Mohon tunggu...
Astri N Safariana
Astri N Safariana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sesekali menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UNS Memperkenalkan Emosi dan Tipe Kepribadian Melalui Psikoedukasi dan Journaling kepada Siswa SMA

7 Desember 2024   13:00 Diperbarui: 7 Desember 2024   13:42 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNS bersama siswa kelas XI IPS-8 SMA N 1 Surakarta (Sumber: Dokumen pribadi)

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat wajib dilaksanakan bagi mahasiswa UNS. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memahami permasalahan yang dialami masyarakat sehingga mahasiswa dapat turun langsung ke lapangan untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut. 

Kelompok mahasiswa fakultas Psikologi UNS yang diketuai oleh Afifatul Faizah dan beranggotakan Alika Tirza Techya, Astri Nur Safariana, Savira Widyasari ini telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat selama kurang lebih satu bulan.

Permasalahan yang diangkat oleh kelompok mahasiswa KKN ini adalah terkait emosi negatif yang muncul dari penggunaan media sosial. Permasalahan ini ditemukan pada siswa-siswa di SMA Negeri 1 Surakarta. Diketahui dari hasil survei bahwa para siswa merasakan adanya emosi negatif seperti stress dan sedih serta gejala fisik seperti pusing ketika menggunakan media sosial. 

“Dari hasil survei juga terlihat kalau siswa SMA Negeri 1 Surakarta belum familiar sama tipe kepribadian diri sendiri. Sebagian besar belum pernah nyoba tes,” ungkap Afifa. Padahal, tipe kepribadian ini dapat membantu kita untuk memaksimalkan potensi diri sendiri sehingga dapat menghindari trigger atau penyebab emosi negatif yang muncul dari penggunaan media sosial. 

Terkait dengan penggunaan media sosial lebih lanjut, pihak sekolah memiliki keterbatasan dalam mengawasi perilaku siswa di media sosial. Sesuai dengan pernyataan guru BK di sekolah tersebut bahwa, “Dari sekolah sendiri memang belum bisa memantau mereka ngapain aja ketika lagi main sosmed. 

Pun guru-guru di sini hanya sebatas mengikuti akun pertama siswa saja, selebihnya tidak.” Selain itu, penggunaan media sosial yang tidak dipantau dapat berujung pada screentime yang berlebih. Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat (30,8%) siswa yang mengakses media sosial lebih dari 4 jam per hari.

 Padahal, menurut American Psychological Association (APA), disebutkan bahwa penggunaan media sosial pada remaja paling ideal adalah 2 jam perhari, lebih dari waktu tersebut akan mempengaruhi well-being dan kemampuan akademik.

Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang dapat ditawarkan untuk mengurangi permasalahan penggunaan media sosial di kalangan siswa dan sebagai sarana agar siswa dapat lebih mengenal dirinya sendiri dengan lebih baik adalah dengan journaling. Hasanah & Pratiwi dalam penelitiannya di tahun 2020 juga menyebutkan bahwa journaling sendiri dapat menyediakan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan pikiran dan melatih kemampuan berekspresi.

 Untuk mengembangkan kemampuan itu, diperlukan pula psikoedukasi untuk memberikan pemahaman yang lebih lanjut sehingga siswa mendapatkan informasi yang cukup jelas terkait emosi dan tipe kepribadiannya masing-masing.

Karena itu, pada tanggal 11 September 2024, kelompok mahasiswa KKN ini melakukan pertemuan pertama mereka bersama siswa-siswa kelas XI IPS-8 SMA Negeri 1 Surakarta. Pertemuan ini mencakup perkenalan, pengerjaan tes kepribadian Big Five Personality, dan pengisian pre-test sebelum kemudian dilakukan pemberian psikoedukasi di pertemuan berikutnya pada tanggal 9 Oktober 2024. 

Pertemuan kedua ini mengawali kegiatan Psikoedukasi Tipe Kepribadian dan Perilaku di Media Sosial yang harapannya dapat membantu siswa dalam mengenali gambaran kepribadiannya dan memaksimalkan potensi yang terkandung di dalamnya untuk menghindari emosi negatif. Hasil kepribadian Big Five Personality yang telah siswa isi di pertemuan sebelumnya pun dibagikan kepada siswa dengan template yang dibuat menarik dan sederhana sehingga siswa dapat memahaminya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun