Kementerian Pariwisata akan menggebraak dunia dengan promosi wisata melalui  instagram. Sekarang ini melalui Generasi Pesona Indonesia  berhasil menciptakan tujuh destinasi wisata digital (digital tourism). Sekarang ini sudah ada tujuh tempat pasar yang sudah terkenal di media sosial dan sering dipamerkan di aplikasi Instagram.Hal ini  mendorong digital tourism yang menarik untuk difoto terutama sasarannya untuk anak-anak muda kalangan millineal. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika menjadi keynote speaker seminar bertajuk Digitalizing Wonderful Indonesia yang diselenggarakan IndoTelko - berkenaan dengan perayaan HUT keenamnya  di Balai Kartini, Jakarta, 14 Desember 2017.
Menurut Arief semua pelaku usaha sektor pariwisata harus bisa memenuhi kebutuhan turis millennial agar cepat dipromosi. Tidak hanya lokasi wisata, di bidang  kuliner pun  harus menarik supaya bagus  diunduh ke dalam instagram. Kalau paket wisata digital merupakan salah satu langkah untuk mendongkrak potensi pariwisata Indonesia, sekaligus menjawab tantangan perkembangan zaman saat ini.  Paket wisata digital 100 tempat destinasi Indonesia yang indah dan fotogenik.
Karena itu Arief menghimbau kepada anak millineal yang sedang berwisata untuk segera mengunggah lokasi wisatanya di Indonesia agar menjadi viral. Hampir setiap hari hastag #pesonaindonesia menjadi viral di instagram. Semakin banyaknya turis yang berwisata untuk narsis di media sosial akan membuat Kementerian Pariwisata memantau dan  mengembangkan paket wisata digital yang ramai di instagram.
Arief  menyerahkan  semua perkembangannya digital tourism  kepada para anak muda yang akan menciptakan destnasi tersebut. Kids zaman now hampir 70 persen aktif di media sosial. Pelaku wisata pun sekarang juga semakin instagramable dengan mengunggah lokasi wisata dari sisi yang bagus supaya banyak mendapat like dan comment "Saya cukup percaya diri, anak muda tidak usah disuruh dia berbuat sendiri, memfasilitas jalan sendiri," papar Arief.
Kementerian Pariwisata mendorong wisata digital (digital tourism) untuk mempercepat promosi. Dari hasil riset Generasi Pesona Indonesia didapatkan tujuh pasar tradisional sebagai destinasi digital tourism. Tujuh pasar tersebut dinilai digital tourism karena sering dipamerkan di Instagram. Karena itu Arief mendorong para pengusaha sektor wisata bisa membuat destinasi bagi generasi muda (millennial) yang indah untuk di foto.
Tujuh  pasar yang sudah instagramable adalah:
1. Pasar Pancingan Lombok
2. Pasar Mangrove Batam/Kepri
3. Pasar Karetan Kendal/Semarang
4. Pasar Siti Nurbaya Padang
5. Pasar Tahura Lampung
6. Pasar Kaki Langit Yogyakarta
7. Pasar Baba Boen Tjit Palembang
Karena hal tesebut tiket.com sebagai perusahaan penyedia jasa tiket kereta api dan pesawat  mengembangkan jasa digital mobile karena  hampir 70 persen pelanggannya memakai mobile dan tidak memakai laptop dan komputer lagi. Untuk membantu suksesnya program Wonderful Pesona Indonesia,  BRI juga meluncurkan kartu BRI brizzi yang bergambar lokasi wisata yang indah di Indonesia dan ada tulisan Wonderful Pesona Indonesia di kartunya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H