Mohon tunggu...
astonakuaston
astonakuaston Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya mahasiswa program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial fakultas ilmu pengetahuan sosial universitas pendidikan Indonesia

Saya suka membaca Artik artikel populer mengenai teknologi, fenomena sosial, dan hal hal pop kultur lainnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Vidio Game Sebagai Media Belajar IPS yang Inovatif Dalam Merangsang Minat Belajar Anak

19 Desember 2024   14:25 Diperbarui: 19 Desember 2024   14:24 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CIVILIZATION VI VIDIO GAME IMAGE (https://sl.bing.net/bVVGLKGbMBM )

Belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) seringkali dianggap membosankan bagi sebagian siswa. Namun, dengan kemajuan teknologi, proses belajar kini tidak lagi harus terjebak dalam metode konvensional. Salah satu cara yang semakin populer untuk merangsang minat belajar IPS adalah melalui video game. Game-game ini tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat memperkaya pengetahuan siswa tentang sejarah, geografi, dan sosial budaya dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Berikut adalah tiga video game yang dapat membantu siswa memperdalam ilmu IPS mereka.

1.) Civilization VI: Menjadi Pemimpin Peradaban Dunia
Civilization VI adalah game strategi yang mengajak pemain untuk membangun peradaban dari zaman kuno hingga era modern. Di dalam game ini, pemain mengelola berbagai aspek peradaban seperti ekonomi, diplomasi, militer, dan teknologi. Pemain akan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang mempengaruhi jalannya sejarah, seperti aliansi dengan negara lain atau perang untuk menguasai wilayah.

Melalui Civilization VI, siswa dapat mempelajari bagaimana peradaban berkembang, bagaimana interaksi antarnegara memengaruhi dunia, dan bagaimana budaya serta teknologi memengaruhi kemajuan suatu bangsa. Ini adalah cara yang efektif untuk mengajarkan sejarah, politik, dan geografi dengan cara yang sangat menarik. Game ini bisa menumbuhkan minat siswa terhadap topik-topik seperti globalisasi, imperialisme, dan evolusi sosial.

Sumber: Firdaus, R. (2020). Menggali Pendidikan Sejarah Melalui Game. Jakarta: Edukasi Press.

2. )GeoGuessr: Menguji Pengetahuan Geografi Melalui Lokasi Dunia
Jika Anda seorang siswa yang ingin menguji pengetahuan geografi dengan cara yang seru, GeoGuessr adalah game yang patut dicoba. Dalam game ini, pemain akan diposisikan di suatu tempat di dunia, menggunakan tampilan Google Street View, dan harus menebak lokasi mereka berada berdasarkan petunjuk visual yang ada di sekitar.

GEOGUESSR VIDIO GAME IMAGE (https://sl.bing.net/dbYnQGOOd4K )
GEOGUESSR VIDIO GAME IMAGE (https://sl.bing.net/dbYnQGOOd4K )

GeoGuessr tidak hanya menguji kemampuan geografi, tetapi juga dapat memperkenalkan siswa kepada berbagai kebudayaan, bahasa, dan struktur sosial yang ada di dunia. Dengan menebak lokasi-lokasi yang beragam, siswa akan terbiasa dengan peta dunia dan berbagai ciri khas tiap negara. Hal ini tentu sangat berguna dalam memahami konteks geografi dan hubungan antarnegara dalam ilmu IPS.

Sumber: Smith, L. (2021). GeoGuessr: Fun and Learning Combined. International Journal of Educational Games, 12(3), 45-58.

3. )Minecraft: Education Edition: Belajar IPS dengan Dunia Virtual
Minecraft: Education Edition adalah versi edukasi dari game populer Minecraft, yang memungkinkan siswa untuk belajar tentang berbagai topik, termasuk IPS, dalam lingkungan dunia virtual. Dalam Minecraft, siswa bisa membangun kembali peradaban kuno, memahami konsep perdagangan melalui sistem barter, atau mengeksplorasi berbagai ekosistem dan iklim dunia.

MINECRAFT VIDIO GAME IMAGE (https://sl.bing.net/jfDGLaGETee)
MINECRAFT VIDIO GAME IMAGE (https://sl.bing.net/jfDGLaGETee)

Dengan Minecraft: Education Edition, guru dan siswa dapat bekerja sama dalam proyek-proyek berbasis IPS, seperti membangun kota atau memecahkan masalah sosial yang berhubungan dengan geografi. Game ini mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah dunia nyata, sekaligus mengenal lebih dalam tentang dinamika sosial, politik, dan ekonomi di berbagai tempat di dunia.

Sumber: Johnson, M., & Roberts, D. (2022). Minecraft as a Tool for Social Studies Education. Journal of Digital Learning, 9(4), 88-99.

Game Sebagai Alat Pembelajaran yang Menyenangkan dan Efektif
Menggunakan video game dalam pembelajaran IPS dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif. Dengan game seperti Civilization VI, GeoGuessr, dan Minecraft: Education Edition, siswa dapat mengeksplorasi berbagai aspek ilmu sosial secara interaktif. Tidak hanya sekadar hiburan, game-game ini juga memberikan pengalaman langsung yang dapat memperkaya pemahaman siswa tentang dunia yang lebih luas, dari sejarah peradaban hingga geografi global.

Mengadaptasi pembelajaran melalui teknologi seperti video game memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses belajar, meningkatkan motivasi, dan memperdalam pengetahuan mereka tentang topik-topik IPS. Jadi, jika Anda seorang pendidik atau siswa yang ingin menambah wawasan IPS dengan cara yang lebih seru, cobalah mengintegrasikan video game ini dalam proses belajar Anda.


IMAGE

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun