Keberbakatan merupakan suatu potensi bawaan yang setiap orang mempunyai bentuk yang berbeda satu dengan lainnya. Â Umumnya mempunyai potensi kuat diberbagai bidang. Anak mempunyai dorongan dari dalam dirinya untuk selalu mencari tahu. Prestasi belajarnya tidak selalu optimal, bahkan sering kali bermasalah, hal ini disebabkan adanya kesulitan yang terselubung.
Cara belajar anak berbakat (cerdas istimewa) adalah melalui proses penglihatan proses berpikirnya berupa gambar. Pada anak berbakat didapatkan perkembangan yang tidak sinkron. Jadi tidak hanya IQ dan kemampuan, tapi juga emosi dan hipersensitifitas. Perkembangan yang tidak sinkron dimaksud adalah perkembangan intelektual, fisikdanemosi tidak berjalan dengan kecepatan yang sama.  Kemampuan intelektual selalu berkembang lebih cepat. Dengan adanya perkembangan yang tidak sinkron ini diperlukan modifikasi dalam hal pengasuhan baik oleh orangtua maupun guruagar anak dapat berkembang optimal.
Keberbakatan sangatlah kompleks, bukan hanya ditentukan oleh Nilai IQ saja, tetapi merupakan faktor multidimensidan dinamis.
Terdapat 3 kelompok anak berbakat:
a) Berbakat global: yaitu anak berbakat pada semua atau hampir semua area; biasanya matematika dan verbal.
b) Berbakat matematika: anak dengan kemampuan matematika yang tinggi. Â Anak ini akan baik dibidang spasial, sebab2 nonverbal, daya ingat.
c) Berbakat verbal: anak dengan kemampuan bahasa yang kuat.  Anak ini mampu berbahasa yang lebih bila dibandingkan dengan anak seusianya. Penampilan verbalnya lebih baik.
Anak berbakat dapat pula mengalami gangguan belajar. Â Kelompok ini dibagi atas 3 subgroups yaitu:
1) Anak telah teridentifikasi sebagai berbakat tapi kesulitan disekolah. Anak ini pencapaiannya dibawah kemampuannya, kadang adanya kesulitan belajar tidak terdiagnosa, sampai sekolah memberikan tambahan stimulus, sehingga kesulitan dibidang akademik terlihat dia berada dibawah kemampuan seusianya.
2) Anak dengan kesulitan belajar yang berat, sehingga adanya kemampuan bakat tidak pernah dikenali. Â Baum 1985 menemukan 33% anak dengan kesulitan belajar mempunyai kemampuan intelektual yang superior. Â Anak-anak ini tidak pernah mendapatkan program untuk anak berbakat.
3) Anak dengan kemampuan dan kesulitan belajar yang saling menutupi secara tumpang tindih. Â Anak ini berada dikelas regular, dan kemampuannya pada tingkat rata-rata (Brody 1997).
Anak berbakat, walaupun dengan atau tanpa berada dikelas akselerasi, tetapi mempunyai potensi untuk berkembang. Â Mereka termotivasi secara internal. Â Dengan adanya minat /ketertarikan dan kesempatan, anak akan termotivasi. Â Jadi bila anak tertarik akan sesuatu dan terdapat kesempatan atau tantangan yang sesuai, maka dia akan dapat berprestasi (Brody 1997).
Anak berbakat (Bainbridge )sudah dapat terlihat sejak masak kanak, dimana anak menunjukan ciri-cirisebagai berikut:
a) Pada usia dini tidak nyaman menghadapi hal yang sama (rutin) dengan waktu yang lama;
b) Sangat siaga (alert);
c) Tidurnya sedikit;
d) Tahapan tumbuh kembang untuk berjalan dan mengucapkan satu kata lebih cepat disbanding anak seusia;
e) Dapat ditemukan keterlambatan bicara, tapi kemudian bicara dengan kalimat penuh;
f) Mempunyai keinginan kuat untuk eksplorasi, investigasi, lingkungan;
g) Sangat aktif dan bertujuan;
h) Dapat membedakan antara fantasi dan realitas.
Jadi dengan adanya karakteristik otak yang special, anak cerdas istimewa menyenangi sensasi yang jelas, ingatan yang tidak biasa (extraordinary), senang mempelajari ilmu pengetahuan, mengadakan asosiasi yang beragam, kemampuan analitiknya lebih besar..
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H