Demonstrasi kontekstual pada modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya ini CGP diminta untuk menganalisis video yang ditautkan pada LMS (https://youtu.be/YMflitCt1yI). Analisis berkaitan dengan visi sekolah, prakarsa perubahan, kegiatan prakarsa perubahan sesuai tahapan BAGJA, peran pemimpin dalam pembelajaran, dan modal yang digunakan pemimpin dalam melaksanakan perubahan. Hasil analisis terhadap video yang telah dilakukan diuraikan berikut ini.
Video yang ditautkan dalam LMS menunjukkan sekolah memiliki visi "Mewujudkan murid religius, kreatif, inovatif dan berdaya saing". Ini terlihat dari video awal yang memperlihatkan bagaimana murid-murid yang bermain dengan kreatif di halaman sekolah. Murid-murid yang ditampilkan juga berpakaian dalam lingkup yang religius.Â
Bagian awal video juga memperlihatkan bagaimana murid-murid berjuang ke sekolah dengan berjalan kaki bukan diantar oleh orang tua. Hal ini menunjukkan murid tangguh menghadapi tantangan.
Mewujudkan visi sekolah, guru dalam tautan video melakukan prakarsa perubahan yakni mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Hal ini terlihat dari pertanyaan utama guru saat memulai prakarsa yaitu "Bagaimana mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?" Prakarsa perubahan dilaksanakan dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) melalui manajemen BAGJA.
Tahapan BAGJA yang dilakukan guru pada tautan video pada LMS dijabarkan pada tabel berikut ini.
Tahapan
Pertanyaan
Daftar Tindakan/ Penyelidikan
B: Buat Pertanyaan
Bagaimana cara mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan untuk belajar
Guru berdiskusi dengan sejawat dan menggali informasi bagaimana mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan.