MANFAAT MENJALANKAN BISNIS ONLINE
Dunia bisnis online meskipun terdengar menjanjikan, nyatanya masih banyak orang-orang yang khawatir untuk terjun ke dalamnya. Ini dikarenakan banyak orang yang merasa bahwa menjalankan bisnis online jauh lebih sulit ketimbang menjalankan bisnis tradisional pada umumnya.
Mereka khawatir karena tidak memahami betul cara untuk berbisnis online, mereka justru malah merugi. Padahal, jika orang-orang mau mempelajari bisnis online dan mau berusaha, terdapat banyak keuntungan bisnis online yang mereka bisa dapatkan.
Jika kita masuk ke dalam kategori orang yang di atas, di bawah ini terdapat sejumlah keuntungan bisnis online. Semoga saja dengan membaca keuntungan-keuntungan ini, kita semakin tertarik untuk menggeluti bidang ini dan tidak takut lagi memulai bisnis online.
- Lebih Mudah Mendapatkan Data Pelanggan
Salah satu aspek terpenting dari bisnis adalah mengumpulkan informasi pelanggan. Bisnis online memungkinkan seseorang mengumpulkan data tentang pelanggan mereka dan perilaku mereka tanpa harus mengeluarkan biaya dan tenaga lebih.
Dengan menggunakan informasi ini, kita dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk menarik perhatian pelanggan. Misalnya, kita dapat menentukan jenis produk apa yang paling diminati orang, dari daerah mana penjualan terbesar berasal, hingga metode pembayaran paling popular.
- Banyak Pilihan Dalam Customisasi
Tingkat kepuasan yang diberikan bisnis online menyamai atau bahkan lebih tinggi daripada bisnis tradisional. Ini dikarenakan, model bisnis tradisional belum tentu dapat menawarkan hal yang sama dengan apa yang bisnis online tawarkan, yaitu banyaknya kemungkinan untuk customisasi.
Sebagai contoh, ketika seseorang berbelanja ke bisnis online ada berbagai pilihan dalam metode pembayaran atau customisasi yang tersedia untuk pembeli, dan mereka harus memilih satu opsi sebelum melakukan pembelian. Ini adalah proses yang sederhana, namun bisa meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berbelanja di bisnis online.
- Biaya Promosi Lebih Rendah
Pertumbuhan dan perkembangan internet menyebabkan ledakan jumlah situs atau media sosial. Platform ini dibuat untuk menyatukan orang, dan dapat menjadi saluran pemasaran yang efektif dan hemat sehingga banyak digunakan baik oleh perusahaan kecil maupun perusahaan besar.
Kita dapat mengiklankan produk dan layanan kita di depan pelanggan yang kita inginkan tanpa bantuan dari perusahaan pemasaran profesional. Dengan ini, kita dapat menyimpan biaya promosi untuk keperluan lain yang bisa jadi lebih penting.
- Aksebilitas Lebih Tinggi
Bisnis online juga membebaskan pembeli dan penjual dari batasan geografis. Maksudnya, pelanggan dapat membeli suatu barang dari wilayah manapun tanpa harus mendatangi penjual barang secara langsung, layaknya bisnis tradisional pada umumnya.
Ini semua hanya bergantung kepada apakah pelanggan dan penjual memiliki akses internet atau tidak. Dan di era sekarang, hampir seluruh lokasi di Indonesia mempunyai akses terhadap internet. Ini juga menjadi satu alasan utama perusahaan memilih strategi bisnis berbasis internet, yakni untuk menarik klien internasional.
- Sistem Otomatis Dan Lebih Efisien
Internet menyediakan banyak cara untuk menyederhanakan hidup kita yang memiliki suatu bisnis. Kita dapat menangani pemesanan bahan baku, melayani pelanggan, dan hal-hal lainnya secara online. Kita juga bisa mendapat solusi khusus untuk mengotomatiskan cara pelanggan membeli barang dagangan kita.
Seseorang dapat menyederhanakan proses dan menghemat waktu berharga untuk melakukan tugas berulang. Selain itu, kita juga bisa berbagi informasi dan data lebih cepat dan efisien, menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di gadget yang kita miliki.
- Menghemat Pengeluaran Jangka Waktu PanjangÂ
Bisnis online terbilang lebih murah dalam mengurus biaya operasional daripada bisnis tradisional. Perbedaannya bahkan terbilang cukup signifikan, mengingat kebanyakan bisnis online hanya membutuhkan ruang kantor yang kecil, atau bahkan tidak perlu ruang kantor sama sekali.
Dengan demikian, seseorang dapat mengurangi biaya-biaya lain seperti menyewa ruang kantor, dan harus membayar tagihan seperti listrik, air, atau WiFi. Tanpa adanya lokasi fisik untuk berbisnis, maka biaya perekrutan karyawan juga dapat berkurang, dan dalam jangka waktu lama ini bisa menjadi pembeda dalam pengelolaan uang bisnis.
- Jangkauan Pelanggan Lebih Luas
Dengan bisnis online, seseorang dapat berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai lokasi, hingga bahkan ke negara lain. Setiap orang dari wilayah tertentu lebih mungkin menjadi pelanggan potensial untuk bisnis yang kita jalankan.
Bahkan, bisnis online yang kecil pun memiliki kemungkinan untuk menjangkau pasar internasional. Seperti yang sudah dibahas, kemajuan internet membuat hal tersebut tidak lagi mustahil. Ini dapat menghasilkan penjualan tertinggi yang tidak dapat dicapai oleh bisnis tradisional dengan cepat.
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI BISNIS ONLINE
Salah satu cara untuk memulai bisnis online adalah dengan menyiapkan perangkat smartphone-mu. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan sebelum mulai ke praktik, diantaranya:
1. Harus Pintar dalam Melihat Peluang
Sebagai pebisnis, melihat peluang adalah hal wajib yang dilakukan. Pasalnya, tak semua orang mampu melihat adanya peluang di sekitar mereka. Langkah ini merupakan hal wajib yang dilakukan oleh semua pebisnis. Oleh karena itu, kita harus terbuka dengan segala kemungkinan yang terjadi.
2. Mengetahui Apa yang Sedang Tren dan Dibutuhkan Oleh Pasar
Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Caranya mudah sekali, hanya dengan menggunakan pencarian tren di media sosial.
Setelah mengetahui trending dan apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, ini menjadi langkah tepat untuk kita memulai bisnis. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan konsep bisnis dan produk yang ditawarkan.
3. Mengenali Kompetitor Sebagai Acuan
Sangat penting untuk mengenali kompetitor saat melakukan bisnis, baik itu offline maupun online. Dengan melihat kompetitor, kita bisa melihat persaingan bisnis yang dilakukan olehnya.
Adapun tipsnya yaitu dengan melakukan analisis kompetitor. Dengan begitu, kita jadi tahu apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh kompetitor dan bisa menjadi acuan untuk bisnis kita kedepannya.
4. Menentukan Segmen Pasar dan Target Pembeli
Langkah selanjutnya dalam membuat bisnis online adalah menentukan segmen pasar dan target pembeli. Segmen pasar merupakan sekelompok orang dengan karakteristik tertentu yang cocok dengan produk kita. Hal ini wajib dilakukan karena akan memudahkan kita dalam melakukan proses penjualan dan lebih tepat sasaran.
5. Membuat Model Bisnis yang Relevan
Selanjutnya yaitu membuat model bisnis yang relevan. Dengan menetapkan model bisnis, kita akan menjadi lebih mudah untuk membangunnya. Misalnya, platform apa yang akan digunakan, apakah akun media sosial atau marketplace.
Setelah menerapkan tips di atas tadi, mungkin kita masih bingung kira-kira ide bisnis online apa saja yang menjanjikan. Ada beberapa contoh ide bisnis online untuk kita, antara lain seperti usaha di bidang katering, kafe, hingga laundry.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H