Mohon tunggu...
Astuti Rahmadani Nasution
Astuti Rahmadani Nasution Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Yatsi Madani

HALLOOO!! Perkenalkan, nama saya Astuti Rahmadani Nasution. seorang mahasiswa Universitas Yatsi Madani dengan Prodi bisnis digital. saya mempunyai ketertarikan dalam dunia menulis, saya berharap dapat berbagi pemikiran dan pengalaman dengan melalui tulisan-tulisan yang sudah saya buat di kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Langkah-Langkah Dalam Menjaga Keberlanjutan Bisnis Di Era Digital

22 Desember 2024   00:03 Diperbarui: 22 Desember 2024   00:25 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di dalam menjaga keberlanjtannya suatu bisnis pada era digital, dapat di upayakan dengan menggunakan strategi yang kuat agar bisnis dapat terus berkembang, bertahan, dan mampu beradaptasi dengan cepat di era digital. Berikut merupakan langkah-langkah dalam menjaga keberlanjutan suatu bisnis di era digital.

1. Transformasi DigitalDalam transformasi digital dapat menggunakan berbagai teknologi untuk aspek operasional di dalam suatu bisnis dapat meningkatkan daya saing bisnis. Bisnis dapat memanfaatkan teknologi misalnya:

  • E-commerce: dapat menjangkau pelanggan melalui online.
  • Articial Intelligence (AI) supaya dapat menganalisis data para pelanggan dan memperbaiki layanan sebelumnya.

2. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia juga faktor pendukung keberlanjutan suatu bisnis. Suatu perusahaan dapat memberikan pelatihan kepada para karyawan di dalam teknologi digital, inovasi dan komunikasi untuk mendukung transformasi digital secara optimal.

3.  Fokus Terhadap Inovasi

Inovasi merupakan suatu kunci yang sangat penting bagi suatu bisnis agar para konsumen tidak bosen terhadap produk yang kita jual, oleh karena itu kita harus cepat dalam beradaptasi dengan suatu kebutuhan konsumen dan mengikuti perubahan suatu tren melalui:

  • Mengeluarkan produk atau layanan terbaru.
  • menggunakan analisis data yang sesuai agar dapat memahami apa yang diinginkan para konsumen.

4. Kolaborasi dan Kemitraan

Dapat berkerjasama dengan suatu perusahaan teknologi, startup dan UMKM lokal agar membuka suatu peluang yang baru untuk dapat memperkuat bisnis di pasar.

5. Pemantauan Tren Pasar

Bisnis harus terus mengikuti perkembangan apa saja yang terbaru di pasar agar dapat mengetahui preferensi para konsumen, dan mengambil suatu keputusan dengan tepat waktu.

6. Keamanan Siber

Perlindungan data sangat penting agar dapat terlindungi dari serangan siber, perusahaan mengembangkan sistem keamanan data konsumen yang kuat agar tidak dicuri dan dipergunakan dengan secara bebas dengan orang lain dan menjaga kepercayaan konsumen serta menjaga reputasi suatu perusahaan.

7. Evaluasi dan Adaptasi

Suatu perusahaan dapat melakukan analisis-analisis dengan melalui faktor internal maupun eksternal untuk menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di pasar, melalukan evaluasi secara rutin agar dapat mengetahuai masalah yang terjadi di dalam perusahaan dan melakukan tindakan yang sesuai.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun