Pendidikan karakter moral dan etika merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan generasi muda yang berkualitas. Di sekolah dasar, pembentukan karakter moral dan etika siswa dapat dilakukan melalui pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam proses belajar mengajar.
 Adapun isu isu yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu:
 1. Kurangnya kesadaran guru tentang         pentingnya pendidikan karakter moral    dan etika
2. Keterbatasan waktu dan sumber daya.Â
3. Kurangnya partisipasi orang tua dalam     pendidikan karakter moral dan etika.
4. Kurangnya kesadaran siswa tentang. Â Â Â Â Â Â pentingnya nilai - nilai Pancasila.
 Adapun dampak dari isu isu yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu:
1. *Kurangnya kesadaran moral dan etika*: Siswa yang tidak memiliki kesadaran moral dan etika yang kuat dapat memiliki perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
2. *Kurangnya kemampuan sosial*: Siswa yang tidak memiliki kemampuan sosial yang baik dapat memiliki kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain.
3. *Kurangnya kemampuan emosional*: Siswa yang tidak memiliki kemampuan emosional yang baik dapat memiliki kesulitan dalam mengelola emosi mereka.
*Solusi*
Untuk mengatasi isu-isu tersebut, berikut beberapa solusi yang dapat dilakukan:
1. *Mengadakan pelatihan guru tentang pendidikan karakter moral dan etika*: Sekolah dapat mengadakan pelatihan guru tentang pendidikan karakter moral dan etika untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses belajar mengajar.
2. *Mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum*: Sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum sekolah dasar untuk memastikan bahwa siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut.
3. *Mengembangkan program pendidikan karakter moral dan etika yang melibatkan orang tua*: Sekolah dapat mengembangkan program pendidikan karakter moral dan etika yang melibatkan orang tua untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam proses pendidikan karakter moral dan etika siswa.
4. *Menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif*: Sekolah dapat menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H