Mahasiswa semester 7 Program Studi Pgpaud kampus Serang, Universitas Pendidikan Indonesia melakukan kunjungan ke Bina Bangsa Islamic School Serang, dengan titik fokus pada PAUD Bina Bangsa mengenai Kepemimpinan dalam lembaga PAUD. Dengan demikian Penulis mengambil tema Manajemen Mutu Terpadu PAUD Bina Bangsa.
Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana mengungkapkan bahwa MMT merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk memaksimalkan daya saing lembaga melalui upaya perbaikan secara terus menerus atas jasa, manusia, produk, dan lingkungan. Berdasarkan definisi tersebut MMT memiliki 3 kata kunci menurut Imam Musbikin yaitu:
1. Input Pendidikan
   Input Pendidikan pada PAUD Bina Bangsa sangatlah baik, Pembelajaran yang berdeferensiasi dengan model Sentra. Sentra yang terdapat di PAUD Bina Bangsa Yaitu Sentra Balok, Sentra Bahan Alam, Sentra Ibadah, Sentra Peran, Sentra Persiapan, Sentra Sensorimotor, Sentra Seni, English Class, Sentra musik dan Olah tubuh. Satu putaran Pembelajaran sentra dalam satu tema selesai dalam tiga minggu. Selain Pembelajaran di kelas, PAUD Bina Bangsa juga terdapat beberapa Ekstrakulikuler dan kegiatan lainnya seperti Taekwondo, futsal, renang, fun cooking, English class, charity, market day, edutour, mini library, dan tahfidz.
  Â
2. Proses Pendidikan
   Proses Pembelajaran di PAUD Bina Bangsa sudah melaksanakan PAUD Holistik Integratif sebagai mana tertera pada Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pembelajaran anak usia dini Holistik Integratif. Pengelolaan pendidikan berfokus pada kebutuhan esensial anak diantaranya:
  a. Pendidikan yaitu penguatan pendidikan karakter, kebiasaan berpakaian batik, tabungan koin, proses pembelajaran inquiry, looseparts dan Steam, early literacy pojok baca.
  b. Kesehatan gizi dan perawatan yaitu fasilitas unit kesehatan sekolah, pembiasaan minum madu setiap hari, sekolah bermitra dengan puskesmas.
  c. Pengasuhan yaitu adanya kegiatan konsultasi psikologi ananda
  d. Perlindungan yaitu dua sudut, warga sekolah yang bergelar akademik, menciptakan lingkungan yang ramah anak, dan memfasilitasi alat pemadam kebakaran.
  e. Kesejahteraan yaitu mendorong orang tua untuk mengurus Akta kelahiran anak sebagai identitas anak, memberikan dan membuat jajanan sehat hasil bunda dan sekolah Inklusif yang dapat menerima anak berkebutuhan khusus.
 Â
3. Output Pendidikan
   Output Pendidikan di PAUD Bina Bangsa sangatlah baik, banyak nya prestasi yang di raih oleh anak, guru, serta sekolah. Salah satu prestasi guru yaitu juara 1 (bunda Linda), juara 2 (bunda Isye Syoleha) dan juara 3 (bunda Nurul) lomba bahan ajar/video pembelajaran tingkat PAUD non formal, kota Serang. Selain itu Lomba Tutor Keaksaraan Dasar meraih juara 2  oleh bunda Isye Syoleha, tidak kalah hebat bunda Tersinida selaku kepala sekolah pun meraih juara 1 pengelolaan PAUD kota Serang tingkat Nasional dan Pemenang Apresiasi PAUD From Home the rising star Gel. III dari Banten.
   Guru yang berkualitas akan menghasilkan generasi emas yang berkualitas pula, begitupun ouput pendidikan yang baik. Dengan demikian PAUD Bina Bangsa sudah tercapainya manajemen mutu terpadu dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H