Nama : Asri HandayaniÂ
NIM : 46121120057
Matakuliah : Kewirausahaan
Dosen : Prof.Dr.Apollo,Ak.,M.Si.
Program Studi Psikologi
Univesitas Mercu Buana Jakarta
Bisnis Visi Misi Proposal Bisnis Warmindo Black Chicken Japanese
A. Merumuskan StartegyDi dunia di mana bisnis berkembang pesat dari waktu ke waktu, persaingan antar bisnis semakin meningkat dari hari ke hari. Di mana persaingan semakin ketat, perusahaan harus memikirkan cara untuk memaksimalkan penjualan mereka dan juga bagaimana mengembangkan strategi terbaik dan paling efektif untuk memasarkan produk mereka. Perusahaan harus memastikan bahwa mereka menerapkan dan mengambil keputusan terbaik untuk mereka sendiri (Kelly, et., al, 2019).
Agar perusahaan dapat memastikan penjualannya tumbuh dari waktu ke waktu, maka bentuk atau strategi yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan harus diterapkan. Dengan pertumbuhan bisnis di seluruh dunia dan persaingan yang ketat, tidak dapat dihindari bagi perusahaan untuk dapat membedakan bauran pemasaran atau strategi mana yang paling cocok untuk mereka dan bagaimana memaksimalkan efektivitas dan efisiensi strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan. kinerja perusahaan (Business Queensland, 2017)
Warmindo X Black Chicken Japanese bercita-cita membawa pengalaman dan kelezatan Indoensia-Jepang dan menyajikan mie indonesia asli dengan nuansa ayam jepang , Warmindo X Black Chicken Japanese adalah rantai restoran keluarga jepang kasual yang menyajikan masakan jepang dengan bahan dan resep yang berasal dari negara sakura itu sendiri. Dengan suasana yang nyaman dan kasual yang dibuat untuk menggambarkan toko mie indonesia dan ayam jepang modern, Warmindo X Black Chicken Japanese memanjakan pelanggan dengan tidak hanya makanan enak tetapi juga layanan dan suasana luar biasa yang membawa pelanggan ke toko mie asli hingga tradisional. warung Indonesia. (Sumber Internal, 2023).
 Bukan rahasia lagi kalau orang Indonesia selalu sedia sebungkus mi instan. Ada beberapa merek populer, namun yang paling terkenal adalah Indomie yang hampir identik dengan mi instan. Indomie diproduksi oleh Indofood, produsen mi instan terbesar di Indonesia. Merek ini tetap populer karena terus berinovasi dalam rasa yang disukai orang Indonesia, antara lain rasa Soto Ayam, dan Rendang Daging Sapi, di mana semua bahan sudah siap dalam kemasan termasuk bubuk cabai yang sangat dibutuhkan. Sekarang ada juga rasa seperti Thai Tom Yam, dan Korean Bulgogi.
Di Indonesia, Indomie dimakan saat sarapan, sebagai snack, atau untuk makan siang atau makan malam. Warung makan pinggir jalan bahkan menjual mie instan yang pernah populer, disantap ditemani secangkir kopi panas atau es teh dingin. Mie kering bungkusan ini juga selalu dibagikan - dan sangat diterima sebagai makanan darurat - bagi para pengungsi letusan gunung atau banjir, tidak hanya di Indonesia tetapi juga untuk bantuan luar negeri, karena mudah dibawa, enak disajikan panas, dan cukup isian. Yang harus dilakukan hanyalah merebus mie selama 3 sampai 5 menit, masukkan bahan-bahannya, tambahkan bubuk cabai sesuka hati, dan voila: Anda memiliki makanan yang enak.
Meski diperingatkan bahwa makan mie instan dalam waktu lama akan merusak sistem pencernaan Anda, namun demi kenyamanan dan rasanya yang beragam, mie ini tetap populer, murah, dan memang mengenyangkan. Rumor mengatakan bahwa mie instan Indonesia telah menjadi sangat populer di seluruh dunia dan memang merupakan makanan dengan cita rasa asli Indonesia yang tidak dapat dilewatkan oleh orang Indonesia, terutama di luar negeri.
Semua supermarket memiliki lorong yang didedikasikan untuk mie instan dari semua merek. Saat ini ada sekitar 50 varian rasa mie instan yang tersedia di pasaran, kebanyakan dengan cita rasa makanan lokal Indonesia. Ini telah diperluas untuk memasukkan cita rasa Asia seperti Korean Bulgogi atau Thai Tom Yam. Kegemaran terbaru adalah paket mie instan yang dilengkapi dengan potongan daging sapi kering asli.
Membuat mie instan itu mudah dan menyenangkan karena ada begitu banyak cara untuk memasak berbagai jenisnya. Orang sering melengkapi hidangan dengan irisan telur, keju, daging kornet, dan sayuran untuk memenuhi selera masing-masing. Mereka yang lebih suka mi pedas, pedas tentu akan lebih nikmat dengan menambahkan lebih banyak sambal dan bumbu lainnya. Untuk "Mie Goreng", yang harus dilakukan adalah menyaring mie rebus, memasukkan minyak, kecap manis dan bahan lainnya, yang disertakan dalam paket, dan Anda memiliki: mie goreng.
Mie instan sangat mudah ditemukan saat Anda bepergian ke seluruh Indonesia. Itu juga dijual di "warung" kecil atau warung pinggir jalan. Orang bisa memakannya kapan saja di rumah, di kantor atau di warung pinggir jalan, yang mudah ditemukan di setiap sudut kota atau desa mana pun.
Indofood Indonesia kini telah menjadi produsen mi instan terbesar di dunia, dan mulai membangun pabrik mi instan di Timur Tengah termasuk Nigeria, Mesir, Sudan, Kenya dan Ethiopia karena tingginya permintaan dari negara-negara tersebut dan tumbuh menjadi merek mie instan populer, menurut World Brain.com. Pada tahun 2005, Indomie memecahkan Guinness Book of World Records untuk "Paket Mie Instan Terbesar" pada tahun 2005.
Sangat mudah menemukan warung-warung kecil yang menjual mie, teh, dan kopi -- semuanya serba instan. Kios-kios ini secara lokal dikenal sebagai warung Indomie atau disingkat warmindo. Menyebut Indomie populer adalah pernyataan yang meremehkan, karena nama mereknya sudah identik dengan "mie instan". Di warung ini, pelanggan bisa meminta tambahan telur, sayuran, atau kornet sebagai topping. Hampir semua kopi dan teh berasal dari sachet, baik panas maupun dingin, dengan gula atau creamer. Suguhan lain yang biasa ditemukan di kios-kios ini adalah soda gembira, secara harfiah soda bahagia, mengacu pada gelembung yang dihasilkan saat susu kental manis bertemu dengan soda, yang berlomba ke atas -- hampir seperti menari.
Ini seperti yang ingin dikatakan oleh warung makan modern ini: ya, makanannya mungkin instan, dan apa yang disebut tren makanan akan datang dan pergi, tetapi ini bukan hanya tentang makan, tetapi juga makan dan gaya hidup. Tentu saja, ada kalanya Anda hanya membutuhkan camilan tengah malam. Tidak ada yang lebih tinggi dari kesetiaan orang Indonesia terhadap mie instan sebagai makanan yang mudah dan cepat (atau hanya makanan ringan untuk sebagian orang).
Indofood, melalui Grup CBP, bermitra dengan pemilik warung Indomie melalui program Warmindo, yang bertujuan untuk memberikan praktik terbaik tentang kebersihan makanan dan pengelolaan warung makan, serta mendorong kesejahteraan yang lebih baik di antara para pemilik warung.
Di tahun 2020, program ini terus mereka kembangkan dengan menjangkau warung makan yang menyajikan Indomie siap saji. Indofood juga mengundang para pengusaha Warmindo untuk mengunjungi pabrik Mie CBP Group untuk melihat langsung produksi Indomie dan mempelajari prinsip-prinsip GMP.Warung makan Indomie atau lebih sering di kenal sebagai Warmindo adalah salah satu kedai yang sudah tak asing lagi di telinga.Â
Dengan makanan yang berbasis pada Indomie semua kalangan dapat menikmati dengan harga yang sangat terjangkau, dengan adanya konsep kekinian yang kami tawarkan akan menambah experience bagi para pelanggan. Di samping kami memadukan antara kearifan lokal dengan makanan yang kami tawarkan dengan resep tersendiri  yaitu black chicken Japanese yang unik tetapi mempunyai rasa yang lezat. Proposal ini akan menjelaskayan kelayakan Bisnis Warmindo X Black Chicken Japanese dalam hal Visi Misi, Peran Leadership, Porter Five Generic Strategies,Analisis 5P ( Product,Price,Promotion,Place,and People), Analisi SWOT, Cost Volume Profit Analysis, dan Break Even Point dan juga Simpulan Umum Kelayakan/Ketidaklayakan Bisnis.
B. Analisis Peran Leadership
Peran leadership memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola sebuah warung mie Indonesia seperti Warmindo. Seorang pemimpin yang baik memiliki keahlian dan keterampilan untuk memimpin sebuah tim, merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengawasi setiap sisi operasional dari warung mie tersebut. Berikut ini adalah analisis peran leadership pada Warmindo:
1. Penentuan Visi & Misi - Pemimpin Warmindo bertanggung jawab dalam merencanakan tujuan jangka panjang dari usaha tersebut, termasuk membangun identitas merek dan menciptakan suasana yang membuat pelanggan nyaman untuk berkunjung.
2. Strategi Pemasaran - Strategic marketing menjadi salah satu hal yang diperlukan dalam menu business plan pembukaan warung Wet Mie tersebut. Seorang pemimpin Warmindo harus mampu merancang strategi promosi dan branding yang tepat seperti memberikan gratis kopi dan diskon kepada mahasiswa dan memasarkan produk secara online.
3. Pengaturan Bisnis - Pemimpin Warmindo bertangggung jawab dalam mengumpulkan data dan membuat laporan keuangan per bulan guna membuka cabang baru ataupun melakukan ekspansi.
4. Pelatihan Tim - Mampu menciptakan tim yang terstruktur dan kontrol menjadl ciri-ciri penting pada pemimpin good leader. Tim pelatihan disederhanakan menjadi beberapa bagian yang memungkinkan pegawai untuk tetap terfokus pada tugas mereka dan dapat memaksimalakan potensi mereka untuk terus berkembang dalam industri yang semakin maju.
5. Pelayanan& Customer Experience - memberikan pelayanan terbaik dan bisa memuaskan customer merupakan prioritas, memilih orang pemangku kebijakan yang paham apa yang terjadi pada kasus customer dan kemudian mem-fastkan resolusi kasus tersebut tentunya akan menambah nilai tambah pada belanja customer terkait dengan kualitas produk Wet Mie.
Dalam rangka mempertahankan kesinambungan usaha, role leadership menjadi hal sangat krusial. Seorang pemimpin Warmindo harus bisa memastikan bahwa setiap anggota tim memahami dan menjalankan tugas sesuai dengan standar setiap harinya. Dalam melaksanakan tugas kepemimpinan, seorang pemimpin Warmindo bisa memanfaatkan teknologi seperti automasi penjualan pada pintu-pintu lokasi dan menjaga akuntabilitas masing-masing anggotanya.
C. Porter's Five Generic Startegies
Strategi Generik Porter adalah sekelompok empat kategori strategi bersaing: Diferensiasi, Kepemimpinan Biaya, Fokus (Biaya), Fokus (Diferensiasi).
Studi tentang strategi bisnis sangat dipengaruhi oleh Michael Porter, Profesor Harvard, dan penulis. Pada tahun 1985, dia menulis teks mani, Keunggulan Kompetitif: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, mengenai strategi bisnis. Dalam teksnya, dia mengusulkan 3 (atau 4) kategori strategi generik untuk mendekati pasar produk.
Seperti dikemukakan oleh Porter, salah satu dari strategi ini mampu menghasilkan keunggulan kompetitif untuk bisnis di pasar tertentu. Penting untuk dicatat bahwa, setiap strategi tidak mungkin dilakukan oleh satu perusahaan. Namun, jika perusahaan mampu dan menjalankan strategi secara memadai, maka dapat mencapai keunggulan kompetitif di pasar.
Singkatnya, strateginya adalah sebagai berikut:
* Cost Leadership - Meminimalkan biaya yang dikeluarkan dalam memberikan nilai (produk atau layanan) kepada pelanggan atau klien.
* Diferensiasi - Ini berarti membuat produk unik atau istimewa, dibandingkan dengan pesaing lain atau produk pengganti di pasar.
* Fokus:
1. Fokus Biaya - Ini tidak berarti fokus pada biaya. Ini berarti meminimalkan biaya di pasar yang terfokus.
2. Fokus Diferensiasi - Ini tidak berarti fokus pada diferensiasi. Ini berarti orientasi terhadap diferensiasi dari pesaing / produk lain dalam pasar yang terfokus.
1. Cost Leadership: Strategi ini berfokus pada pengurangan biaya produksi dan operasional untuk dapat menawarkan harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing. Salah satu cara untuk implementasi strategi ini pada proyek proposal bisnis Warmindo and Black Chicken Japanese adalah dengan menggunakan bahan baku lokal dan menjalin kemitraan dengan produsen lokal untuk memperoleh bahan baku dengan harga yang lebih murah.
2. Differentiation: Strategi ini berfokus pada pengembangan produk atau layanan yang unik dan bernilai tambah bagi pelanggan. Untuk menerapkan strategi ini pada proyek proposal bisnis Warmindo and Black Chicken Japanese, bisa dilakukan dengan mengembangkan resep baru dan mencoba variasi rasa yang tidak ada di pasaran.
3. Focus: Strategi ini berfokus pada segmen pasar tertentu dan menawarkan produk atau layanan khusus yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi segmen tersebut. Pada proyek proposal bisnis Warmindo and Black Chicken Japanese, strategi focus dapat diterapkan dengan memfokuskan pada target pasar tertentu seperti mahasiswa atau pekerja kantoran yang membutuhkan makan siang yang praktis dan enak.
D. Analisis 5P ( Product,Price, Promotion, Place, and People)
Ada beberapa macam strategi pemahaman dari para ahli. Menurut Marrus (2016) dalam Journal of Strategy Management, Strategi didefinisikan sebagai proses penentuan rencana pimpinan puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai dengan penyiapan cara atau upaya untuk mencapai tujuan tersebut. sasaran.Â
Menurut Coulter dalam bukunya Mudrajad Kuncoro, Ph.D. (2002), Strategi adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan dan menyesuaikan sumber daya organisasi dengan peluang dan tantangan yang dihadapi dalam lingkungan industrinya.Â
Strategi sangat penting untuk menentukan keberhasilan organisasi, oleh karena itu strategi pembelajaran menjadi sangat bermanfaat dan menjanjikan. Dengan demikian, beberapa ciri utama strategi adalah: Tindakan yang diarahkan pada tujuan (goal-directed action) adalah kegiatan yang menunjukkan "apa" yang diinginkan organisasi dan "bagaimana" mengimplementasikannya. Mempertimbangkan semua kekuatan internal (sumber daya dan kemampuan), dan memperhatikan peluang dan tantangan.
