Mohon tunggu...
Astri Oktaviani
Astri Oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Akuntansi dan Karyawan swasta yang tertarik membahas segala isu-isu yang terjadi di sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Merancang 4P dalam Strategi Pemasaran Produk Kosmetik dan Skincare

22 Desember 2022   22:07 Diperbarui: 22 Desember 2022   22:08 592
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  Seperti yang kita tahu bahwa Kosmetik dan skincare merupakan produk yang selalu hype setiap tahunnya. Saat ini, masyarakat terutama perempuan di Indonesia sudah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan  kulit.

  Berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki iklim tropis dimana cuaca bertemperatur hangat dan lembab juga matahari yang bersinar di sepanjang tahunnya.

  Untuk itu, perempuan berlomba-lomba dalam merawat kulit demi menghindari efek buruk dari sinar matahari yang akan merusak kulit dengan menggunakan skincare.

  Berbagai macam produk dipasarkan dan ditawarkan di Indonesia. Mulai product high end sampai produk drugstore, baik itu Produk lokal maupun produk luar negeri. Namun tak menutup kemungkinan beberapa produk tidak dapat bersaing dan bertahan di pasar Indonesia. Mengapa demikian ?

  Setiap perusahaan dapat dipastikan memiliki bagian pemasaran. Untuk yang belum tahu apa itu pemasaran, Pemasaran adalah kegiatan untuk menawarkan barang atau jasa oleh individu atau sekelompok yang ditujukan untuk kepuasan konsumen agar setia dan menjaga konsumen tetap melalui kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan suatu produk, penetapan harga, promosi, pendistribusian produk, sehingga mencapai target yang diharapkan.

  Dalam pemasaran pula terdapat manajemen pemasaran yang bertugas salah satunya untuk menyusun dan merancang strategi pemasaran. Strategi pemasaran meliputi dua bagian yang berhubungan yaitu :

-Seleksi dan Evaluasi Pasar Sasaran

-Merancang dan menyusun Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

  Yang menjadi fokus utama dalam artikel ini adalah Marketing Mix (Bauran Pemasaran) yang diartikan sebagai serangkaian variabel yang dapat dikontrol dan tingkat variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi sasaran pasar.

  Dalam marketing mix kita dikenalkan dengan empat variabel bauran pemasaran atau biasa disebut "4P Dalam Bauran Pemasaran". Apakah saja itu?

1.Product (Produk)

  Dalam jenis bauran pemasaran ini yang harus diperhatikan adalah keanekaragaman, Produk, Kualitas, Desain, Bentuk, Merek, Kemasan, Ukuran, Pelayanan, Jaminan, dan Pengembalian.

  Mengapa hal tersebut harus diperhatikan?

  Kita ambil contoh Keanekaragaman, yang dimaksudkan dalam poin ini adalah ketika suatu perusahaan menawarkan beraneka ragam  produk yang dibutuhkan lengkap from head to toe, disesuaikan dengan jenis kulit yang variatif seperti kulit berjerawat, berminyak, kering, mengalami penuaan dan kulit normal serta menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia. Bukankah kita akan lebih memilih produk perusahaan yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan kita dibandingkan produk perusahaan yang lain yang hanya menonjolkan satu produk? 

2.Price (Harga)

  Sebagai negara yang masih berkembang dengan penghasilan masyarakat rata-rata menengah ke bawah. Perancangan harga harus direncanakan setepat mungkin untuk mempengaruhi target pasar.Perlu kita ketahui bahwa dimanapun kita berada, konsumen selalu menginginkan produk berkualitas namun memiliki harga yang terjangkau.

  Dalam merancang harga, yang harus diperhatikan adalah Daftar Harga, Potongan, Laba Bersih, Syarat Kredit, Jangka Waktu Pembayaran. Sehingga, akan diputuskan harga terbaik atas suatu produk yang menguntungkan produsen maupun konsumen.

3.Promotion (Promosi)

  Setelah merancang produk dan harga tentu saja untuk memasarkannya diperlukan promosi yang baik agar bisa mencapai target pasar. Merancang promosi tidak harus selalu wah dan menggaet public figure ternama.Karena yang terpenting adalah merancang dengan tepat atas Promosi Penjualan, Iklan, Usaha Penjualan, Relasi, Masyarakat dan Pemasaran Langsung.

4.Place (Tempat)

  Produk, Harga kemudian Promosi tidak akan berhasil jika letak perusahaan tidak strategis dan sulit dijangkau. Lalu apa yang harus dipertimbangkan dalam merancang tempat?

   Saluran, ruang lingkup penjualan, lokasi persediaan dan lokasi distribusi adalah hal yang harus dipertimbangkan secara matang dalam merancang tempat pemasaran. Karena dari proses perencanaan produk kemudian dipasarkan dan sampai kepada konsumen tidak berjalan dengan instan, perlu jangka waktu yang lumayan lama dalam setiap prosesnya.

  Oleh karena itu, strategi pemasaran memerlukan 4P(Product, Price, Promotion, and Place) sebagai variabel yang akan membawa kesuksesan perusahaan mereka dalam memasarkan produk kosmetik dan skincare yang diproduksi. Karena jika kita mengabaikan satu saja dari variabel tersebut, maka bersiaplah untuk gulung tikar atas kekalahan dalam bersaing dengan produk lain di pasar Indonesia yang sangat ketat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun