Tahun ini Universitas Jember tengah mengadakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata dengan sistem Back to Village yang ketiga (KKN BTV-III) yang dimulai sejak tanggal 12 Agustus 2021 dan akan berlangsung selama 1 bulan hingga tanggal 7 September, dimana sistem penerjunan mahasiswa secara online dan bertempatan di kota/kabupaten masing-masing.
Pandemi Covid-19 memang belum selesai, oleh karena itu kegiatan KKN dilakukan secara online dan mandiri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan apabila perlu adanya kontak secara langsung dengan warga desa ataupun pihak perangkat desa.
Sistem pengerjaan KKN BTV-III kali ini mahasiswa diberi sebanyak 5 (lima) pilihan topik untuk diangkat menjadi program kerja, dan salah satu topik yang menjadi pilihan yaitu topik “Pemberdayaan Kewirausahaan Masyarakat Terdampak Pandemi”.
Desa Karangkedawang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Desa ini meliputi 3 dusun dengan banyaknya penduduk sebanyak kurang lebih 3000 jiwa, dan mayoritas warganya bekerja sebagai petani dan pengrajin.
Pengrajin yang dimaksud pada Desa Karangkedawang yaitu mayoritas pengrajin sepatu dan helm, dan ada juga pengrajin batik tulis.
Kehadiran pandemi virus Covid-19 tentunya mempengaruhi produktivitas dan pendapatan dari para pengrajin yang ada di desa ini termasuk pengrajin batik tulis milik Bu Ana.
Sebelumnya produktivitas dan penghasilan yang didapat melalui event-event besar di Mojokerto seperti Batikku Batikmu, atau acara besar lain yang sebelumnya dilakukan secara offline yang mana tentunya melibatkan para pengrajin batik tulis di Mojokerto, hal tersebut tentunya berpengaruh besar.
Maka dari itu, perlu adanya pemberdayaan dan penggalian potensi baru dari UMKM Batik Tulis milik Bu Ana agar bisa tetap bertahan selama masa pandemi ini.
Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk membantu mengembangkan eksistensi dari UMKM melalui media sosial. Media sosial saat ini memang sering menjadi salah satu market place disamping aplikasi-aplikasi jualan online lainnya. Namun, kendala yang didapat seringkali yaitu kurangnya pemahaman terhadap teknologi maupun penggunaan media sosial maupun online market place lain yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga menjadi alasan kurang adanya keinginan memasarkan produk lewat aplikasi online oleh Bu Ana sendiri.
Maka dari itu, melalui kegiatan KKN UNEJ BTV-III ini, diharapkan mampu menjadi langkah pertama untuk membantu mengenai pengenalan serta edukasi terhadap digital marketing melalui online market place yang penting untuk para pengusaha.
Melalui peingkatan pemahaman masyarakat terhadap digital marketing dan pengoperasian online market place serta inovasi produk maka diharapkan mampu membantu produktivitas dan peningkatan penjualan di masa pandemi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H