Expert Speaker bukan hanya sekadar seoarang pakar atau narasumber yang memberikan presentasi atau pidato singkat, melainkan mereka adalah kesempatan besar bagi Anda untuk menginspirasi, membujuk, dan terhubung dengan audiens atau customer.Â
Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Expert Speaker agar Anda bisa meninggalkan kesan yang mendalam kepada audiens acara Anda.
Apa itu Expert Speaker?
Expert Speaker umumnya adalah pembicara, figur terkenal, atau narasumber yang memberikan presentasi utama di sebuah acara. Presentasi yang diberikan akan memperkenalkan tema besar atau ide utama dari diadakannya suatu acara. Di sebagian besar kasus, expert speaker yang menjadi bintang utama diberi jatah sekitar 45 hingga 60 menit.
Bila memberikan presentasi di akhir, expert speaker akan mampu membangun antusiasme dan antisipasi dari audiens. Sedangkan bila berbicara di awal acara, expert speaker berperan sebagai penyetel "nada" atau tema yang akan dibahas sepanjang acara.
Dalam sebuah acara, presentasi yang dibawakan oleh seorang expert speaker menjadi sorotan paling penting dan berada di atas pembicara-pembicara lain. Oleh karena itu, acara besar sering memanfaatkan expert speaker untuk menarik lebih banyak peserta.
Apa Fungsi dan Manfaat Expert Speaker Bagi Acara dan Bisnis?
Presentasi yang dibawakan expert speaker sering disebut keynote presentation atau keynote speech. Tergantung tipe materi yang dibawakan, keynote presentation punya beberapa tujuan dan manfaat.
Edukasi
Keynote presentation yang bersifat edukatif biasanya mengundang expert speaker untuk berbagi pengetahuan mereka tentang suatu topik spesifik. Keynote presentation semacam ini sering kali diadakan di acara konferensi, seminar, dan lokakarya.
Perusahaan-perusahaan juga dapat menggunakan keynote presentation untuk pelatihan internal, seperti program orientasi untuk karyawan baru, pelatihan berbasis keterampilan, atau pelatihan manajemen stres dan kesehatan mental.
Informasi
Ada pula keynote presentation yang fungsinya menginformasikan atau memberitahu audiens tentang berita baru, seperti hasil sebuah penelitian, peluncuran produk, atau laporan tahunan. Keynote presentation seperti ini biasanya diberikan di acara yang mengundang calon konsumen, investor, atau pemegang saham.
Motivasi
Di sisi lain, ketika penyelenggara acara ingin audiens bisa terinspirasi atau terbujuk melakukan sesuatu, yang diundang biasanya adalah expert speaker yang bisa memotivasi.
Topik yang dibahas bisa mengenai pengembangan diri atau pengalaman pribadi si keynote speaker saat meniti karier atau membangun usaha.
Hiburan
Tidak semua keynote presentation berisi topik yang berat atau pembahasan yang mendalam. Terkadang, penyelenggara acara menggunakan keynote presentation hanya untuk melibatkan atau menghibur penonton.
Apabila tujuannya lebih ke entertainment, biasanya expert speaker yang diundang akan membawakan topik yang lebih ringan dengan fokus untuk memeriahkan suasana.
Tidak peduli topik apa yang diangkat, kehadiran seorang expert speaker di acara Anda dapat menarik lebih banyak audiens, juga menciptakan persepsi positif di kalangan umum.Â
Dari perspektif bisnis, expert speaker juga dapat diundang sebagai bagian dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang bermanfaat bagi masyarakat atau untuk memenuhi kebutuhan pemasaran strategis perusahaan.
Terlebih lagi, reputasi expert speaker juga bisa menambahkan kredibilitas dan legitimasi lebih tidak hanya terhadap keseluruhan acara, tetapi juga kepada pembicara-pembicara lain yang diundang dan para audiens yang hadir.
Topik Apa yang Sering Diangkat oleh Expert Speaker?
Kesehatan Mental dan Keberagaman
Stigma tentang kesehatan mental sudah mulai memudar semenjak terjadinya kemajuan teknologi, perubahan pola hidup, dan makin banyaknya penelitian terhadap topik satu ini.
Dilansir dari Forbes, sejumlah besar organisasi telah mendatangkan expert speaker yang bisa berbicara tentang kesehatan mental, baik di lingkup perusahaan maupun akademik, terutama untuk mengatasi tanda-tanda depresi, kecemasan, dan burnout.
Keberagaman dalam dunia kerja juga kini menjadi bagian penting dari tanggung jawab perusahaan, sehingga sejumlah keynote presentation berfokus pada praktik perekrutan dan program-program internal yang bisa mengakomodasi keberagaman di antara jajaran pegawai.
Green Economy
Dalam Webinar Green Economy Forum 2023 yang diselenggarakan Selasa (06/06) kemarin, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melihat kesadaran masyarakat terhadap ancaman perubahan iklim menjadi kesempatan negara untuk melakukan transformasi ekonomi.
Mulai dari penerapan energi baru terbarukan, pemberhentian penggunaan energi fosil, dan proses manufaktur yang lebih ramah lingkungan mulai dikampanyekan di berbagai sektor industri. Maka, layak jika green economy menjadi salah satu topik keynote presentation yang sangat populer dibicarakan akhir-akhir ini.
Bisnis Digital dan Penggunaan Teknologi
Baik Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sependapat bahwa industri kreasi dan inovasi menjadi unsur utama bangkitnya ekonomi nasional pasca-pandemi, dengan kontribusi sebesar 7.4% terhadap total PDB nasional.
Kebutuhan pekerja di bidang teknologi digital juga kian meningkat, membuat topik ini menjadi salah satu hal yang sering diangkat oleh expert speaker. Hasil riset McKinsey menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan 9 juta pekerja tambahan di sektor teknologi digital.
Expert speaker, yang berperan untuk memberikan edukasi, informasi, dan motivasi, bisa menjadi jawaban atas masalah ini dengan mendorong audiens agar mengasah kemampuan di bidang teknologi digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H