Mohon tunggu...
Astatik Bestari
Astatik Bestari Mohon Tunggu... Guru - Astatik ketua PKBM Bestari Jombang Jawa Timur

Pendiri Yayasan Bestari Indonesia. Domisili di Jombang Jawa Timur. Pengelola PKBM Bestari Jombang Jawa Timur. Guru MTs Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang Jawa Timur Ketua 2 DPP FTPKN Ketua bidang Peningkatan Mutu PTK DPW FK-PKBM Jatim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Strategi Membuat Konten Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan di PMM

31 Maret 2023   08:15 Diperbarui: 31 Maret 2023   08:21 612
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu kegiatan Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional dalam memotivasi tutor untuk mengaktifkan PMM (Dok. pribadi)

Pendidikan kesetaraan sebagai program pendidikan nonformal menjadi salah satu pilihan bagi warga masyarakat di antara tiga bentuk pilihan pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Pendidikan kesetaraan terdiri dari jenjang Paket A setara SD/ MI, Paket B setara SMP/ MTs, dan Paket C setara SMA/MA.

Pendidikan kesetaraan di Indonesia memiliki karakteristik keberagaman yang kental. Keberagaman tersebut antara lain  terdiri dari perbedaan usia, perbedaan status sosial ekonomi, ras, agama, dan lain-lain. 

Peserta didik pendidikan kesetaraan memiliki rentang usia yang cukup luas, mulai dari usia anak hingga usia dewasa. Beberapa peserta didik pendidikan kesetaraan berusia sekolah  (di bawah 21 tahun),  sedangkan yang lainnya berusia dewasa (di atas 21 tahun).Hal ini disebabkan karena beberapa peserta didik memilih untuk bekerja terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk kembali belajar, atau karena fokus dengan menekuni minat dan bakatnya, atau karena terkendala biaya, atau berada dalam kondisi tertentu sehingga menunda sekolah.

Peserta didik pendidikan kesetaraan juga memiliki latar belakang status sosial ekonomi yang berbeda-beda. Ada peserta didik yang berasal dari keluarga yang mampu secara ekonomi, ada juga yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.  

Selain faktor-faktor tersebut, terdapat faktor lain yang mempengaruhi karakteristik peserta didik pendidikan kesetaraan seperti latar belakang pendidikan sebelumnya, gender, dan kondisi fisik. Beberapa peserta didik pendidikan kesetaraan memiliki latar belakang pendidikan yang kurang atau tidak memiliki pendidikan formal sama sekali. 

Keberagaman ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola layanan pendidikan kesetaraan terutama bagi para tutor. Dalam menghadapi peserta didik pendidikan kesetaraan yang memiliki karakteristik beragam tersebut, tutor pendidikan kesetaraan harus dapat mengelola kelas dengan baik dan memahami kebutuhan dan kemampuan setiap peserta didik secara individual. Tutor harus mampu memberikan pembelajaran yang ramah bagi peserta didik dari latar belakang apapun, tanpa membedakan suku, agama, ras, atau status sosial ekonomi. Hal ini akan membantu terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan membangun.

Di era Kurikulum Merdeka ini,  kehadiran  Platform Merdeka Mengajar (PMM) sangat membantu pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan karena dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik sebagaimana yang sudah dipaparkan di atas. Platform Merdeka  Mengajar (PMM) selain sebagai sumber belajar dan memiliki konten yang inspiratif dari para pendidik lainnya, Platform Merdeka  Mengajar (PMM) juga mendokumentasikan semua konten pembelajaran penggunanya yang notabene para pendidik di satuan pendidikan formal dan nonformal. Peserta didik yang mengalami kendala mengikuti pembelajaran sesuai jadwal, dapat mengakses konten pembelajaran tutornya di waktu lain yang sudah didokumentasikan di Platform Merdeka  Mengajar (PMM). 

Tentunya dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar ini,  tutor pendidikan kesetaraan ingin membuat konten pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk membuat konten pembelajaran yang menarik dan efektif, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Berikut ini  tips dan trik dalam membuat konten pembelajaran menarik di Platform Merdeka Mengajar.

  1. Mengenal Peserta Didik

Sebelum membuat konten pembelajaran, penting untuk mengenal peserta didik terlebih dahulu. Ketahui usia, tingkat pendidikan, dan latar belakang pendidikan peserta didik. Dengan begitu, tutor dapat membuat konten pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Sebagai contoh, jika peserta didik adalah anak-anak, tutor  dapat membuat konten pembelajaran yang lebih visual dan interaktif. Jika peserta didik adalah orang dewasa, tutor dapat membuat konten pembelajaran yang lebih terstruktur dan formal 

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun