Matematika adalah pelajaran wajib, setiap tingkatan pasti ada pelajaran matematika, yaitu mulai dari SD, SMP, dan SMA.Â
Maka dari itu, pembelajaran matematika sangat penting untuk dipelajari karena setiap bidang ilmu apapun matematika akan digunakan seperti fisika dan kimia.Â
Matematika juga secara sadar atau tidak sadar sering kita gunakan pada kehidupan sehari-hari seperti pada proses jual beli, kecepatan dan lain-lain.
Matematika sering kali dianggap pelajaran yang menakutkan oleh sebagian besar siswa. Selama ini matematika cendrung dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membuat siswa menjadi pusing. Sulit atau tidak sebenarnya tergantung bagaimana cara pandang dan penilaian diri kita sendiri.Â
Hanya saja, selama ini matematika sudah dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit karena pengalaman yang tidak menyenangkan ketika belajar matematika. Sehingga dari pandangan satu siswa bisa menularkan pada siswa-siswa lainnya.
Baca juga : Akhir Sebuah Permainan Ludo Talent Online
Maka untuk merubah mindset siswa tentang matematika penulis membuat sebuat permaianan yang dapat meciptakan suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan.Â
Permaianan ini menggunakan alat dan permaianan berbasis android yaitu, permaianan ludo dan permainan spin. Diharapkan permaianan ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika.
Spin adalah permaianan yang ada di smartphone yang mudah untuk di unduh, dalam permainan spin kategorinya dapat di ubah pilihannya. kategori yang digunakan saat ini adalah menggunakan materi aritmatika sosial.Â
Seperti pada pembelajaran kali ini, siswa dapat menggunakannya yaitu dengan cara memutar lingkaran spin yang ada di smartphone sehingga siswa akan mendapatkan materi soal yang akan dijawab.
Spin tersebut berisi angka 1 sampai 6 dan dari setiap angka tersebut terdapat materi atau sub-sub materi matematika yang akan dipelajari sehingga dengan seperti ini siswa harus memahami materi yang akan dibahas agar dapat menjawab pertanyaan tersebut.
Kemudian Permainan Ludo. Ludo sering dimainkan oleh anak-anak, ludo merupakan permainan yang terdapat pada  android dan ada juga yang menggunkan kertas.
Baca juga : Bikin Belajar Matematika Lebih Asyik Sambil Bermain "Ludo"
Ludo adalah permaianan yang sering dimainkan oleh 2 atau 4 orang lebih. Jika salah satu dari orang tersebut sudah mencapai finish maka orang tersebut menang.
Dalam permainan ludo untuk menentukan berapakah langkah jalan untuk mencapai finish itu sesuai kocokan yang digunanakan dengan mengocok dadu yang angkanya dari 1 sampai 6.
Tetapi, Ludo disini adalah permainan matematika yang digunakan agar proses pembelajaran tidak menegangkan. Ludo merupakan alat untuk proses jalannya hasil perhitungan soal yang telah di dapat pada permianan spin.Â
Dengan perminan ludo tersebut diharapkan siswa dapat menyukai matematika dan agar siswa dapat memahami pembelajaran yang dilakukan.
Pada permaianan spin kita masukan nama- nama sub materi yang ada pada materi aritmatika sosial yang berjumlah 6 sub materi yaitu, harga jual dan beli, keuntungan dan kerugian, presentase untung dan rugi, rabat, bruto, netto dan tara, besar pajak, dan besar bunga tunggal.
Jadi, disetiap sub-sub materi diberi angka 1-6 sebagai langkah yang harus dijalankan pada permainan ludo. Kemudian siapkan 6 wadah sub-sub materi yang berisikan soal-soal mengenai sub-sub materi tersebut.Â
Siapkan pula papan ludo dan pion (anak ludo) yang terbuat dari styrofoam dan kertas karton kemudian di gambar hingga menyerupai permainan ludo.
Permainan ini menggunakan metode berkelompok, jadi siswa dapat berdiskusi dengan temannya dan membahas soal yang didapat. Setelah itu, setiap perwakilan kelompok memutar spin secara bergantian dan tunggu spin tersebut berhenti pada sub materi yang diperoleh.
Baca juga : LUDO, Menceriakan Keluargaku!
Misal salah satu siswa perwakilan kelompok mendapatkan sub materi untung dan rugi dengan pergerakan 2 langkah, maka siswa tersebut mengambil salah satu soal yang sudah disediakan di dalam wadah nomer 2.
Kemudian kelompok tersebut bisa berdiskusi mengenai jawaban yang harus diselesiakan. Jika kelompok tersebut bisa menjawab soal maka boleh menggerakakn pion sebanyak 2 langkah tetapi jika kelompok tersebut tidak dapat menjawab soal tersebut maka tidak dapat menggerakkan pionnya. Seperti itu sampai salah satu dari kelompok mencapai finish.
Permaianan ini sistem penilaiannya adalah seberapa banyak langkah yang di gerkanan maka kelompok tersebut menang. Sehingga jika siswa dari setiap kelompok ingin menjadi pemenang harus banyak-banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan pada sub-sub materi tersebut dengan benar.
Dengan hal ini diharapkan permaianan ini dapat mendorong minat siswa untuk terus belajar matematika dan untuk membuat suasana pembelajaran matematika menyenangkan serta bersemangat.
Menurut Mayke mengatakan bahwa belajar dengan bermain memberikan kesempatan pada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri, bereksplorasi, mempraktekkan dan mendapatkan bermacam- macam konsep serta pengertian yang tak terkira banyaknya dan disinilah proses pembelajaran terjadi.
Jadi, bermaian sambil berlajar membuat siswa menjadi terkesan dan mengingat setiap pembelajaran yang pernah dilakukannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H