Di dalam menjaga keberlanjtannya suatu bisnis pada era digital, dapat di upayakan dengan menggunakan strategi yang kuat agar bisnis dapat terus berkembang, bertahan, dan mampu beradaptasi dengan cepat di era digital. Berikut merupakan langkah-langkah dalam menjaga keberlanjutan suatu bisnis di era digital.
1. Transformasi DigitalDalam transformasi digital dapat menggunakan berbagai teknologi untuk aspek operasional di dalam suatu bisnis dapat meningkatkan daya saing bisnis. Bisnis dapat memanfaatkan teknologi misalnya:
- E-commerce: dapat menjangkau pelanggan melalui online.
- Articial Intelligence (AI) supaya dapat menganalisis data para pelanggan dan memperbaiki layanan sebelumnya.
2. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia juga faktor pendukung keberlanjutan suatu bisnis. Suatu perusahaan dapat memberikan pelatihan kepada para karyawan di dalam teknologi digital, inovasi dan komunikasi untuk mendukung transformasi digital secara optimal.
3. Â Fokus Terhadap Inovasi
Inovasi merupakan suatu kunci yang sangat penting bagi suatu bisnis agar para konsumen tidak bosen terhadap produk yang kita jual, oleh karena itu kita harus cepat dalam beradaptasi dengan suatu kebutuhan konsumen dan mengikuti perubahan suatu tren melalui:
- Mengeluarkan produk atau layanan terbaru.
- menggunakan analisis data yang sesuai agar dapat memahami apa yang diinginkan para konsumen.
4. Kolaborasi dan Kemitraan
Dapat berkerjasama dengan suatu perusahaan teknologi, startup dan UMKM lokal agar membuka suatu peluang yang baru untuk dapat memperkuat bisnis di pasar.
5. Pemantauan Tren Pasar
Bisnis harus terus mengikuti perkembangan apa saja yang terbaru di pasar agar dapat mengetahui preferensi para konsumen, dan mengambil suatu keputusan dengan tepat waktu.
6. Keamanan Siber
Perlindungan data sangat penting agar dapat terlindungi dari serangan siber, perusahaan mengembangkan sistem keamanan data konsumen yang kuat agar tidak dicuri dan dipergunakan dengan secara bebas dengan orang lain dan menjaga kepercayaan konsumen serta menjaga reputasi suatu perusahaan.
7. Evaluasi dan Adaptasi
Suatu perusahaan dapat melakukan analisis-analisis dengan melalui faktor internal maupun eksternal untuk menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di pasar, melalukan evaluasi secara rutin agar dapat mengetahuai masalah yang terjadi di dalam perusahaan dan melakukan tindakan yang sesuai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H