Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai pembelajaran, menurut saya penting bagi guru untuk memahami topik ini. Namun, sebelumnya saya belum sepenuhnya memahami bagaimana penerapan ZPD yang baik dalam kegiatan pembelajaran.
- Eksplorasi konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dari topik ini?
Pada topik 4, saya mempelajari bagaimana membuat konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam menerapkan ZPD (Zone Of Proximal Development) dalam pembelajaran. Dalam ZPD diperlukan beberapa langkah sebelum pembelajaran dimulai yaitu mengidentifikasi dan memahami kondisi peserta didik untuk memudahkan pembelajaran tentang sejauh mana peserta didik dapat diberikan bantuan. ZPD juga dapat digunakan untuk merancang aktivitas peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, karena sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dapat meningkatkan kualitas belajar di kelas.
- Ruang kolaborasi
Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi secara berkelompok, kami berdiskusi dengan pandangan masing-masing mahasiswa mengenai ZPD dalam pembelajaran dan bagaimana kesiapannya dalam mengajar dengan memperhatikan pembelajaran ZPD pada peserta didik. Adapun hasil diskusi kelompok kami yaitu memiliki pendapat yang sama, dimana pembelajaran dengan ZPD dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Selain itu, kelompok kami juga mempunyai pendapat yang sama yaitu dalam mempersiapkan pembelajaran dengan ZPD perlu memahami karakteristik masing-masing peserta didik. Dengan mengetahui hal tersebut, maka guru akan mengetahui di tahap mana peserta didik berada dan sejauh mana bantuan yang akan diberikan.
- Demonstrasi konstektual
Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Dari hasil pemaparan pandangan masing-masing, kelompok saya memahami pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik maupun guru untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak pada peserta didik. Dengan memahami ZPD peserta didik, guru akan lebih mudah menentukan sejauh mana peserta proses scaffolding yang harus diberikan. Dari diskusi antar kelompok ini, masing-masing kelompok menyadari bahwa pembelajaran dalam ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran.
- Elaborasi pemahaman
1. Pemahaman yang sudah saya dapatkan
Pada topik ini, saya memahami pembelajaran dalam ZPD dan proses scaffolding sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas.