Asma adalah seorang guru Paud IT Permata Hati asal Kalimantan selatan tepatnya di Kabupaten Balangan, asma sangat suka belajar hal baru dan sangat penasaran terkait kurikulum merdeka,asma setuju dengan kemendikbudristek kalau kurikulum merdeka mampu agar pendidikan bisa mengikuti perkembangan zaman.
Tetapi asma belum begitu mengerti terkait kurikulum merdeka, untungnya setelah kurikulum merdeka diluncurkan ada Platform merdeka mengajar yang disediakan kemendikbudristek agar guru bisa belajar mandiri dan belajar dari guru lain pada platform merdeka mengajar, awalnya asma bingung bagaimana cara belajar dan apa saja manfaat dari Platform merdeka mengajar ini.
Asma mulai mencari tau dengan melihat penjelasan pada youtube saking semangatnya asma sangat rajin membuka Platform merdeka mengajar asma belajar secara mandiri pada pelatihan mandiri di platform merdeka mengajar sampai mengerjakan aksi nyata dan mendapatkan sertifikat asma sangat senang, walaupun awalnya aksi nyata yang dibuat asma butuh perbaikan aksi nyata tetapi asma tetap semangat memperbaiki sampai mendapatkan sertifikat,tidak ada usaha yang mengkhinati hasil”kata asma”.
Setelah mendapatkan sertifikat asma juga suka berbagi praktek baik dengan mengunggah karya berbagi praktek baik pada platform merdeka mengajar agar bisa dilihat semua guru diindonesia, dan juga mengajak guru-guru yang ada disekolah untuk menyelesaikan pelatihan mandiri pada platform merdeka agar mengerti terkait kurikulum merdeka.
Karena sudah menyelesaikan beberapa aksi nyata asma juga mendaftar komunitas pada platform merdeka mengajar agar bisa belajar bersama dengan guru lain dan dapat menggerakkan komunitas praktisi, senangnya hati asma saat mendaapat email dari platform merdeka mengajar yang mengundang untuk bergabung ke group whatsapp khusus penggerak komunitas palatform merdeka mengajar,tidak hanya itu pada platform merdeka mengajar juga banyak sekali video inspirasi yang mana asma bisa belajar dari guru lain bagaimana pembelajaran yanga menyenangkan dan bermakna, pada platform merdeka mengajar juga banyak contoh referensi modul ajar sehingga memudahkan kita untuk merancang modul untuk pembelajaran.
Semakin kesini asma mengerti banyak hal terkait kurikulum merdeka dengan adanya platform merdeka mengajar yang mempunyai tiga keunngulan yang pertama guru lebih memperhatikan proses belajar murid kedua kurikulum merdeka menyediakan jam khusus untuk penanaman karakter mencapai projek pengutana profil pancasila dan yang ketiga memudahkan guru untuk merancang pembelajaran dengan tingkat kemampuan peserta didiknya.
Setelah belajar kurikulum merdeka pada Platform merdeka mengajar dan berbagi praktek baik asma juga mempraktekkan langsung pembelajaran berdiferensiasi disekolahnya karena asma tau karakter, minat dan bakat anak satu dengan yang lain itu berbeda-beda.dengan melakukan pembelajaran berdiferensiasi mengangkat buah lokal yang ada di balangan dan dekat dengan anak yaitu buah nangka, disini asma menyediakan tiga kegiatan main setiap kegiatan sama tujuannya agar anak mengenal buah nangka jadi disini anak bebas memilih kegiatan mana yang anak suka sehingga pembeljaran jadi berkualitas, alhamdulillah proses belajar peserta didik jadi menyenangkan dan bermakna, praktek baik itu juga sempat asma ikutkan pada hari guru nasional tahun 2022 di Jakarta dan alhamdulillah asma terpilih menjadi peserta terbaik apresiasi hari guru nasional tahun 2022 untuk jenjang paud.
Jadi sangat banyak manfaat dari platform merdeka mengajar yang disediakan oleh pemerintah.
Tunggu apalagi ayooo kita manfaatkan platform merdeka mengajar semaksimal mungkin.
Kita memang tidak bisa mengubah dunia tapi dengan memberikan pendidikan terbaik untuk peserta didik kita bisa memajukan pendidikan Indonesia.
“kata Asma Halida pendidik PAUD IT Permata Hati”
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H