Mohon tunggu...
Muhammad Zulkarnain Ashya Hifa
Muhammad Zulkarnain Ashya Hifa Mohon Tunggu... Lainnya - Karyawan Swasta Salah Satu PTS Di Kabupaten Ponorogo

Mencoba kembali menemukan passion di dunia tulis-menulis, sebuah hobby yang sebelumnya sempat digeluti namun "ditelantarkan" karena harus fokus dengan rutinitas pekerjaan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Primordialisme dalam Berorganisasi, Perlukah?

28 Februari 2023   09:34 Diperbarui: 28 Februari 2023   09:49 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sempat pesimis ketika membuka "lot" tema yang harus dibahas pada Majalah Matahati Edisi: Musyda ini. Ibarat kata -Untung tak dapat diraih-Malang tak dapat ditolak, pokok bahasan yang cukup menantang tidak hanya karena masih sempitnya pemaknaan penulis melainkan juga (mungkin) kurang lazim jika dibahas pada media terbitan Lazismu Ponorogo yang masih sebatas difungsikan sebagai media komunikasi antara Lembaga dan Donatur sekaligus penyampaian laporan penghimpunan dan tasyaruf program. 

Ditambah lagi, istilah "Primordialisme" pengaplikasiannya cukup langka (rare) untuk dikonsumsi sebagai bahan diskusi harian. Bagaimanapun, konteks yang melatarbelakangi dipilihnya pembahasan istilah ini menjadi sangat penting dan tidak dapat dipisahkan begitu saja.

Secara etimologi "Primordil atau Primodialisme" berasal dari Bahasa Latin yang terdiri dari 2 suku kata primus yang berarti pertama dan ordiri yang berarti tenunan atau ikatan. (Sumber Wikipedia). 

Sedangkan menurut KBBI Primordialisme diartikan sebagai keteguhan sikap tentang pandangan (faham) terhadap sesuatu yang dibawa sejak kecil meliputi tradisi (tradition), adat istiadat (cultures), kepercayaan (beliefs) serta segala sesuatu yang telah didapatkan sejak dalam lingkungan pertama mereka.

Beberapa penjabaran di atas senada dengan pendapat Stephen K Sanderson yang menempatkan  Primordialisme sebagai pandangan atau faham bahwa identitas etnis adalah sesuatu hal yang melekat pada individu sehingga sulit dihilangkan atau dihapus. Ikatan inilah yang terbukti menjadi salah satu motif kuat dari gerakan angkat senjata para pejuang kemerdekaan Negara kita. 

Merasa senasip sepenanggungan, memiliki cita-cita sama sehingga para penjajah kemudian menjadi common enemy (musuh bersama). Berbanding terbalik, semangat Primordialisme yang berlebihan dan tidak terkontrol dituding melatarbelakangi terjadinya insiden berdarah Genosida (pembantaian besar-besaran dan sistemik) 800.000 orang Suku Tutsi dan Hutu Moderat oleh Sekolompok Ekstrimis Hutu tahun 1994  di Rwanda sebuah Negara Terpadat di Afrika Tengah.      

Ibarat bom waktu, Primordialisme yang membabi buta dapat kapan saja disulut oleh aktor-aktor tidak bertanggung jawab. Endingnya tentu menimbulkan banyak kerugian bahkan sampai dengan hilangnya nyawa. Pengaruh negatif dari sikap primordial yang berlebihan akan memunculkan pribadi dengan watak diskriminatif, membuka kemungkinan konflik horizontal, menganggu bahkan menghambat hubungan antar kelompok. 

Bentuk diskriminatif dan cenderung menganggap yang bukan dari kelompoknya adalah "musuh bersama" akan menjadi hambatan pada upaya membangun sebuah bangsa. 

Beragamnya suku, budaya, adat, maupun agama di Negeri ini adalah jawaban pasti jika sikap primordial berlebihan justru akan mengikis semangat Nasionalisme yang selama ini tumbuh subur dibingkai dengan Kebhinekaan. 

Primordialisme yang terarah memang mampu melahirkan semangat Patriotisme. Sebuah semangat yang akan mampu menghilangkan perbedaan tanpa mempermasalahkan jika yang terbaik terlahir dari kelompok minoritas sekalipun.      

Menurut Koentjaraningrat dalam Moeis (1993), sikap Primordialisme memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan bermasyarakat. Dampak positif primordialisme meliputi; meneguhkan perasaan cinta tanah air, mempertinggi kesetiaan terhadap bangsa, meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme, dan menjaga keutuhan dan kestabilan budaya. 

Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah mengganggu kelangsungan hidup suatu bangsa, menghambat modernisasi dan proses pembangunan, dan merusak integrasi internasional.

Dalam skala lebih kecil, pengelolaan organisasi yang kental dengan sikap blind primordial akan menimbulkan kompetisi yang tidak sehat. Setiap anggota organisasi hanya akan berdialog dengan personil lain yang dianggapnya lebih memiliki kesamaan latarbelakang, sementara dipastikan akan ada kelompok mayoritas dan minoritas, junior dan senior, terdepan dan tersisih. Sebuah penggambaran teruk (parah) ini langsung akan terlihat diikuti dengan tatanan lembaga yang acak adul. Memang yang berlebihan itu seringkali tidak baik, pergunakan secukupnya saja. Khoirul umuuri ausathuuhaa..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun