Mohon tunggu...
Ashlah Syukriya
Ashlah Syukriya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Program Studi Administrasi Bisnis STIAMAK Barunawati Surabaya

In life, no matter who is loved or hated. Because the important thing is that God loves you🌈

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar STIAMAK_Ashlah Syukriya

25 Oktober 2020   11:21 Diperbarui: 21 Februari 2021   23:16 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tanggal 22 september 2020, diadakan acara webinar ORIENTASI KAMPUS & PKKMB STIAMAK 2020 dengan tema "OPTIMISME PENDIDIKAN DAN KARIER BISNIS MARITIM PASCA COVID-19". Webinar tersebut diadakan secara daring pada pukul 09.00 WIB. Dalam webinar ini terdapat beberapa narasumber yaitu :

1. Edi Priyanto, S.KM.MM (Direktur SDM PT. PELINDO III) 

2. Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi. Msc (Direktur Utama Pendidikan Maritim dan Logistis Indonesia / IPC Learning & Consulting )

3. Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA (Kepala LLDIKTI WIL VII JATIM) 

4. Dr. Nugroho Dwi Priyohadi , M.Sc (Ketua STIAMAK).

MATERI I

- Transformasi digital adalah mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan.

-Revolusi industri - 1 : pada abad 18 mesin uap yang digunakan untuk menggerakkan industri (mekanasi).

   Revolusi industri - 2 : pada abad 19 tenaga listrik mengubah industri (elektrifikasi).

   Revolusi industri - 3 : pada abad 20 berpikir secara otomatis yaitu seperti komputer (otomasi).

   Revolusi industri – 4 : pada abad 21 sistem cerdas seperti robot (otonomi).

   Revolusi industri kali ini lebih komperehensif dan masuk ke dalam semua aspek kehidupan kita.

- Learning skill :

    1. Critical thinking (berpikir kritis) : memperbanyak baca dan diskusi

   2. Creativity (kreatifitas)

   3. Collaboration (kolaborasi) : mampu bekerja sama dengan baik dan bergaul dengan teman teman untuk memperbanyak diskusi

   4. Communication (komunikasi) : perlu belajar bahasa asing dan belajar untuk presentasi

- Literacy skills :

   1. Information

   2. Media

   3. Technology

- Life skills :

   1. Flexibility

   2. Leadership

   3. Intiative

   4. Productivity

   5. Social

- Framing yaitu apa yang kita baca atau dengar belum tentu fakta, karena hanya dilihat dari satu sisi. Jadi kita harus hati-hati dan harus berpikir kritis.

- PROSES PENDIDIKAN :

   Adalah kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan.

   KURIKULER (70%-90%) ->> MATA KULIAH ->> KELAS : KLASIKAL/MBKM ->> HARD–SOFT SKILLS

   KO-KURIKULER (10%-20%) -?>> KEGITAN PENUNJANG MK ->>  SEMINAR SEJENIS ->> HARD SOFT-SKILLS

   EKSTRAKURIKULER (20%-30%) ->> KEGIATAN MINAT BAKAT ->> UKM/ORGANISASI LOMBA ->> SOFT-HARD SKILLS

- Magang/Praktek kerja :

   • Program ditunjukan bagi seluruh mahasiswa indonesia untuk mempersiapkan employability.

   • Kegiatan magang di BUMN, Perusahaan/yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup).

   • Min 6 bulan (1 semester) atau setara 20 SKS dan dapat di ambil sebanyak 2 semester atau setara 40 SKS.

   • Wajib di bimbing oleh seorang dosen.

- 8 contoh kegiatan pembelajaran :

   • Pertukaran pelajar

   • Magang / Praktik kerja

   • Asistensi mengajar di satuan pendidikan

   • Penelitian / Riset

   • Proyek kemanusiaan

   • Kegiatan wirausaha

   • Studi / Proyek independen

   • Membangun desa / kuliah kerja nyata tematik

- Permendikbud Nomer 3 Tahun 2020 tentang Standart Nasioanal Pendidikan Tinggi.

   Perguruan tinngi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela (dapat di ambil atau tidak) :

  • Dapat mengmbil SKS di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semester (setara dengan 20 sks).

  • Dapat mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 semester (setara dengan 40 SKS).


MATERI II

- Hard skills : keterampilan dimana aturan tetap sama terlepas dari keadaan atau orang yag bekerja dengan kita. Aturan hard skill biasanya sudah ditetapkan oleh perusahaan

- Soft skills : keterampilan dimana perubahan aturan tergantung pada budaya perusahaan dan orang-orang yang bekerja dengan anda. Soft skill lebih menitikberatkan kepada karakter atau pribadi seseorang.

KEBUTUHAN SOFT SKILL DI DUNIA KERJA SAAT INI :

     Didalam persaingan seperti sekarang, kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki profesionalisme dan manajerial skill yang berbasis kemampuan sudah merupakan tuntutan. Terleebih di dunia kerja sekarang banyak di pengaruhi perubahan pasar ekonomi dan teknologi.

     Tenaga kerja yang memiliki kecerdasan emosional (Emotional Quatient) sangat mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut disamping kecerdasan intelektual.

INTRA-PERSOSAL SKILL:

1. Manajemen setress

2. Manajemen waktu

3. Berfikir kreatif

4. Bertanggung jawab

5. Bersikap jujur

6. Berprilaku adil

INTER-PERSONAL SKILL:

1. Kemampuan memotifasi

2. Kemampuan bekerjasama

3. Kemampuan negoesasi

4. Kemampuan komunikasi

5. Kemampuan beradaptasi

- TANTANGAN :

   1. Complex : adanya gangguan dan kekacauan yang mengelilingi setiap organisasi

   2. Ambigous : ketidakjelasan realitas dari berbagai kondisi yang ada

   3. Volatile : dinamika perubahan yang sangat cepat

   4. Uncertain : kurangnya prediktibilitas terhadap isu dan peristiwa yang terjadi

- Menghadapi Tantangan :

   1. Technological innovation : inovasi teknologi

   2. An agent of change in culture : agen perubahan dalam budaya

   3. Installing multitasking abilities : menanamkan kemampuan multitasking

   4. Ability to understand the need of business : kemampuan untuk memahami kebutuhan bisnis

   5. Learning agility : mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat

   6. Mental agility : mampu bertahan dalam kondisi apapun

   7. Change agiliy : mampu beradaptasi dengan perubahan apapun

   8. People agility : mampu bekerja sama dengan siapapun

   9. Result agilty : mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun

- Kuliah Efektif di Masa Pandemi :

   •Kondisikan seperti belajar di kampus

   •Manajemen waktu

   •Belajar dengan serius

   •Bersosialisasi

   •Istirahat cukup

-INOVASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI

  • Cetak nota online
  • Penambahan cctv
  • Pembayaran host to host
  • Booking online semua jasa
  • Penyampaian keluhan online
  • Meeting online untuk seluruh terminal
  • Electronic proucurement
  • Vendor administration and payment

MATERI III

SEGMEN BISNIS PELINDO III

VISI

  • Menjadi smart Operator berskala Dunia

BUDAYA

  • “AHKLAK” Amanah, Harmonis, Kompetitif , Loyal, Adaptif, Kolaborarif

MISI

  • Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder
  • Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunaan jasa layanan bisnis di pelabuhan melalui digitalitas denganp rinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG)
  • Menciptkan solusi bisnis yang cerdas melalui integrase dan kerjasama dengan mitra strategi
  • Membangun dan memperluas jaringanbisnis domestic dan internasional.

- Jasa kepelabuhanan dan Jasa terkait kepelabuhanan

  • Jasa kepelabuhanan
  • Jasa kapal : Jasa pandu,jasa tunda,jasa kepil dan jasa tambat
  • Jasa barang : Jasa dermaga,jasa penumpukan (CY dan gudang), bongkar/muat,car terminal dan roro
  • Jasa penumpang : Pas penumpang dan barang bawaan penumpang

- Jasa terkait pelabuhan

  • Jasa penumpang limbah
  • Depo petikemas
  • Pergudangan
  • Pengisian air tawar
  • Penyediaan perkantoran
  • Maintenance kantie

- ONE STOP SERVICES JASA KEPELABUHAN

  • ONLINE BOOKING : Pengajuan layanan kapal (tambat,pandu,tunda). Bongkar muat cargo & petikemas hingga layanan depo petikemas.
  • ONLINE MEETING : Pelayanan perencanaan kapal dan barang dapat dilakukan tampa tatap muka namun melalui portal IBS
  • SELF SERVICE ACTIVITY : Realtime track & trace kegiatan kepelabuhanan, cetak nota hingga pendaftaran pelanggan baru secara mandiri
  • ONLINE COSTUMER CARE 24/7 : Keluhan dapat disamoaikan secara online atau menggunakan hotline keluhan pelanggan

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajemen di STIAMAK Barunawati Surabaya. Jika ada yang berkenan memberikan masukan, kritik, saya akan senang hati. Mari kita belajar tanpa henti. (25.10.2020/Stiamak_Ashlah Syukriya).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun