Modul ajar merupakan salah satu dokumen administrasi yang wajib dipenuhi oleh guru dalam memberikan materi di kelas berdasarkan ketentuan Kurikulum Merdeka. Dokumen ini membantu guru untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar sesuai Tujuan Pembelajaran.
Bagi mahasiswa jurusan S1 Pendidikan, tentu penting untuk mengetahui bagaimana sistematika penyusunan Modul Ajar dan apa saja dokumen pendukung yang dibutuhkan. Dengan memahami prinsip Modul Ajar, tentu tidak akan membebani saat penyusunannya.
Di bawah ini adalah ulasan tentang cara menyusun Modul Ajar dengan menyesuaikan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (P2RA), dan Capaian Pembelajaran (CP).
Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Rahmatan Lil 'Alamin (RA)
Hal-hal yang perlu dipahami dalam menerapkan P5 pada pembelajaran adalah nilai-nilai P5 itu sendiri. Terdapat beberapa dimensi nilai yang menunjukkan sikap, perilaku, jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang meliputi:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong-royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
Juga dalam mengamalkan nilai-nilai pelajar Islam yang moderat, yang meliputi:
1. Berkeadaban (ta'addub)
2. Keteladanan (qudwah)
3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah)
4. Mengambil jalan tengah (tawasuth)
5. Berimbang (tawazun)
6. Lurus dan tegas (i'tidal)
7. Kesetaraan (musawah)
8. Musyawarah (syura)
9. Toleransi (tasamuh)
10. Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar)
Contoh Input Komponen P5RA dalam Modul Ajar
Dalam menuangkan nilai-nilai atau elemen Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil 'Alamin, guru dapat meletakkannya setelah komponen identitas atau setelah kompetensi awal atau setelah komponen tujuan pembelajaran, dengan poin-poin sederhana.
Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fase D, guru dapat memberikan nilai P5RA dalam kisah teladan, seperti (1) Beriman Kepada Allah, Nabi, dan Kitab-Nya; (2) Menghargai dan menghormati hak sesama manusia; dan (3) Meneladani sikap bijaksana.
Dari 16 nilai yang ada di atas, guru dapat menyesuaikan mana yang bisa didapat siswa dari materi yang akan disampaikan. Nilai-nilai tersebut yang akan menjadi patokan arah pembelajaran guru dalam memberikan materi yang akan disampaikan.
Format Modul Ajar Kurikulum MerdekaÂ
Modul Ajar dengan landasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) memiliki 3 komponen wajib yang harus dimuat di dalamnya. Ketiga komponen tersebut adalah (1) Tujuan Pembelajaran; (2) Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran; (3) Asesmen.