Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Layanan BII Maybank2u  Satu Rekening,  Satu Aplikasi

16 September 2015   15:45 Diperbarui: 17 September 2015   15:54 1408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perbankan dalam genggaman, itulah motto dari layanan perbankan BII  Mobile Banking  berbasis internet yang dapat diakses melalui aplikasi  ponsel pintar atau telepon genggam yang standar. Di era globalisasi seperti sekarang dimana  ponsel pintar menjadi andalan bisnis dan jaringan internet menjadi sebuah kebutuhan pokok yang wajib diakses semua masyarakat. Hampir semua bisnis sekarang ini bergantung pada jaringan internet dan hampir semua penduduk Indonesia memiliki telepon genggam. BII tahu masih banyak penduduk Indonesia yang memakai telepon genggam standar. Sehingga bentuk aplikasi dipermudah. "Kini Ponsel Standar pun bisa Mobile Banking," itulah judul brosur cara petunjuk penggunaan UMB Banking yang diterima penulis pada acara peluncuran BII Maybank2u.

Tidak hanya bisnis online,  industri perbankan pun, harus pintar berinovasi mencari peluang di antara pengguna telepon genggam yang tumbuh pesat di tanah air. Para perbankan mencari berbagai cara   dalam menawarkan inovasi terbaru berupa mobile banking untuk memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi melalui ponsel pintar. BII dengan berani menawarkan dengan modal telepon genggam sederhana atau standar pun bisa melakukan mobile banking.

Karena hal tersebut, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII)  Maybank2u  meluncurkan aplikasi mobile banking, Senin, 14 September  2015 lalu. Aplikasi yang diberi nama BII Maybank2u tersebut merupakan aplikasi mobile banking yang berbasis internet dalam platform Android dan iOS (Apple). Aplikasi ini akan memudahkan nasabah BII dalam melakukan transaksi perbankan apa saja dan di mana saja, asal ada jaringan internet semua transaski perbankan bisa diakses. Akses ini sangat berguna bagi masyarakat Indonesia yang sering berpergian ke daerah terpencil atau orang sibuk yang tidak ada waktu untuk datang ke kantor cabang.

Foto: Para pembicara diskusi panel memberikan keterangan keuntungan pemakaian  BII Maybank2u

Peluncuran tersebut melibatkan 50 orang Kompasianer dan sejumlah wartawan yang diundang pada acara Kompasiana Coverage BII Maybank2u dengan tema “Mobile Banking Landscape & the New BII Mobile Banking”, yang diadakan di  Midtown Jakarta Bistro & Lounge,  Jakarta Selatan.

“Mobile banking menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk meninggalkan kegiatan perbankan melalui cara konvensional, yakni datang kekantor cabang,” ujar Stefanus Willy Sukianto, Head ,WM, Segmen Strategy dan E-Channel BII.

Mobile banking menjadi sebuah solusi yang tepat untuk meningkatkan aktifitas perbankan masyarakat yang lebih hemat waktu dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun entah siang atau keadaan darurat di tengah malam. Dari sisi perbankan, kehadiran mobile banking, dapat membantu efisiensi perusahaan dari segi biaya, tanpa mengurahi efektifitas dalam menjangkau nasabahnya. Juga mendekatkan nasabahnya secara invidual dengan BII.

Fitur unggulannya sangat banyak yaitu:

  • Informasi promo BII, lokasi BII ATM, dan kantor cabang BII terdekat
  • Keamanan berlapis dengan fitur berupa security image dan image phrase
  • Satu aplikasi untuk mengakses semua rekening tabungan, giro deposito, kartu kredit, KPR dan KTA.
  • Transfer dana melalui RTGS, SKN dan realtime online
  • Informasi mutasi rekening hingga 3 bulan terakhir
  • Satu user ID untuk BII Internet Banking dan BII Maybank2u App.
  • Menggunakan TAC (SMS token) bebas biaya sehingga tidak perlu menggunakan token fisik.
  • Fitur future date dan recurring transaction untuk transfer dana, dimana dapat melalukan transfer ulang secara otomatis
  • Informasi kurs valuta asing dan kalkulator pinjaman KPR. 

BII Maybank2u benar-benar  memiliki perbankan dalam genggaman dengan hanya memanfaatkan jaringan internet melalui ponsel pintar. Nasabah tidak perlu khawatir soal keamanan rekeningnya. Karena BII Maybank2u juga sangat menjaga keamanan nasabah dengan menggunakan Transaction Authorization Code (TAC), yaitu pengaman transaksi finansial berupa kode konfirmasi yang selalu berganti setiap transaksi dan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel nasabah. Sehingga sangat terjaga keamanannya.  Aplikasi ini juga didukung keamanan berlapis yang dilengkapi fitur security image dan security phrase.

Foto: Struktur menu BII UMB banking sangat mudah diakses (sumber foto: brosur BII)

Dengan kehadiran mobile banking BII Maybank2u tersebut, maka BII berharap akan lebih besar lagi jumlah nasabah yang menggunakan jaringan internet.Hingga tahun 2015 mobile banking BII memiliki 320.000 pengguna, yang menggunakan platform USSD (unstructured supplementary service data) Menu Browser (UMB), dan sms banking.

Menurut data yang dihimpun World Bank Group dalam ‘The Little Data Book on Financial Inclusion’ tahun 2015, terdapat sebesar 177,7 juta masyarakat Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas. Sayangnya dari jumlah 177,7 juta ini, hanya 36,1% saja atau sekitar 64,15 juta masyarakat yang memiliki akun di bank atau tercatat sebagai nasabah bank.

Angka nasabah perbankan Indonesia  terbilang rendah jika dibandingkan penetrasi rekening bank Malaysia yang mencapai 80,7% dari 22 juta orang berusia 15 tahun ke atas, Singapura yang mencapai 96,4% dari 4,5 juta orang berusia 15 tahun ke atas, serta Thailand yang mencapai 78,1% dari 54,8 juta orang berusia 15 tahun ke atas.

Dari angka tersebut jelas tertangkap kondisi anggota nasabah yang memliki rekening  bank di Indonesia meski populasinya besar, namun belum semua orang memiliki akses terhadap kegiatan perbankan. Tetapi untuk menjangkau nasabah potensial  di seluruh pelosok nusantara, dibutuhkan investasi yang cukup besar. Inilah salah satu halangan untuk mempercepat penetrasi rekening bank di Indonesia. Pengalaman penulis yang pernah traveling di Pulau Flores sangat susah mencari ATM bank. Hanya ada di ibukota kabupaten ada ATM bank swasta sehingga layanan mobile banking memang sangat dibutuhkan bagi penduduk Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok nusantara ini.

Kenaikan pertumbuhan dan perkembangan pengguna internet sangat luar biasa dalam beberapa tahun ini. Bahkan, prediksi untuk tahun 2016 pada pengguna internet akan mencapai 102 juta orang.

Fitur yang  mudah diakses dan mampu mendukung gaya hidup nasabah, seperti fitur personalisasi yang memberikan kebebasan  untuk mengubah tampilan aplikasi. Satu rekening,satu apikasi  benar-benar  bisa diunduh dengan mudah. Ketika penulis mencoba mengakses sangatlah gampang. Silahkan klik  http://www.bii.co.id/promo/Documents/ebanking/rmbp/index.html?utm_source=biihomebanner#fitur

Untuk itu, bagi nasabah yang ingin mengakses BII Maybank2u, dapat langsung melakukan registrasi di ATM atau kunjungi  cabang BII terdekat untuk melakukan registrasi BII internet banking. Lebih mudahnya, unduh atau download  aplikasi mobile banking (m-banking) berbasis internet dalam Google Play Store dan iOS (Apple) tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Untuk memudahkan nasabah bertransaksi, BII Maybank2u pun menyediakan akses layanan transaksi berupa:

  • Pembayan tagihan telepon berlangganan Telkomsel, Indosat, XL, PSN, Telkom, Esia
  • Pembelian Pulsa Isi Ulang Telkomsel, Indosat, XL, Three, Esia
  • Layanan pembayaran PAM, Telkom., Speedy, AETRA
  • Pembayaran zakat dan donasi di Bazis Zakat, Dompet Dhuafa dll
  • Pembayaran TV Kabel Indovison, First Media, Aora TV
  • Pembayaran Kartu Kredit BII, HSBC, BNI, Citibank, ANZ, Permata bank, Danamon, UOB Indonesia, Bukopin, Panin, Amex, MNC bank, Bumiputera
  • Pembayaran tagihan ISP (Internet) yaitu CBN, Indosat Net, Centrin Net
  • Pembayaran Cicilan KTA HSBC, ANZ, BII Finace, OTO Mobil, OTO Motor, Citibank Personal Loan
  • Pembayaran tagihan Asuransi Prudential, Sinarmas Life, Asuransi AIA, ADIRA,dan Axa Financial
  • Semua transaksi tersebut akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan nasabah dan bentuk tambahan layanan BII.

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) mentargetkan pertumbuhan pengguna mobile banking pada 2016 sebesar 15% seiring dengan peluncuran aplikasi mobile banking (m-banking ) BII Maybank2u berbasis internet dalam platform Android dan iOS (Apple).  Aplikasi BII Maybank2u merupakan bentuk konsistensi investasi di bidang Informasi Teknologi  yang sahamnya 78,9 persen dimiliki oleh dua anak perusahaan Malayan Banking Berhad (Maybank) Malaysia.

Foto: Para wartawan dan Kompasianer antusias mengikuti acara peluncuran BII Maybank2u

Hingga September 2015, jumlah pengguna mobile banking sebanyak 350.000 nasabah. ”Animo masyarakat sekarang ini adalah menggunakan transaksi di mobile banking sebab kemudahan dan aksesnya yang besar. Maka dari itu, dengan adanya peluncuran ini diharapkan pengguna bisa tumbuh15% tahun depan,”  tambah Stefanus.Dia mengungkapkan, dari 350.000 pengguna mobile banking, sekitar 80% transaksi melalui elektronik channel (salah satunya mobile banking ), sedangkan 20% melakukan transaksi di kantor cabang.

Melalui BII Maybank2u, nasabah juga dapat mengirimkan dana melalui jaringan ATM Bersama, Prima, dan ALTO secara real time online. Selain itu,  nasabah juga dapat mengakses informasi mutasi rekening hingga tiga bulan terakhir dan mengetahui informasi kurs valuta asing serta melakukan simulasi pinjaman KPR.

Prosesi peluncuran Maybank2u dihadiri oleh Direktur Perbankan Ritel PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Lani Darmawan; Liablities Head BII Hevi Angweita; Head WM, Segment Strategy & E-Channel BII Stefanus Willy Sukianto dan Head Business Planning & Performance Management BII Gusnawan Tjan 

Dengan fitur baru ini bagi nasabah yang ingin mendapatkan informasi mengenai lokasi ATM atau kantor cabang terdekat tinggal mengklik petunjuk di dalamnya. Bahkan, untuk sekadar mencari tempat yang sedang diskon atau nyaman untuk berkumpul bersama pun bisa dideteksi. Saat ini, banyak nasabah yang memikirkan keamanannya dalam bertransaksi.

Perihal sisi keamanan, Head Business Planning Dan Performance Management BII, Gusnawan Tjan, menjamin keamanannya karena  BII Maybank2u menggunakan TAC (transaction authorization code), yakni, diberikan kode delapan digit yang selalu berganti setiap melakukan transaksi dan dikirim melalui SMS ke nomor pengguna.

“Semakin banyaknya penjahat memang memberikan kekhawatiran kepada nasabah. Tetapi, nasabah tidak perlu risau, karena, masuk dalam fitur ini sudah dilengkapi dengan fitur security image dan security phrase. Pilihan gambar dan kalimat yang Anda tentukan sendiri, jadi  jika tidak sesuai Anda tidak perlu meneruskan transaksi karena mungkin itu penipuan,” ujar Gusnawan.

Penyediaan layanan BII  tidak lepas dari peran BII sebagai bank perintis di bidang eektronik. BII merupakan bank pertama yang menyediakan layanan internet banking pada tahun 1998. Perkembangan pelayanan BII mulai dari USSD, SMS Banking dan pada tahun 2011 BII meluncurkan BII Mobile Banking dengan platform terkini (internet banking) dan tahun 2013 BII meluncurkan BII Mobile Banking berbasis SMS dengan metode enskripsi.

BII merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan 425 kantor cabang, 1.524 ATM, di seluruh Indonesia dan terkoneksi dengan 20.000 ATM jaringan ATM Prima, Bersama, ALTO, CIRRUS dan jaringan MEPS di Malaysia serta 3.500 ATM Maybank di Malaysia dan Singapura. BII memiliki kantor di luar negeri di Mauritiud dan Mumbai. Per 30 Juni 2014, BII mengelola simpnanan nasabah sebesar Rp 105,9 trilyun dan aset Rp 144,9 trilyun. BII tercatat di Bursa Efek Indonesia dan aktif di sektor Perbankan, Bisnis, Ritel dan Global.

 Moderator pada acara panel diskusi yaitu Fintech Association & CEO Cekaja.com,  John Patrick. Pembicara utama panel diskusi adalah:  Senior Director Taylor Nelson Sofres (TNS) Indonesia Hansal Savla;  Head of Consumer Strategy, Wealth Management, Segment Strategy & e-Channel BII Stefanus Willy Sukianto;  Head of e-Channel BII Gusnawan Tjan;  Chief Marketing Officer Global Digital Prima Venture Danny Oei Wirianto dan Head of Innovation Maybank Amran Hassan.

Hansal Savla pada acara ini  memperlihatkan,  data hasil riset TNS periode 2014 terhadap responden usia 16 – 65 tahun dari delapan kota besar Indonesia. Ia juga mengungkapkan fakta bahwa sebagian besar masyarakat tanah air mengakses internet melalui perangkat mobile, entah itu smartphone maupun tablet.   

Danny Oei Wirianto juga  menunjukkan fakta banyak anak muda sekarang yang sudah tidak pernah berkunjung ke kantor cabang bank lagi. Mereka langsung complain bila ada masalah dengan telepon langsung atau melalui email. “Surat pembaca sudah tidak laku lagi bagi anak muda yang ingin complain produk,” tambah Danny.

Untuk kenyamanan nasabah berkomunikasi, BII Maybank2u juga terhubung dengan media sosial Twitter @biifriends https://twitter.com/biifriends  dan Facebook @BII Friends, bisa diakses https://www.facebook.com/biifriends?fref=ts, serta youtube  https://www.youtube.com/watch?v=10W9MgnMjMA yang menggambarkan satu rekening dalam satu aplikasi.

Acara peluncuran ini sangat ramai karena dihadiri oleh banyak wartawan dan Kompasianer sehingga ruangan terasa penuh. Banyak hadiah bagi yang hadir berupa door price telepon genggam, voucher belanja,  Live Tweet Competition dan Photo Competition yang diadakan saat acara berlangsung dengan narsis dengan spanduk BII yang ada di ruangan. Semua tamu yang datang mendapat cindera mata berupa boneka beruang putih.

Foto : Penulis ikut juga acara Lomba Photo Competition, sayang gak dapat hadiah

Yang paling menarik semua fasilitas BII Maybank2u bebas biaya registrasi dan administrasi. Biaya hanya dikenakan untuk jenis transaksi tertentu yaitu RTGS, kliring, kiriman uang dalam valuta asing. Ayo segera mendaftar menjadi nasabah BII Maybank2u bagi yang belum memiliki rekening di BII.

 

Sumber tulisan lain:  http://www.bii.co.id/Pages/Home.aspx

Foto: semua koleksi pribadi dan sumber foto dari brosur BII

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun