Mohon tunggu...
Astika Febianti Viorencia Z
Astika Febianti Viorencia Z Mohon Tunggu... Hoteliers - Mahasiswa

Astika Febianti Viorencia Zahra adalah Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Kepelabuhan, STIAMAK Barunawati Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar STIAMAK_Astika Febianti V.Z

24 Oktober 2020   23:53 Diperbarui: 25 Oktober 2020   00:22 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

OPTIMISME PENDIDIKAN DAN KARIER BISNIS MARITIME

Transformasi Digital Mengguncang Dunia
Revolusi Industri Ke -- 4


1.Revolusi Industri -- 1 (Abad 18)
    Mesin uap menggerakkan industri (Mekanisasi).
2.Revolusi Industri -- 2 (Abad 19)
    Tenaga Listrik mengubah industri (Elektrifikasi).
3.Revolusi Industri -- 3 (Abad 20)
    TI, Komputasi dan Komunikasi (Otomasi).
4.Revolusi Industri -- 4 (Abad 21)
    Sistem cerdas : AI, IoT, Big Data, dll (Otonomi).

Education 4.0 Fit For Industry 4.0
Berpusat pada Mahasiswa
Jalur pembelajaran individu
Kreasi Bersama

New Skills
*Learning Skills
  Berfikir kritis, Kreatif, Bekerja Sama, dan Komunikasi.
*Literacy Skills
  Informasi, Media, dan Teknologi.
*Life Skills
  Fleksibel, Berjiwa Kepemimpinan, Inisiatif, Produktif, dan Bersosialisasi.

Pembicara  : Dr. Widyo Winarso (Sekertaris LLDIKTI - VII)

TENTANG PT. PELINDO III

I. Wilayah Kerja PELINDO III

     PT PELINDO III didirikan pada 1 Desember 1992, perseroan terus melakukan pengembangan dan memberikan layanan terintegrasi disegmen penyediaan jasa kepelabuhan.
PELINDO III juga membawahi 7 provinsi wilayah di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, NTB, dan NTT.Ada juga di 4 regional yaitu Reg. Kalimantan, Reg. Jatim, Reg. Jateng, dan Reg. Bali Nusra. Dengan terdiri dari 43 Pelabuhan yang tersebar dari sabang sampai Merauke.

II. Segmen Bisnis PELINDO III

     1.Jasa Kepelabuhan
         *Jasa Kapal
           Jasa pandu, jasa tunda, jasa kepil, dan jasa tambat.
         *Jasa Barang
           Jasa dermaga, jasa penumpukan (CY & Gudang), bongkar/muat, car terminal dan Ro-ro.
         *Jasa Penumpang
           Pas penumpang dan barang bawaan penumpang.
2. Jasa Terkait Kepelabuhan
    *Jasa penumpukan limbah, sampah;
    *Depo petikemas;
    *Pergundangan;
    *Air & listrik;
    *Pengisian air tawar & minyak, dll.

III. PELINDO III Grup
a.Anak Perusahaan
    PT. Terminal Petikemas Surabaya
    PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia
    PT. Terminal Teluk Lamong
    PT. Pelindo Husada Citra
    PT. Pelindo Marine Service
    PT. Pelindo Daya Sejahtera
b.Cucu Perusahaan
    PT. Berkah Industri Mesin Angkat
    PT. Alur Pelayaran Barat Surabaya
    PT. Berlian Manyar Sejahtera
    PT. Pelindo Properti Indonesia
    PT. Terminal Curah Semarang
c.Afiliasi
    PT. Ambang Barito Nusapersada
    PT. Terminal Petikemas Indonesia
    PT. Portek Indonesia
    PT. Jasa Marga Bali Tol

IV. Dampak COVID-19 Terhadap Bisnis PELINDO III

      Secara garis besar Covid-19 menyebabkan penurunan Kinerja Operasional antara lain :
      1.  Pembatalan Kunjungan Kapal Cruise sebesar 117 unit (s.d Juni 2020 terealisasi 23 dari 68 unit kunjungan Kapal Cruise)
      2. Penurunan Kunjungan Kapal Petikemas Luar Negeri sebesar 15%
      3. Penurunan Arus Penumpang sebesar 38% disebabkan oleh pemberlakuan PSBB dan larangan mudik Idul Fitri 2020.

V.  Tantangan Pandemi Covid-19 Bagi Industri Pariwisata
       PELINDO III berkomitmen mendukung upaya pemerintahan mengembangkan Industri Pariwisata pasca Pandemi Covid-19 :
        Tanjung Perak
           Terminal penumpang dapat menampung 3.000 orang untuk mendukung pariwisata di Jawa Timur.
        Benoa
           Pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai Tourism Hub Port (2020-2023)
        Gilimas
           Mendukung Mandalika sebagai 1 dari 10 "New Bali" yang digagas Presiden Jokowi.

Pembicara : Rendra Kestyawan ( Pengganti Bpk. Edi Priyanto., S.KM., MM Direktur   SDM PT. PELINDO III)

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajemen di Stiamak Barunawati Surabaya. Jika ada yang kurang berkenan silahkan memberikan masukan, kritik, & saran saya akan terima dengan senang hati. Mari kita belajar tanpa henti.(24.10.2020/Stiamak_Astika Febianti Viorencia Zahra)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun