Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Â Tematik
Nama Sekolah   : SDN 22 TALANG KELAPA
Tema           :  Lingkungan
Kelas/Semester   :  III / 1
Alokasi Waktu   :  3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
I.
PKn
1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
II.
IPS
1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
III.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
IV.
Matematika
1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
V.
IPA
1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn       : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- Â
 sehari
2. IPS Â Â Â Â Â Â Â : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
  sekolah
                - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. B. Indonesia: - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
  lisan
 - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
 - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
  kalimat yang runtut dan mudah dipahami
4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA Â Â Â Â Â Â : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
 hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
 (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn       : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
   mempersatukan bangsa
             -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
                - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
                 lingkungan rumah
2. IPS Â Â Â Â Â Â Â : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
                 buatan di lingkungan sekitar
             - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
                 anginnya
3. IPA Â Â Â Â Â Â : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
             - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
             - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
             - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
             - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
                - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
             - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
             - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika    : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, Â
                  satuan)
                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia    : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
  binatang
                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Â Tanggung jawab.
Diterapkan melalui lagu : Halo-Halo Bandung
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
Berorientasitugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
IV. Â Materi Pokok
   1.  PKn
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
   2.  IPS   Â
Kerja sama di lingkungan rumah
   3.  IPA
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
Perubahan pada  makhluk hidup
Sifat-sifat benda
   4.  Matematika
Garis bilangan
Penjumlahan dan pengurangan
Perkalian dan pembagian
Uang
Alat ukur
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
   5.  Bahasa Indonesia.
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE Pembelajaran            Â
Informasi
Diskusi
Tanya jawab
Demontrasi
Pemberian tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Apresepsi :
Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama : Â 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidupÂ
PKn    Â
Guru menerangkan tentang negara Indonesia
Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
     Matematika                    Â
Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
    Â
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia
Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
     IPS
Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau, Â laut, gunung, lembah dan pegunungan
Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
     Matematika
Memperagakan dekak-dekak
Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak      Â
Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia
Guru membacakan cerita binatang
Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
     Matematika
Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan   Â
Membahas soal yang dikerjakan siswa
     IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air
Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
     Matematika
Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
Membahas soal yang tela dikerjakan siswa
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia
Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
Siswa menanggapi cerita
     IPS
Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
     Matematika
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia                    Â
Siswa mengamati dua buah gambar
Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
     IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
Siswa mengamati macam-macam daun
     Matematika
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     IPA
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
     PKn
Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
     Matematika
Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan
Â
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia
Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
Siswa menanggapi pengalaman teman
     IPS
Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
Siswa membuat denah rumah masing-masing
     Matematika
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
     Bahasa Indonesia
Mengamati gambar peristiwa alam
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
     IPA
Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
Melaporkan hasil diskusi
Matematika
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
 Buku Pendidikan Kewarganegaraan
 Buku IPA
 Buku Matematika
 Buku Bahasa Indonesia
 Buku IPS
 Eksiklopedia
 Kamus Bahasa Indonesia
Alat Peraga
Gambar kenampakan alam
Gambar kenampakan buatan
Gambar peristiwa alam
Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran  Â
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
Kerja keras:Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
Demokratif;Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
Rasa Ingin tah: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
Cinta tanah air: Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
Menghargaiprestasi:Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
Gemar membaca:Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
Peduli lingkungan:Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
Pedulisosial:Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan  masyarakat yang membutuhkan
Tanggung jawab:Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
1. PKn       :
Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
 2. IPS :
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan  sekitar
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
Tes lisan Tes tertulis
uraian
isian
1. PKn       :
Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
Sebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
Jelaskanlah pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
 2. IPS :
Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan  sekitar
Jelaskanlah manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Jelaskanlah manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup
Jelaskanlah ciri-ciri makhluk tak hidup
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
Jelaskanlah petunjuk membuat alat pengukur debu
Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan
Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
Ceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
LKS
Lmbar observasi.
Kriteria Penilaian   Â
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
     Â
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
Kerjasama
Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1
      3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
 CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Talang Kelapa, Â Â Â
Kepala Sekolah, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Wali Kelas,
ANITA MUCHTAR. S. Pd. MMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ROSLI SIREGAR, A. Ma. Pd
NIP 19690612 199104 2 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19611120 198602 2 001
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H