Mohon tunggu...
Asyifa Nurdayanti
Asyifa Nurdayanti Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswi - Manajemen

Better days are coming.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Penerapan Marketing Mix 7P Pada Toko Besi Berkat Anugrah Bandung (Ekstraksi Bab 2)

24 Juni 2024   12:10 Diperbarui: 24 Juni 2024   12:15 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kajian Pustaka

Konsep Dasar Pemasaran

Menurut Tjiptono dan Diana (2020) “pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan relasi yang positif dengan para  pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis.

Strategi Pemasaran

Rencana yang digunakan sebagai standar untuk mencapai tujuan dalam kegiatan pemasaran disebut strategi pemasaran. Mengingat bahwa tujuan utama dari kegiatan pemasaran perusahaan adalah untuk memuaskan pembeli dan masyarakat umum dengan mendapatkan keuntungan, atau selisih antara pendapatan dan pengeluaran, langkah-langkah perencanaan dan taktik digunakan untuk memperkenalkan produk ke pasar. Kotler dan Armstrong (2012) menjelaskan strategi pemasaran sebagai rencana yang menggambarkan harapan perusahaan terhadap dampak dari berbagai kegiatan pemasaran terhadap permintaan produk di pasar target tertentu (Febriani & Siswahyudianto, 2022).

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah serangkaian tindakan dan solusi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan guna mencapai tujuan bisnis. Bauran pemasaran telah berkembang dari konsep tradisional yang terdiri dari empat elemen, yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. 

Seiring waktu, konsep ini diperluas menjadi tujuh elemen dengan penambahan orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses. Kemudian, bauran pemasaran berkembang lagi menjadi sembilan elemen dengan memasukkan kemasan (packaging) dan janji (promise). 

Saat ini, bauran pemasaran telah mencapai sebelas elemen, termasuk program (programming) dan kemitraan (partnership). Penyempurnaan bauran pemasaran ini membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan teknik-teknik baru untuk memperluas penawaran mereka (Putri, Anggraini, & Harahap, 2023).


Marketing Mix 7P

  • Product.

Menurut Kotler dan Amstrong dalam (Putri, Anggraini, & Harahap, 2023), Produk adalah barang yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu dan dijual oleh perusahaan ke pasar sasarannya. Saat memasarkan produk, merek produk juga harus dipertimbangkan. Produk harus berkualitas tinggi dan harga terjangkau.

Bagi sebuah perusahaan, produk sangat penting. Oleh karena itu, produk tidak hanya berfungsi sebagai dasar untuk kebijakan pemasaran, tetapi juga menunjukkan bagaimana perusahaan dilihat oleh konsumen. 

Gambaran keberhasilan adalah jika produk yang ditawarkan dapat memenuhi keinginan pelanggan. Tentu saja, produk di sini tidak hanya terbatas pada bentuknya; itu juga mencakup kualitas model dan semua aspek lain yang dapat memuaskan keinginan pelanggan (Muhamma Yusuf & Matiin, 2022).

  • Price.

Menurut Kotler dan Amstrong (2017), harga dapat didefinisikan sebagai jumlah uang yang dibayarkan untuk suatu barang atau jasa atau jumlah dan nilai yang ditukarkan oleh pelanggan untuk memperoleh keuntungan dan memiliki atau menggunakan barang atau jasa tersebut. Faktor yang menentukan harga termasuk harga produk pesaing, diskon atau potongan harga, dan variasi dalam metode pembayaran.

  • Place.

Menurut Suryana (2016:209) dalam (Hanggraito, Wiratama, & Saifuddien, 2020), tempat yang paling strategis, menyenangkan, dan efisien adalah yang paling menarik bagi konsumen. Lokasi, transportasi, dan jalur distribusi adalah indikator tempat/distribusi. Saluran pemasaran, kumpulan dan pengaturan lokasi, persediaan, dan transportasi juga merupakan indikator tempat/distribusi.

  • Promotion.

Menurut Thjiptono dalam (Putri, Anggraini, & Harahap, 2023) Promosi adalah cara penjual memberikan informasi kepada pelanggan atau pihak lain dalam proses penjualan untuk mengubah sikap dan tindakan orang. Tujuan promosi adalah untuk meyakinkan target pasar untuk melakukan pembelian.

  • People.

Orang mengacu pada mereka yang mengawasi pengiriman layanan, yaitu staf layanan. Pakaian, penampilan, dan sikap mereka memengaruhi kualitas layanan (Ho, Liu, & Chen, 2022).

  • Process.

Menurut Musfar (2020) dalam (Putri, Anggraini, & Harahap, 2023), sistem dan proses berperan penting dalam mempengaruhi layanan, sehingga perusahaan perlu memastikan bahwa proses yang diterapkan sudah disesuaikan dengan baik untuk mengurangi biaya. Proses mencakup mekanisme dan alur kegiatan dalam penyajian layanan kepada konsumen. Semua aktivitas kerja yang dilakukan termasuk dalam kategori strategi proses.

  • Physical Evidence.

Lingkungan fisik termasuk fasilitas parkir, pertamanan, akses internet nirkabel, dan hotspot untuk membantu perusahaan menjalankan bisnisnya sehingga berbagai tawaran yang ditunjukkan pada pasar sasarannya dapat diterima dengan baik. Keputusan pelanggan untuk membeli dan menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan secara nyata dipengaruhi oleh bukti fisik ini (Oroh, Nelwan, & Lumintang, 2023). Bangunan dan fasilitas pendukung adalah bukti fisik.

-

Sumber Data:

Azizi, D. H., Hildayanti, S. K., & Kurniawan, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 1293.

Gajali, J. A., Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 8.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 78.

Ho, C.-I., Liu, Y., & Chen, M.-C. (2022). Factors Influencing Watching and Purchase Intentions on Live Streaming Platforms: From a7Ps Marketing Mix Perspective. MDI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute), 19.

Kristianti, M. I., & Indrayanti, T. (20200). Presuposisi dalam Video Wawancara Tokoh Universitas PGRI Adi Buana. Jurnal Ilmiah FONEMA, 71.

Mingseli. (2022, September 29). 9 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli. Diambil kembali dari Mingseli: https://www.mingseli.id/2020/09/pengertian-dokumentasi.html

Muhamma Yusuf, & Matiin, N. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE MARKETING MIX ON PURCHASING. Interrnational Journal of 

Alwi, U. (2024, Maret 22). Industri Besi Baja di Indonesia: Melangkah Maju dengan Kokoh. Diambil kembali dari Tambah Pinter: https://tambahpinter.com/industri-besi-baja-di-indonesia/

Azizi, D. H., Hildayanti, S. K., & Kurniawan, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 1293.

Febriani, Y. I., & Siswahyudianto. (2022). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Enterprises (SME’s), 357.

Gajali, J. A., Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 8.

Hanggraito, A. A., Wiratama, A. S., & Saifuddien, R. A. (2020). Alternatif Strategi Bauran Pemasaran7P Museum Batik Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 78.

Ho, C.-I., Liu, Y., & Chen, M.-C. (2022). Factors Influencing Watching and Purchase Intentions on Live Streaming Platforms: From a7Ps Marketing Mix Perspective. MDI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute), 19.

Kristianti, M. I., & Indrayanti, T. (20200). Presuposisi dalam Video Wawancara Tokoh Universitas PGRI Adi Buana. Jurnal Ilmiah FONEMA, 71.

Mingseli. (2022, September 29). 9 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli. Diambil kembali dari Mingseli: https://www.mingseli.id/2020/09/pengertian-dokumentasi.html

Muhamma Yusuf, & Matiin, N. (2022). ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE MARKETING MIX ON PURCHASING. Interrnational Journal of Economics and Management Research Politeknik Pratama Purwokerto, 177-182.

Nikmah, K. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN. Journal of Social Science and Education, 28.

Oroh, G. J., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2023). PENERAPAN MARKETING MIX 7P PADA CV. INDOCIPTA KARYA GEMILANG . Jurnal EMBA, 466.

Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Youth & IslamicEconomicJournal, 16.

Putri, T. Y., Anggraini, T., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 40.

Sampoerna University. (2022, April 8). Apa Itu Penelitian Studi Kasus? Pengertian, Tujuan dan Contohnya. Diambil kembali dari Sampoerna University: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/penelitian-studi-kasus/

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun