Mohon tunggu...
Astrid Raida
Astrid Raida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Do what u wanna do while its positive

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi dan Taktik yang Efektif bagi Perguruan Tinggi Swasta: Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam Meningkatkan Reputasi

22 Mei 2023   23:32 Diperbarui: 22 Mei 2023   23:35 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam ilmu komunikasi tidak asing lagi dengan istilah PR atau Public Relations.  Setiap perusahaan ataupun organisasi pastinya memiliki seorang PR yang memiliki daya intelektual yang tinggi untuk mempertahankan serta membangun reputasi perusahaan atau organisasi. Terlebih, reputasi merupakan hal yang paling penting bagi suatu perusahaan atau organisasi. Keberhasilan mempertahankan dan membangun reputasi yang baik sangat penting dalam keberhasilan jangka panjang suatu entitas.  Saat ini dalam era digital, yang mana dunia telah terhubung secara global bahkan berita sangat mudah  dan cepat tersebar. Oleh karena itu, strategi dan taktik yang efektif merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan, membangun, maupun meningkatkan reputasi .

Terutama pada era digital ini, seorang PR harus dapat memanfaatkan media yang semakin berkembang pesat. Adanya kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi seorang PR dalam menaikkan reputasi suatu perusahaan, misalnya press release yang semula disebarkan melalui media cetak kini menjadi lebih efisien dengan menyebarkannya melalui laman website perusahaan atau melalui media sosial perusahaan terkait, yang mana media sosial dan website saat ini dapat dijangkau oleh publik.

Nah, untuk itu tentunya sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang telah berdiri sejak tahun 1955, sangat penting bagi Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk mempunyai strategi dan taktik yang efektif untuk menaikkan reputasi. Beberapa cara telah dilakukan untuk menaikkan reputasi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dari tahun ke tahun, seorang PR harus mengikuti perkembangan zaman agar dapat menyesuaikan strategi dan taktik yang tepat untuk menggait massa. 

Berikut beberapa Strategi dan Taktik yang efektif untuk diterapkan dalam menaikkan reputasi Universitas Muhammadiyah Jakarta:

1. Strategi: Berfokus pada kualitas pendidikan.

    Taktik:

  • Memberikan fakultas kualifikasi yang terbaik setiap harinya.
  • Meningkatkan metode pengajaran agar tidak terpaku dengan teori teori yang diberikan di dalam kelas.
  • Memberikan metode pengajaran yang tidak kaku agar dapat mudah dipahami oleh mahasiswa misalnya dengan memberikan ice breaking ketika kelas berlangsung yang mana tujuan ini dapat meningkatkan konsentrasi mahasiswa di dalam kelas.

2. Strategi: Meningkatkan  kreativitas dan skill mahasiswa.

    Taktik:

  • Menyediakan wadah seperti organisasi, himpunan, dan memfasilitasi para mahasiswa untuk dapat lebih mengembangkan skill seperti misalnya menyediakan sarana dan prasarana.

3. Strategi: Memberikan pemahaman akan ilmu agama dan kemuhammadiyahan.

     Taktik:

  • Mengadakan seminar, umj talks, kajian dan kelas mentoring untuk dapat memahami lebih dalam al islam dan kemuhammadiyahan.

4. Strategi: Berkolaborasi dengan industri.

     Taktik:

  • UMJ termasuk kedalam Kampus Merdeka yang mana hal ini menyediakan program magang bagi para mahasiswa semester atas yang bernama 'Magang Merdeka'  dan memberikan program 'Mahasiswa Mengajar' yang mana hal ini memberikan kesempatan pengalaman praktis bagi para mahasiswa untukmemperkuat pengalaman dan skill yang nantinya akan digunakan dalam dunia kerja.

5. Strategi: Alumni Engagement.

     Taktik:

  • Mengadakan acara reuni akbar alumni UMJ per angkatan.
  • Menjaga komunikasi dan hubungan kepada alumni, memberikan beasiswa 'Kader Muhammadiyah' bagi yang keluarganya alumni Muhammadiyah. Sehingga hal ini dapat terjadi Word of Mouth dalam istilah dunia marketing.

6. Strategi: Pemasaran dan branding yang menarik.

     Taktik:

  • Mendatangkan sekolah-sekolah SMA dan memberikan merchandise agar dapat menggait target.
  • Membranding universitas melalui konten yang sesuai dengan perkembangan zaman melalui platform media sosial seperti instagram dan tiktok.
  • Mempromosikan UMJ dengan berkolaborasi bersama influence, misalnya mengadakan talk-show atau seminar yang mengundang influence yang sedang digandrungi anak muda seperti Maudy Ayunda, Jerome Polin, atau Husain Basyaiban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun