Mohon tunggu...
ASRIYATI NINGRUM✅
ASRIYATI NINGRUM✅ Mohon Tunggu... Jurnalis - PAI A2/2019 IAIN JEMBER

IAIN JEMBER PAI A2

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penelitian Langkah Pembuatan Bahan Ajar Akidah Akhlak - MI Kelas 6

24 Mei 2021   13:50 Diperbarui: 24 Mei 2021   14:29 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama : Asriyati Ningrum T20191060

Dosen : Bahrul Munib, M.Pd. I

Tugas : Membuat Artikel Akidah Ahlak Sesuai Judul Makalah

1. Pengertian Bahan Ajar 

Bahan ajar atau kita sering sebut materi ajar adalah segala bentuk materi yang digunakan dalam membantu guru atau peserta didik di dalam melaksanakan kegiatan sebuah belajar mengajar selama proses pembelajaran berlangsung disekolah atau instansi lainnya. Materi yang dimaksud juga bisa berupa materi yang berbentuk tertulis, maupun materi tidak tertulis contohnya materi tertulis bisa berupa tulisan guru dipapan tulis, catatan guru, buku paket, buku tulis, memberikan catatan penting terhadap anak sedangkan materi tidak tertulis yakni dilakukan oleh guru dengan menyampaikan materinya langsung terhapad pesert didik dengan metode berceramah dan lain sebagainya dengan dibantu beberapa bahan ajar atau alat belajar untuk menyampaikan materi belajar.

 Bahan ajar merupakan materi yang harus dipelajari peserta didik untuk sebagai sarana dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam sekolah tersebut. Materi pembelajaran atau kita kenal dengan instructional materials yakni berupa pengetahuan peserta didik, keterampilan peserta didik, dan sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik ini harus diajarkan oleh guru setelah itu harus dipelajari oleh peserta didik untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar disekolah dan diterapkan diluar sekolah dengan baik dan benar. Secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar ini adalah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan dipelajari peserta didik sebagai sarana dalam mencapai indikator-indikator penting yang telah ditetapkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai menggunakan instrumen penilaian  yang sudh ditentukan pihak sekolah dan disusun berdasarkan indikator pencapaian hasil belajar peserta didik itu sendiri, setiap jenis bahan ajar ini pastinya memerlukan yang namanya media, metode, dan tehnik evaluasi yang berbeda-beda dalam melaksanakan sebuah pembelajaran khsuusnya pelajaran akidah ahlak itu sendiri.

2. Pengertian Akidah Ahlak

Mata Pelajaran Akidah Ahlak yakni sebuah mata pelajaran yang sangat penting dan juga berguna baik dalam menanamkan bahkan membentuk moral peserta didik menjadi generasi yang  berbudi luhur dan lebih baik lagi kedepannya demi bangsa indonesia ini khusunya yang beragama islam. Mata pelajaran akidah ahlak ini  merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam lingkupan pendidikan agama islam atau beraga islam. Pendidikan Agama Islam itu sendiri juga merupakan upaya sadar yang terencana dalam menyepiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran islam digabung dengan tuntunan untuk menghormati agama lain.

3. Fungsi Bahan Ajar

a. sebagai pedoman guru atau pendidik untk mengetahui bahan ajar apa yang akan digunakan dalam sebuah proses pembelajaran hari ini dan seterusmya dengan melihat RPP, Silabus dan Perangkat lainnya.

b. sebagai pedoman bagi peserta didik jika ada dirumah dengan bisa belajar mandiri atau ketika diberikan tugas oleh guru hal ini bisa bentuk yang tertulis baik tidak tertulis.

c. menambah pengeahuan, ketrampilan dan kreativitas oleh guru dan peserta didik dan menelaah proses pembelajaran sehingga inteltual, daya tankap ilmu bertambah.

4. Macam-macam Ajar

a. Bahan Ajar Akidah Ahlak Cetak yakni bahan ajar yang berbentuk media cetak atau bisa di printed oleh guru dan peserta didik contohnya saja seperti Handout, Buku, Modul, Lks, Brosur, foto, gambar, leatflet, model, maket, modul, lembar kerja siswa, wallchart, market dan lain sebainya dan memiliki sebuah tujuan agar memudahkan guru dalam memberikan pelajaran akida ahlak terhadap peserta didik dan memudahkan siswa dalam mempelajarinnya yang dapat dipelajari disekolah bersama teman dan guru juga dapat dipelajari dirumah bersama orang tua, guru les, ataupun sendiri dan hal ini sangat mudah diperoleh oleh pesert didik. Selain itu sebgai pegangan anak agar anak dapat menjaganya dengan baik dan bertanggung jawab menyelesaikan soal-soal yang terdapat dalam bahan ajar cetak tersebut dengan baik dan benar.

b. Bahan Ajar Akidah Ahlak Mendengarkan adalah bahan ajar yangma dapat disampaikan melalui sebuah alat yang didesain sedemikian rupa untuk menampilakn susara saja atau suara berserta gambar yang kemudian dapat disimak atau didengarkan oleh peserta diidk dan dipahami bersama jika tidak paham boleh diulangi dengan cara diputar kembali ataupun langsung bertanya terhadap guru contohnya seperti kaset, radio, ppt proyektor, video proyektor, piringan hitam, compact dis, voice note, voice rekaman, dan PH. Lalu Bahan ajar yang satu ini sering kita meyebutnya dengan media audio atau suara yang dihantarkan oleh gelombang udara yang dapat didengar oleh telinga manusia dan memiliki manfaat yakni dapat meningkatkan daya ingat manusia dalam memehami materi pelajaran akidah ahlak.

c. Bahan Ajar Akidah Ahlak Pandang atau Visual adalah bahan ajar akidah ahlak yang disampaikan melalui ssesuatu yang dapat diberikn guru berupa sesuatu yang dapat dipandnag mata oleh peserta didik senidiri contohnya seperti foto, gambar, market,. Media ini hanya bisa dilihat dan memberikan pemahaman kepada peserta didik jika dalam sebuah materi ada yang berlaitan dengan objek atau penjelasan bentuk contoh manusia, perbuatan, ataupun yang berkenaan dengan akidah ahlak maka bisa dicantumkan gambar baik yang berukuran besar atau kecil dengan tujuan sebagai penjelas materi yang akan disampaikan.

d. Bahan Ajar Akidah Ahlak Pandang dengan Dengar adalah sebuah bhan ajar yang dapat disampaikan dengan cara melihat dan didengarkan oleh peserta didik contohnya seperti guru menyampaikan dengan bercerita sambil melihat ppt, vcd, film. Media audio visual ini memiliki keungulan-keunggulan dibandingkan dengan media-media pembelajaran yang ada dan media ini dapat meningkatkan retensi ingatan peserta didik dan meningkatkan dalam mentransfer ilmunya

e. Bahan Ajar Akidah Ahlak Multimedia Interaktif (interaktif teaching material) adalah bahan ajar yang disampaikan oleh guru terhadap peserta didik melalui online ataupun daring contohnya saja seperti CD interaktif, computer based, meet, zoom, calssroom, e-learning dan lain sebagainya.

5. Langkah-langkah Pembuatan Bahan Ajar 

a. memenuhi kriteria intruksional dengan memiliki tujuan harus diperhatikan disini yakni tujuan apa yang akan dicapai dalam sebuah pembelajaran jika tujuannya jelas maka hasilnya akan masimal baik.

b. memiliki persiapan materi ajar, maka jika tidak ada materi yang jelas dari guru maka proses pembelajaran tidak akan pernah berjalan dengan baik dan harus jelas materi apa yang akan disampaikan kepada peserta didik.

c. mengetahui persiapan peserta didik jaid guru harus paham karakter dan kebutuhn peserta didik itu apa, kemampuan peserta didik seperti apa, barulah bahan ajarnya menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

d. mengetahui persiapan kegiatan hal ini mencakup dalam proses pembelajaran maka apa yang harus berupa kegiatan yang membutuhkan dadalam kelas dan diluar kels seperti praktek langsung kelapangan sehingga membutuhkan hal apa.

e. menyesuaikan dengan masyarakat sekitar jika masyarakat tidak memadai maka bahan ajar sekolah memadai dan tujuan dan keadaan lingkungan masyarakat harus sesuai dengan kompetensi dasar peserta didik yang akan ditempuh.

f. bahan ajar logis, fleksibel sedarhana dan tidak berlebihan. menarik dan tidak membosakan bagi peserta didik dan kebanyakan guru dna psereta didik gagap teknologi maka cara tengahnya mengambil dan menggunakan bahan ajar yang mudah saja dan tidak memberatkan.

6. langkah pembuatan bahan ajar akidah ahla di mi kelas 6

maka hal yang perlu diperhatikan disini adalah guru harus melihat kondisi anak apagi ini usia kanak pasti mereka lebih senang kepada hal yang menarik perhatian dan tidak membosankan khusunya mreka masih lebih senang bermain maka langkah yang tepat adalah dengan tema belajar akidah ahlak sambil bermain. Lalu dsini dapat kita memneysuaikan bahan ajar yang menarik dan memilah mana yang baik digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran akidah ahlak agar anak tertarik dengan pembelajaran akidah ahlak. Sealin itu kita harus menanamkan dasar pelajaran akidah ahlak terhdap diri anak agar tetanam sejak dini dan dapat dipalikasikan dikehidupan sehari-hari dn seterusnya. Selanjutnya adala guru juga dapat memberikan motivasi, dorongan ,bantuan, dan semangat dalam pengaplikasian atau menggunakan bahan ajar tersebut dipelajaran akidah ahlak agar ketika anak yang mengalami kesusahan berani dalam belajar.

7. Penelitian Guru Situbondo Terkait Pertanyaan Keperluan Bahan Ajar Akidah Ahalak

a. Berikut beberapa penelitian sebuah pertanyaan yang saya tanyakan di daerah kampung saya yakni situbondo adalah sebagai berikut :

Bapak Khaerul Ma’mun Guru Pendidikan Agama Islam di SDI Nurul Anshar.

Pertanyaannya :  Apa saja yang akan dilakukan guru ketika menyiapkan pembelajaran akidh ahlak itu sendiri dan bahan apa saja yang akan dibutuhkan guru ?

Jawab : Mungkin guru dala melakukannya sudah ada kebijakan dari pemeritah maeri apa yang akan dibahas disana kemduian langkah sekolah akan menerima atau mengabil kebijakan sesuai sekolah. Jika sudah memilih maka para guru akan menyiapkan beberapa langkah yang harus diambil dari meyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, jika tidak maka akan terjadi tidak sinkron anatara apa yang mereka seangi dala belajar. Kemduian kita akan mengambil metode sesuia kebutuhan peserta didik teteapi yang jadi kendala disini adalah cara belajar beberpa guru yang masih lama yakni paling banyak digunakan metode ceramah dan hanya fokus kepada guru saja untuk itu kai melakukan beberapa variasi dalam tehnik mengaja, namun dalam bahan ajar itu senidiri yang paling dibutuhkan agar sama dengan peserta didik yakni harus adanya  buku aket dan lks untuk pegangan anak dan guru itu sendiri agar pembelajaran tetap berjalan dengan lancar.

b. Bapak Faisol Amir guru Akidah Ahlak di Man 2 Situbondo

Pertanyaan : Apa yang harus diilakukan dalam langkah membuat bahan ajar akidahoahlak dan biasanya dalam mengajar bapak paling sering megggunakan bahan ajar apa dan tehnik mengajar apa  ?

Jawab : Dalam mengajar akidah ahlak itu sendiri yang perlu diperrhatikan adalah kompetensi kemapuan pengajar  itu senidiri dan yang ahli dalam bidangnya atau lulus jurusan yang diajarkan tidak bisa sembarang orang mungkin bisa tetapi mungkin hasilnya lebih baik dari orang yang memang menempuh pendidikan agama islam karena mungkin sudh terbiasa deengan materi yang ditekuninya tu. Terus langkah yang dilakukan biasanya dari kemenag sudah ditentukan RPP, Silabus kita pihak sekolah tinggal menyediakan bahan ajar apa yang cocok dengan pembelajaran tersebut, caranya dengan menyesuaikan dengan karakteristik cara belajar siswa yyang beraneka macam agar tidak mengalami kebingungan atau peseerta didik tidak akan bosan dengan bahan ajar yang berfariasi. Kalau saya tetap harus punya buku pegangan berupa lks dan buku paket agar sama tujuan pembelajarannya nah selanjutnya tinggal menggunakan atau menggabungkan metode tambahan dalam mengajar bisa ppt sambil menggunakan metode ceramahhkan yang agar anak tidak bosn. Kalau guru yang sudah lama mengajar biasanya sering menggunakan metode lama agar kita menyesuiakna dengan perkembangan zaman makanya kita  membutuhkan media elektrolit disekolah seperti proyektor agar juga bisa menyesuiakan kemajuan teknologi disekolah dan membantu atau meudahkan guru dalam mengajar.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun