan dan terbagi ke dalam beberapa tahapan untuk mencapai keberhasilan yang membutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak baik dari anggota kelompok KKN 371 dan juga komunitas melek teknologi yang ada di Desa Jatisari.

Dokpri
Dokpri

Dan di minggu-3, KKN Tematik UMD 371 Universitas Jember melakukan penyuluhan terkait Teknik Digital Marketing dengan menggunakan aplikasi Shopee dan juga Tokopedia. Yang dikhususkan untuk meningkatkan minat anak-anak dan remaja di Desa Jatisari untuk melakukan kegiatan jual beli dengan memanfaatkan penggunaan teknologi.

Pelaksanaan kegiatan di minggu ke-3 ini kelompok KKN Tematik UMD 371 Universitas Jember lakukan dengan menyampaikan materi dan praktik secara langsung yang dikemas dalam bentuk diskusi yang menyenangkan dan santai bersama dengan anak-anak dan remaja yang ada di Komunitas Melek Teknologi Desa Jatisari. 

Yang mana kegiatan ini dilakukan di daerah sekitar sasaran tinggal yaitu di Dusun Cepok Timur. Penyuluhan kali ini meliputi Teknik jitu untuk melakukan digital marketing. Dengan menggunakan aplikasi online yang tersedia seperti membuat branding dari sebuah produk, membuat desain menarik untuk produk, dan Teknik pemasarannya menggunakan media aplikasi online. 

Penyuluhan ini dirasa penting karena masyarakat di Dusun Cepok Timur belum mengenal dan memahami betul mengenai penggunaan aplikasi-aplikasi online untuk meningkatkan penjualan produk dan atau jasa yang mereka tawarkan. Mengingat pada era teknologi yang kini maju sangat pesat, maka sangat disayangkan apabila masyarakat Dusun Cepok Timur tidak memanfaatkan dengan maksimal teknologi yang telah ada.

Kegiatan pada minggu ke-4 yang dilakukan oleh Kelompok KKN Tematik UMD 371 Universitas Jember adalah pendampingan sasaran. Dimana materi-materi yang telah disampaikan di minggu kedua dan ketiga yang lalu mereka praktikkan secara langsung dengan dampingan dari pihak kelompok KKN 371. 

Seperti mengoperasikan aplikasi shopee dan Tokopedia. Selain itu pihak KKN 371 juga membuat grup chat agar dapat terus berkomunikasi dan berdiskusi dengan sasaran walau masa pengabdian ini telah berakhir.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun