Mohon tunggu...
Askpert.id
Askpert.id Mohon Tunggu... Lainnya - Expert Network

The first expert network in Indonesia. Providing answers beyond numbers, and bridging institutions with curated domestic experts.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Market Survey: Kembangkan Bisnis dengan Memahami Kebutuhan Konsumen

15 Mei 2023   13:49 Diperbarui: 27 Juni 2023   10:56 1284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa Itu Market Survey?

Market survey, atau survei pasar, adalah proses meneliti dan menganalisis kebutuhan pasar akan barang atau jasa tertentu. Dengan melakukan market survey, perusahaan bisa mendapatkan umpan balik secara langsung dari target konsumen untuk memahami sifat, keinginan, dan kebutuhan mereka.

Ada empat tujuan dasar untuk survei pasar, menurut QuestionPro.com.

  1. Mendapatkan feedback penting dari pelanggan

  2. Mengenali kapasitas konsumen untuk membeli barang

  3. Meningkatkan produk dan layanan yang sudah ada

  4. Menghasilkan keputusan bisnis yang tepat

Berdasarkan tujuan market survey mereka, perusahaan dapat menggunakan beberapa jenis cara yang berbeda untuk mengumpulkan data.

Misalnya, survei online akan lebih menguntungkan saat Anda ingin menentukan buyer persona atau melakukan evaluasi customer service. Namun, jika Anda memerlukan analisis terhadap perusahaan rival atau penilaian akan fitur baru, maka Anda perlu membuat strategi yang berbeda.

Manfaat Market Survey Bagi Keberlangsungan Bisnis

Menurut Harvard Business Review, market survey diperlukan untuk membantu pemilik bisnis membuat rencana pemasaran terbaik yang memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, tren pasar, dan pola pembelian, perusahaan bisa menentukan item, harga, promosi, dan taktik distribusi yang sesuai.

Market survey, berbeda dengan focus group discussion atau interview, memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan feedback spesifik dalam skala besar. Selain itu, Anda dapat dengan cepat mengambil kesimpulan praktis karena datanya lebih mudah dikelola.

Namun tentu saja, market survey bukanlah solusi yang bisa berdiri sendiri. Anda bisa menggunakannya bersama focus group discussion, studi lapangan, observasi, dan analisis pasar. Dengan begitu, Anda bisa memahami target pasar dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih tepat.

Ada sejumlah kesalahan yang sering perusahaan lakukan saat membuat pertanyaan survei. Misalnya, salah memilih ukuran sampel dan audiens, melakukan analisis yang kurang tepat, dan membuat pertanyaan survei yang terlalu ambigu.

Oleh karena itu, apa pun jenis market survey yang Anda pilih, sangat penting untuk melakukan perencanaan dengan baik sebelum mendistribusikan survei Anda. Lakukan tes pengujian di internal perusahaan Anda dan perbaiki kekurangan yang bisa ditemukan setelahnya.

Layanan Market Survey di Indonesia Yang Patut Dicoba!

Ketika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang diinginkan pelanggan dari Anda, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Alhasil, Anda dapat memperkirakan keuntungan yang bisa Anda peroleh dan mengubah anggaran serta rencana bisnis Anda sesuai keperluan.

Sayangnya, Anda mungkin tidak paham mengenai istilah-istilah pemasaran seperti segmentasi konsumen atau buyer persona dan percaya bahwa melakukan market survey secara menyeluruh akan terlalu menantang bagi perusahaan Anda. 

Dalam situasi ini, melakukan outsourcing tim market survey Anda mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada membuang-buang waktu melakukan penelitian yang tidak sempurna.

Berikut adalah beberapa agensi terkemuka di Indonesia yang bisa memberi Anda pengalaman market survey terbaik:

  1. Askpert.id

Askpert, jaringan expert pertama di Indonesia, bisa memberi Anda data kuantitatif yang dapat dipercaya untuk mendukung bisnis Anda. Askpert juga menawarkan solusi competitor analysis sehingga Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pesaing bisnis Anda dan posisi Anda di pasar. 

Ada pula tambahan pilihan layanan seperti brand awareness analysis, uji tuntas investasi, strategi penetrasi pasar, dan focus group discussion dengan profesional dan ahli-ahli terkemuka di industri Anda.

Dengan market survey lokal di Askpert.id, Anda bisa mendapatkan data terpercaya tentang beragam topik dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, baik konsumen maupun pemilik usaha. Tidak hanya secara online, Askpert.id juga melakukan market survey dengan menemui responden secara langsung. Sebagai contoh, Askpert.id pernah melakukan penelitian secara langsung mengenai pengelolaan pembukuan oleh 35 pemilik warung di Indonesia.

  1. DEKA Marketing Research

DEKA, sebuah lembaga riset pemasaran independen, melakukan berbagai jenis penelitian melalui  metode kualitatif dan kuantitatif. Mereka dapat membantu Anda meninjau rencana pemasaran dan rekomendasi berbasis data, terutama untuk akuisisi pelanggan, revitalisasi brand, dan pengoptimalan harga.

  1. Populix

Populix, sebuah perusahaan penyedia layanan consumer insights, menawarkan platform di mana bisnis bisa terhubung dengan responden berskala besar di Indonesia. Melalui Populix, perusahaan bisa menyebarkan survei mereka dan mengumpulkan responden yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan atau membeli dataset dan laporan yang sudah disediakan Populix.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun