Mohon tunggu...
Asila Rahma
Asila Rahma Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Semangat belajarr ngejar sarjana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Pikiran Anak

18 November 2024   20:58 Diperbarui: 20 November 2024   00:26 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
POTRET SISW/I SD AL ASHRIYAH SEDANG BELAJAR

Teori Kognitif Jean Piaget: Memahami Perkembangan Pikiran Anak

Jean Piaget merupakan salah satu tokoh terkemuka dalam psikologi perkembangan, khususnya yang berkaitan dengan perkembangan kognitif anak. Teori kognitif Piaget telah memberikan kontribusi besar dalam memahami bagaimana anak-anak berpikir, belajar, dan memahami dunia di sekitar mereka. Teori ini menekankan bahwa anak-anak bukanlah individu yang pasif dalam menerima informasi, melainkan pembelajar aktif yang secara dinamis membangun pemahaman mereka.

Tahapan Perkembangan Kognitif

Piaget mengajukan bahwa perkembangan kognitif berlangsung dalam empat tahap utama, yang masing-masing memiliki karakteristik dan tantangan unik:

  • Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Pada tahap ini, bayi belajar tentang dunia melalui indera dan tindakan fisik. Pemahaman mereka tentang lingkungan dibangun melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan objek. Salah satu pencapaian penting dalam tahap ini adalah pengembangan "permanensi objek," yaitu pemahaman bahwa objek terus ada meskipun tidak terlihat.


  • Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Dalam tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir simbolis. Mereka mulai menggunakan kata-kata dan gambar untuk merepresentasikan objek dan pengalaman. Namun, pemikiran mereka cenderung egosentris, artinya mereka sulit memahami pandangan orang lain. Anak-anak dalam tahap ini belum sepenuhnya memahami konsep logis seperti konservasi dan reversibilitas.


  • Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak-anak mulai berpikir lebih logis tentang peristiwa konkret. Mereka dapat memahami konsep konservasi dan mulai berpikir secara sistematis tentang objek dan peristiwa yang nyata. Namun, mereka masih menghadapi kesulitan dalam memikirkan konsep yang sepenuhnya abstrak.

  • Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas): Pada tahap ini, individu mulai berpikir secara abstrak dan hipotetis. Mereka dapat memikirkan skenario yang tidak langsung dialami dan mempertimbangkan kemungkinan yang berbeda. Ini adalah tahap di mana kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang kompleks berkembang pesat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun