Pada Senin (24/07/2023), Askpert.id ikut serta mensupport sesi industrial insight untuk program Growpreneur by BRI Asah Usaha Mini Inkubator, yang digarap oleh Ruang&.Â
Sesi tersebut dilakukan secara virtual yang bertujuan untuk menumbuhkan inovasi, bertukar pengetahuan, dan mendiskusikan rencana bisnis dari 10 finalis program Growpreneur di kategori kuliner.Â
Askpert.id bekerja sama untuk menghadirkan Ibu Anastasia Damayanti sebagai expert speaker yang memimpin sesi dan membawakan topik The Power of Brand Positioning, Branding, and Marketing Mix for Growth.Â
Dengan bimbingan dari Ibu Anastasia yang berdasarkan pengalaman mendalam beliau di sejumlah perusahaan F&B terbesar di Indonesia, para finalis dapat mengevaluasi strategi pemasaran dan branding mereka yang mengacu pada empat ciri utama yang dimiliki oleh merek-merek kuliner sukses di Indonesia:Â
1. Menciptakan kedekatan dengan konsumen
2. Menunjukkan kinerja produk yang berkualitas
3. Memenuhi tujuan bisnis, dan
4. Mempertahankan siklus produk yang berkelanjutan
Ibu Anastasia sangat menekankan pentingnya memahami profil target konsumen, selalu up-to-date dengan tren makanan global, dan membuat pengalaman yang berkesan bagi pelanggan.
Selain itu, Ibu Anastasia juga menggarisbawahi manfaat dari consumer insight. Dengan melakukan riset pasar dan survei konsumen, para pengusaha kuliner di Indonesia bisa mulai menyusun narasi yang sesuai untuk menarik pelanggan baru.Â
Diakhiri dengan sesi tanya jawab, para finalis diberi kesempatan untuk menceritakan kekhawatiran dan masalah yang sedang mereka hadapi dalam pengembangan bisnis kuliner.Â
Ibu Anastasia memberikan semangat kepada para finalis dan menekankan bahwa trial dan error adalah bagian dari perjalanan seorang entrepreneur. Oleh karena itu, memiliki tujuan bisnis yang jelas dan konsistensi dalam branding akan membantu pengusaha kuliner menarik target pasar yang diinginkan.
Menariknya, 50% keputusan bisnis ternyata dipengaruhi oleh consumer insight, terutama ketika menyangkut produk kemasan.
Dengan menggunakan consumer insight, bisnis bisa lebih sukses dalam menarik target pasar baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Consumer insight bisa didapatkan melalui wawancara dengan konsumen, product testing, maupun pengumpulan survei.
Ada banyak layanan di Indonesia yang bisa membantu pemilik bisnis kuliner untuk mendapatkan consumer insight yang berkualitas dan komprehensif, seperti Askpert.id. Dengan memanfaatkan berbagai jenis layanan Consumer Insight, pemilik usaha akan dapat menyusun strategi efektif untuk memperluas bisnis maupun melakukan inovasi produk.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H