Produk
Salah satu faktor yang mempengaruhi harga pada Produk partikel ini adalam kualitas dan jenis dari mie yang ditawarkan, apakah mie tersebut dibuat dari bahan makanan alami atau tidak. Misalnya, mie ayam organik pasti memiliki harga yang lebih tinggi dari mie ayam biasa.
Satu kemasan standar Indomie memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu didalamnya yaitu: kecap manis, saus sambal, minyak sawit, penyedap rasa dan bawang goreng, selain itu tersedia juga versi jumbo dengan massa 85 gram. 120 gram. Produk yang dihasilkan Indomie adalah mie berkualitas tinggi dengan varian yang beragam. Ada Indomie goreng rasa, Indomie Soto rasa, Indomie Kari Ayam, bahkan Indomie rasa tradisional seperti Cakalang, Soto Betawi dan Soto Madura, selain itu ada Indomie duo dan Indomie goreng Premium. Hal ini menunjukkan bahwa Indomie ingin terus memberikan mie yang berkualitas kepada konsumennya, dengan terus berinovasi menghasilkan rasa mie yang sesuai dengan selera konsumen.
Price
Harga juga akan dipengaruhi oleh faktor kompetisi, dengan melihat dari sudut pandang lokasi letaknya pada tempat penjulan ketika dibandingkan dengan warung mie lainnya. Harga dapat disesuaikan dengan target pembeli, misalnya seorang mahasiswa dapat memiliki budget lebih rendah daripada pekerja kantoran. Selain itu, semakin banyak minuman atau lauk yang tesedia di warung mie tersebut, maka semakin tinggi harga yang akan diberikan.
Place
Lokasi warung mie tersebut juga mempengaruhi harga makanan tersebut. Jika lokasinya di pusat kota maka pasti harganya akan lebih tingi karena sewa tempat di kota akan jauh lebih mahal.Menurut Qausar, Zeplin, Rismawati, dan Sanju (2020), tempat adalah lokasi dimana suatu perusahaan atau kegiatan perusahaan dilakukan. Tempat diartikan sebagai lokasi bagi suatu perusahaan untuk beroperasi dan melakukan segala aktivitas perusahaan (Azzadina, 2017).Â
Tempat adalah aktivitas perusahaan untuk memilih, mengelola, dan membuat suatu produk untuk mengantarkan produk dan jasa ke pasar sasaran (Kotler & Armstrong, 2018). Perusahaan harus memperhatikan betapa mudahnya pelanggan mengakses lokasi tersebut dan berada di tempat yang sangat strategis.Tempat adalah kesibukan perusahaan untuk mendistribusikan produknya ke pelanggan potensial agar tersedia, keputusan mengenai lokasi yang digunakan memerlukan pemikiran yang cermat untuk memperhatikan karakteristik konsumen dan karakteristik lingkungan.Â
Menurut Elliott, Rundle-Thiele, dan Waller (2015), lokasi adalah aktivitas perusahaan untuk menyampaikan produk atau layanan yang tersedia kepada konsumen pada waktu dan tempat yang tepat. Melalui tempat-tempat tersebut maka perusahaan dapat menempatkan produk/jasa yang akan dijangkau oleh konsumen sasaran. Tempat itu sendiri merupakan perencanaan program distribusi dan pelaksanaan produk atau jasa melalui tempat atau lokasi yang tepat (Baruna, et., al, 2017).
Tempat berhubungan dengan pengiriman produk yang tepat ke pasar sasaran, dimana bauran pemasaran ini adalah lokasi bisnis, sebagian besar pihak percaya bahwa keuntungan berasal dari lokasi yang baik. Tempat yang baik akan mempengaruhi cost dan profit untuk faktor lokasi yang tepat yang juga merupakan salah satu cara bersaing dalam bisnis untuk menarik pelanggan, lokasi perlu dipilih karena keberhasilan bisnis sangat bergantung pada pemilihan bisnis yang tepat. lokasi (Baruna, et., al, 2017).
Menurut Suharno (2019:21), distribusi/tempat adalah upaya pemasar untuk menjamin ketersediaan produk bagi pasar sasaran pada saat dibutuhkan. Faktor penting dalam pengembangan bisnis adalah lokasi perkotaan, dan bagaimana pelanggan dapat dengan mudah mengakses atau menjangkau perusahaan. Ini juga mengacu pada aksesibilitas pelanggan ke toko atau bisnis; apakah mudah dijangkau untuk mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.Lokasi pada bauran pemasaran yang tepat adalah lokasi yang memberikan akses yang cepat dan dapat menarik konsumen yang besar serta dapat mengubah pola pembelian pada konsumen (Azzadina, 2017).Â
Lokasi yang tepat dapat memudahkan calon pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya dan juga bermanfaat bagi perusahaan untuk mendorong keputusan pembelian (Djatmiko, 2016). Keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh lokasi perusahaan tersebut.
Mown and Minor (2014) mencatat bahwa desain toko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen sehingga meningkatkan penjualan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wang (2019), temuan mengungkapkan bahwa musik di dalam toko, aroma yang menyenangkan, tata letak fungsional, dan warna yang sesuai memiliki efek positif pada persepsi konsumen terhadap produk dan lingkungan.
Menurut Baruna, et., al (2017) dalam "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Nitchi Di PT. Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat", memilih lokasi yang baik merupakan keputusan penting; Pertama, karena tempat merupakan komitmen sumber daya jangka panjang yang dapat mengurangi fleksibilitas bisnis di masa mendatang, baik lokasi tersebut telah diberikan atau hanya disewakan.Â
Kedua, lokasi akan mempengaruhi pertumbuhan di masa depan. Kawasan yang dipilih harus mampu tumbuh secara ekonomi sehingga dapat mempertahankan kelangsungan usaha. Dan terakhir, lingkungan setempat dapat berubah sewaktu-waktu, jika nilai lokasi memburuk, maka lokasi usaha harus dipindahkan atau ditutup.
Lokasi Kedai yang kami jalankan berada di Jl. Letnan Muharam Kota Rangkasbitung Prov. Banten Ruang lingkup dari kedai warmindo kami sangat strategis karena di kelilingi oleh perkantoran dan sekolah sekolah baik itu SMA atau SMP yang pada dasarnya relevan dengan konsep tempat dan menu atau makanan yang kami jual. Lokasi kedai kamipun dekat dengan alun -- alun Rangkasbitung serta Rumah Sakit dan berada di jalan utama atau jalan protokol.
Promotion
Penawaran promo misalnya seperti mie gratis jika sudah membeli 10 porsinya atau diskon setiap beli. Adapun Warmindo X Black Chicken Japanese mengusung konsep Movie Night di pukul 20.00-23.00 setiap hari Sabtu untuk menarik minat pelanggan yang ditargetkan dan menambah Omset.
Harga juga dapat dipengaruhi oleh promosi yang dibuat, misalnya program cashback atau member get member.Strategi promosi adalah penggunaan periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung untuk mempromosikan produk organisasi (Czinkota dan Ronkainen, 2014).Â
Menurut Brrassington dan Pettitt (2018), promosi adalah cara langsung di mana perusahaan mengkomunikasikan produk atau layanan mereka kepada target pelanggan mereka. Kotler dan Armstrong (2018) menegaskan bahwa promosi adalah semua kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produk atau jasa kepada pasar sasaran. Menurut Kotler (2016), bauran promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publisitas.
Menurut Baruna, et., al (2017), promosi dapat didefinisikan sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran terhadap perusahaan dan produknya untuk bersedia menerima, membeli, dan loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Promosi merupakan salah satu variabel dalam pemasaran yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya. Kegiatan promosi tidak berfungsi sebagai alat komunikasi antara pelaku usaha dengan konsumen, tetapi juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumsi konsumen dalam segala aktivitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Hal ini diperlunak dengan cara promosi (Lupiyoadi dan Hamdani, 2016).
Menurut Kotler (2018), perusahaan menggunakan media massa untuk membangun persepsi positif dan menarik dari pelanggan terhadap perusahaan. Perusahaan membangunnya dengan memperhatikan hubungan masyarakat, tanggung jawab sosial perusahaan, dan mempertahankan manajemen hubungan pelanggan yang kuat. Strategi promosi juga harus fleksibel dan adaptif terhadap tren dan gebrakan yang ada di masyarakat karena akan membantu perusahaan dalam menarik pelanggan. Promosi yang menarik adalah promosi yang sangat memuaskan keinginan dan/atau kebutuhan pelanggan yang melaluinya dapat mendorong pelanggan dalam proses pengambilan keputusan.
Kreativitas promosi berperan penting untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan potensial. Kreativitas mengacu pada tindakan promosi yang bijaksana secara visual atau dengan cara menulis salinan kreatif yang dapat membangkitkan minat pelanggan potensial dan membujuk pelanggan untuk mencoba dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
People
Pada level antar pelanggan, strategi harga dan iklan di lingkungan setempat dapat mempengaruhi harga. Personal selling adalah komunikasi tatap muka antara penjual dan pelanggan sasaran untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada mereka dan untuk membuat dan memahami pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membeli (Tjiptono, 2015).
Penjualan pribadi adalah bentuk komunikasi orang ke orang di mana penjual berusaha untuk membantu dan/atau membujuk pelanggan potensial untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Melalui itu juga perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dan membangun reputasi yang baik di pasar yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Menurut Panjaitan, Edward, et., al (2019) dalam "Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Bright Gas Di Jakarta (Studi Pada PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I)", promosi mempunyai pengaruh yang signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, maka perusahaan sangat penting untuk melakukan program promosi secara intensif dan berkala agar pasar mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap mengenai produk Bright Gas terutama mengenai keunggulan produk.
Warung armindo atau mie instan masih eksis bahkan menjadi incaran anak muda untuk dijadikan ladang bisnis. Konsep Warmindo saat ini juga sudah menjamur di beberapa kota di Indonesia. Modal untuk membuka warmindo dengan konsep kekinian juga lebih murah dibandingkan usaha kuliner lainnya.Â
Dengan modal yang minim, Anda bisa mengkreasikan mie instan menjadi makanan yang enak dan digemari banyak orang. Bagi Anda yang ingin menjajal usaha warmindo, namun masih bingung dengan konsep warmindo yang akan dibuat, berikut beberapa konsep warmindo kekinian yang bisa dicoba, seperti dihimpun VOI dari berbagai sumber. Konsep warmindo self service sempat viral beberapa waktu lalu.Â
Konsep ini membuat konsumen lebih leluasa memilih, karena mi instan dipajang di tempat yang cukup luas. Dari tampilan varian rasa ini, konsumen dapat lebih leluasa memilih rasa yang disukai dan dapat mengambil sendiri apa yang diinginkan. Karena konsepnya self service, konsumen bisa mengambil sendiri minya dari bawah etalase. Selain mie, konsumen juga bisa memilih aneka topping dan aneka minuman segar. Tapi jangan khawatir topingnya dijamin fresh karena tidak dijual langsung oleh penjualnya.Â
Menggunakan konsep ini cukup menguntungkan karena kami bisa memberikan harga per item (dijual terpisah mi instan dengan topping), sehingga harga tetap bisa bersaing walaupun menggunakan konsep yang sederhana. Jika sudah menambahkan banyak topping, namun ingin memberikan sensasi yang berbeda, Anda bisa mengkreasikannya dengan rasa pedas.
Tawarkan konsep warmindo ini kepada pelanggan dan tanyakan seberapa pedas yang mereka inginkan berdasarkan level yang ditetapkan. Misalnya, jika pelanggan Anda ingin memesan mie Indomie level 1, maka Anda hanya bisa menyajikan mie dengan satu sendok makan sambal.Â
Mie instan atau bakso seringkali disajikan hanya dengan menggunakan mangkok seukuran gambar ayam jago. Agar lebih unik, sajikan mi instan dengan wadah yang lebih kecil dengan penjepit yang lebih banyak. Beberapa topping yang bisa menjadi pilihan antara lain telur, sosis, ciomay, pasta ayam, ayam suwir, callop, dan smoke beef. Konsep warmindo modern lainnya adalah menghadirkan mi instan dengan hot plate.Â
Bisa dibayangkan bukan rasa mie yang nikmat dipadukan dengan penyajian hot plate yang panas dan menimbulkan bunyi ssshhh saat disajikan. Apalagi jika penyajian mie menggunakan topping yang variatif, konsumen akan penasaran dan langsung menyerang bisnis Anda. Untuk membuat konsumen betah, buatlah warmindo dengan konsep semi cafe. Terkait hal tersebut, Anda bisa mendesain warung semodern mungkin dan menyediakan fasilitas wifi gratis.
Dalam rangka menciptakan harga yang bersaing, pemilik usaha warung mie harus memperhatikan semua faktor tersebut. Mengelola penyediaan bahan makanan dan melakukan analisis terhadap produk dari bagian produksi juga menjadi penting. Tujuannya agar tetap berkualitas pada vokasi harga yang sesuai serta untuk menghindari kenaikan harga yang merugikan usaha warung mie tersebut.
E. Analisis SWOT
Analisis SWOT digunakan untuk memperoleh pandangan dasar tentang strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu (Vlados, 2019). Dalam hal ini dilakukan pengkajian terhadap upaya apa yang dapat dijadikan alternatif solusi dalam pengelolaan dan pengembangan strategi (Namugenyi et al., 2017).Â
Menurut Abdel-Basset et al. (2018) kombinasi faktor internal dan eksternal dapat menentukan kinerja pembangunan atau organisasi. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. Analisis SWOT membandingkan faktor eksternal, peluang dan ancaman, dengan faktor internal, kekuatan dan kelemahan. Hasil analisis ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, sekaligus mengurangi kelemahan dan menghindari potensi ancaman. Analisis SWOT juga berfungsi sebagai instrumen yang berguna dalam kegiatan analisis strategis. Dengan analisis ini, organisasi dapat meminimalkan kelemahan dan mengurangi dampak ancaman yang harus dihadapi (Grel & Tat, 2017)
Ada pun SWOT dari WarMindo X Black Chicken Japanese adalah sebagai berikut:
STRENGTH (KEKUATAN)
1) Market Pasar yang mencakup keseluruhan
2) Konsep kedai yang menghadirkan kesan nyaman dan merakyat
3) Memberikan experience  kepada pelanggan
4) Harga yang sangat terjangkau
5) Rasa makanan yang sudah familiar
6) Lokasi yang sangat strategis di pusat kota Rangkasbitung Kab. Lebak Prov. Banten berdekatan dengan Sekolah SMA dan SMP serta berdekatan dengan pusat pemerintahan atau perkantoran
WEAKNESS (KELEMAHAN)
1) Adanya kompetitor dalam jenis dan bidang yang sama
2) Akan timbulnya rasa bosan terhadap menu Mie.
3) Makanan yang di jual bukan merupakan makanan pokok
OPPORTUNITY (PELUANG)
1) Adanya konsep yang menarik dari kami yang menciptakan pengalaman makan yang berbeda
2) Adanya inovasi yang terus di perbaharui sebagai usaha untuk menanggulangi rasa bosan
3) Lokasi kami yang strategis
4) Menu andalan dan signature menu kami yang tidak dimiliki tempat lain
Threat (Ancaman)
1) Kompetitor yang menjatuhkan harga jual
2) Penjiplakan signature menu kami.
3) Adanya beberapa bahan baku dengan harga yang naik turun.
Â
Strategi dari analisis SWOT Bisnis Warmindo X Black Chicken Japanese
1. Konsep: Konsep yang kami tawarkan memiliki kesan ramah kantong dan nyaman
2. Suplier: Tidak bingung mencari Suplier karena di setiap sudut kota ada agen yang menyediakan bahan baku yang kami butuhkan, dan promosi yang kami lakukan pun beragam mulai dari Jumat manis , Berkah berbagi dan promosi yang gencar di sosial media.
3. Target Pasar: Target  konsumen kami adalah anak sekolah, para pengguna Jalan  dan remaja , serta pegawai kantoran
4. Pricing Strategy: Dengan  harga bahan baku yang terjangkau dan mudah maka kami pun menawarkan harga jual yang ramah kantong
5. Lokasi: Lokasi yang kami tawarkan merupakan di tengah pusat kota dengan di kelilingi perkantoran dan sekolah
F.Cost Volume Profit Analysis
Cost Volume Profit atau Analisis biaya-volume-laba (CVP) adalah cara untuk mengetahui bagaimana perubahan biaya variabel dan biaya tetap mempengaruhi keuntungan perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan CVP untuk melihat berapa banyak unit yang harus mereka jual untuk mencapai titik impas (menutupi semua biaya) atau mencapai margin keuntungan minimum tertentu.
Ada pun analisis Bisnis Warmindo dan Black Chicken Japanese dengan Modal 50 juta Rupiah dan Margin 50% memiliki CPV analysis sebagai berikut:
Setiap porsi makanan dan menu lain yang disajikan dalam bisnis Warmindo dan Black Chicken Japanese memberikan konstribusi margin 50%. Dengan demikian tutup modal dalam Bisnis akan tercapai saat bisnis ini telah berhasil mencapai angka penjualan 100 juta Rupiah .
Sensitivity Analysis
Analisa Sensitivitas Menurut Stephen A. Ross (2010), Analisa sensitivitas merupakan analisa yangdilakukan untuk mengetahui akibat dari perubahan parameter-parameter produksiterhadap perubahan kinerja sistem produksi dalam menghasilkan keuntungan. Adapun rumusnya adalah:
Didalam analisa sensitivitas pesimistis, peneliti berasumsi komdisi ekonomi tidakmengalami pertumbuhan atau stagnan sehingga kami menggunakan arus kas dari data 5 tahunsebelumnya. Berikut adalah hasil dari perhitungan analisa sensitivitas Warmindo dan Black Chicken Japanese sebagai berikut:
Analisa ini didasari dari pendapat penjualan tahun sebelumnya sebagai acuan untuk analisis pertumbuhan tahun ini. Dapat dilihat bahwa mengingat konsumsi mie instan dan ayam yang relatif besar di wilayah Rangkasbitung, bisnis Warmindo dan Black Japanese Kitchen relative akan bertumbuh sekitar 25 hingga 30%.
Margin of safety
Margin of safety adalah pengurangan penjualan yang dapat terjadi sebelum titik impas suatu bisnis tercapai. Ini menginformasikan manajemen tentang risiko kerugian yang dialami bisnis karena perubahan penjualan. Konsep ini berguna ketika sebagian besar penjualan berisiko mengalami penurunan atau eliminasi, seperti halnya ketika kontrak penjualan akan segera berakhir. Margin keamanan minimal dapat memicu tindakan untuk mengurangi biaya. Situasi sebaliknya juga dapat muncul, di mana margin keamanan sangat besar sehingga bisnis terlindungi dengan baik dari variasi penjualan.
Margin of safety sangat relevan ketika terlibat dalam perputaran perusahaan. Dalam konteks ini, digunakan untuk memodelkan risiko kerugian saat penjualan menurun. Hal ini dapat mengarah pada tindakan untuk mengurangi biaya guna mempertahankan margin keamanan yang memadai.
Ada pun Margin of Safety Warmindo dan Black Chicken Japanese adalah:
Â
G. Break Event Point dan Target Profit
Â
Analisis BEP (Break Even Point) adalah teknik analisis yang digunakan untuk mencari titik impas suatu bisnis atau proyek, di mana pendapatan yang diterima sama dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam konteks proposal bisnis Warmindo dan Black Chicken Japanese, BEP dapat dihitung sebagai berikut:1. Biaya Tetap: Biaya tetap yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, seperti biaya sewa tempat, listrik, gaji karyawan, dan lain-lain. Misalnya, total biaya tetap per bulan sebesar Rp 20 juta.
Harga Produksi  1 porsi Mie
- Mie Instan: Â Rp. 2800
- Topping: Â Rp. 1000 -- Rp. 3000 (tergantung banyaknya topping)
- Oprasional: Â Rp. 1500
Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 7000 Â dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 10.000
Harga Produksi  1 porsi Rice bowl Black Chicken Japanese
- ayam 1 Kg Fillet: Â Rp. 40,000 ( perporsi digunakan 100 gr)
- ayam fillet 100 gram: Â Rp. Â 4000
- Tepung black: Â Rp. Â 2000
- sauce: Â Rp. Â 2000
- nasi: Â Rp. Â 3000
-  Oprasional:  Rp  5000
Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 16,000 Â dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 25,000
Â
* Biaya Variabel: Biaya variabel yang berkaitan dengan produksi makanan, seperti bahan baku, bahan bakar, dan lainnya. Misalnya, biaya variabel per unit sebesar Rp 10 ribu.
* Harga Jual: Harga jual per satuan. Misalnya, harga jual per unit sebesar Rp 25 ribu.Perencanaan laba dapat didefinisikan sebagai pengaturan sejumlah tindakan yang perlu diambil untuk mencapai jumlah laba yang ditargetkan untuk perusahaan Anda. Mempelajari perencanaan laba sangat berguna untuk setiap industri.
* Laba bersih: Ketika bisnis mengurangi semua biayanya dari pendapatan yang dihasilkannya, mereka mendapatkan laba bersihnya. Ini adalah komponen paling vital dari laporan laba rugi dan yang dicari oleh banyak eksekutif dan analis. Bisnis menggunakan jumlah bersih mereka untuk menentukan berapa banyak uang yang mereka hasilkan dalam periode tertentu. Laba bersih juga mengandung unsur non tunai. Unsur-unsur ini dikecualikan dari laba operasi.
* Laba kotor: Ketika sebuah bisnis mengurangi biaya barang yang dijual dari pendapatan yang dihasilkannya, mereka mendapatkan laba kotornya. Ini adalah angka penting saat belajar menganalisis laporan laba rugi mereka. Bisnis menggunakan jumlah ini sebagai indikator keuntungan mereka sebelum pengeluaran. Margin kotor harus tetap tinggi untuk membayar biaya operasional. Persentase optimal untuk laba kotor adalah 30% atau lebih tinggi. Persentase standar ini cukup untuk menutupi sebagian besar pajak bisnis dan pengeluaran lainnya.
* Laba operasi: Ini adalah total laba operasi bisnis. Itu ditentukan dengan hanya mengurangi biaya operasional dari laba kotor dan termasuk bunga dan pajak. Laba operasi dianggap sebagai ukuran yang layak untuk memahami seberapa efisien operasi bisnis itu.
Ada pun Target Profit/Revenue dan VOlume Warmindo dan Black Chicken Japanese adalah:
Berdasarkan hal ini, dapat dilihat bahwa untuk mencapai angka profit 100 juta rupiah, Warmindo dan Black Japanese Chicken perlu mencapai angka penjualan 300 juta rupiah. Yang mana angka 300 juta rupiah ini dapat dicapai melalui penjualan 12 ribu porsi menu dengan harga terrendah di Warmindo dan Black Japanese Chicken.
H. Simpulan Umum Kelayakan /Ketidakyakan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa Warmindo X Black Chicken Japanese merupakan konsep bisnis yang sangat bisa diterima masyarakat Indonesia dengan daya beli yang dapat dijangkau oleh masayarakat Umum. Adapun konsep Promosi nonton bersama setiap Sabtu di pukul 20.00-23.00 diusung untuk meningkatkan minat masyarakat, selain konsep ayam Jepang dengan saus hitam yang disajikan untuk menjadi nilai jual tambahan di luar menu utama berbasis Indomie.
Dengan estimasi penjualan 12,000 porsi produk, profit 100 juta rupiah dapat dicapai. Ada pun untuk kompetensi bisnis Warmindo X Black Chicken Japanese dapat dilihat bahwa faktor supplier, bahan baku, dan harga jelas bukan masalah besar untuk operasional bisnis. Faktor lokasi juga relative strategis mengingat posisinya di jalan protocol utama di Rangkasbitung sehingga dapat diprediksi bisnis ini layak untuk dijalankan.
Â
Â
Referensi
Â
Agnes Sawir, (2015). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, PTGramedia Pustaka, 2005:129.
Charles H. Gibson (2012). Financial reporting_and_analysis 13 th edition. BostonMassachusetts: Cengage Learning
Fernandes, F.A.P. 2017. "Perceived value of buying tourism services through an Online Travel Agency". Master Thesis program Porto University, Portuguese.
Lupiyoadi, H., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Rangkasbitung: Penerbit Salemba Empat, 525.
Munir, A. (2017). The Working Capital Management and ProfitabilityAnalysis on The LeadingDairy Food Industries in Indonesia. JAAF (Journal of Applied Accounting andFinance), I(1), 45--52.
Munir, A. (2018). Inflation, Time of Debt Repayment and Firms Performance: The Evidencesfrom Food and Beverage Companies. Journal of Management and Leadership, 1(1),17--23.
Nunkoo, R., Teeroovengadum, V., Thomas, P., & Leonard, L. (2017). Integrating service quality as a second-order factor in a customer satisfaction and loyalty model. International Journal of Contemporary Hospitality Management.
Oktaviani, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, dan Kemudahan terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(1).
Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1).
Ryu, K., Lee, H. R., & Kim, W. G. (2012). The influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International journal of contemporary hospitality management, 24(2), 200-223.
Stephen A. Ross, Randolph W. Westerfi eld, Bradford D. Jordan (2010). Fundamentals ofcorporate finance 9th edition. New York Massachusetts Institute: The McGraw-Hill. (4)
Thirunavukkarasu, A., & Nedunchezian, V. R. (2019). Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction in Airlines Industry. Academy of Marketing Studies Journal, 23(4).
Tjahjaningsih, E. (2016). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen,
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H