Eyo panagane hiye (hari ini)
Nompenangga,nompangangga (berjalan perlahan dan hati hati, mencuri)
Jarita nokalangga (pembicaraan yang renggang)
Nanggaru balengga (Menggaruk kepala)
Basa ntonggaulu (Bahasa para pendahulu)
Gangkanamo rapapola (Sudah saatnya diteruskan)
Mau ledo ri posikola (Meski tidak melalui sekolah)
Ri doe nuata mamala ra podala (Ujung atap pun bisa dilakukan)
Mompakasampe jarita nu ada (Menyampaikan kisah  tentang adat/budaya)
Ka anata mboto nabelo ntoto (Kepada anak- anak kita sendiri yang paling baik)
Jarita belo kana rasanira (Kisah yang baik harus disampaikan kepada mereka)
Mompakaoge ada mboto (Membesarkan adat sendiri)
Mbatungayosi basa mboto (Menghadapi bahasa kita sendiri)
Rapariara pakatinapa (Diperhatikan dengan baik))
Raboli ri laerava (Dijunjung)
Anu naluo leria pagangkana (Di alam tanpa batas)
I sema manoto rarana eyo pangane hiye (Siapa yang sadar hari ini)
Iyamo morajaki (Ia akan memperoleh rezeki)
Ri eyo makava (Di hari mendatang)
Rapopasanika basata (Menyampaikan bahasa kita)
Ri ngata mboto (Di kampung sendiri)
Eva panguli nu jarita (Seperti kata pepatah)
Kana ratora mosiulika (Selalu saling mengingatkan)
Basa nto Kaili (Bahasa orang/suku Kaili)
Majadika barakka (Menjadi berkah)
Ri ngata kajadiata. (Di kampung tempat kita berasal)
Catatan: Puisi ini berbahasa Kaili (dialek Ledo) sebagai salah satu bahasa daerah di Tanah Kaili Kota Palu Sulawesi Tengah. Puisi ini berisi ajakan untuk terus menggunakan bahasa Kaili dan menebarkannya kepada generasi penerus sebagai salah satu identitas budaya yang perlu dijaga kelestariannya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H