Mohon tunggu...
Asfassofiy
Asfassofiy Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya Asfassofiy Al-Mubarok, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum yang mempunyai ketertarikan terhadap isu isu manusia dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital dengan target Gen Z

25 Desember 2024   10:34 Diperbarui: 25 Desember 2024   10:40 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pendahuluan

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam era digitalisasi UMKM tentunya juga menghadapi tantangan dan peluang baru dalam pemasaran, hadirnya Generasi Z sebagai pelaku konsumen akan membuat persaingan dalam pemasaran UMKM. Generasi Z yang tumbuh dengan teknologi digital memiliki peran strategis dalam mendukung transformasi UMKM. Generasi Z yang lahir pada tahun 1977-2012(Abraham Anugrah S., 2024) tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya contohnya seperti, familiar dengan teknologi digital dan media sosial, kreatif dan inovatif, beradaptasi dengan cepat akan keadaan (Alison Eldridge, 2024). Karakteristik ini menjadikan asset penting dalam strategi pemasaran UMKM, baik sebagai pelaku yang mengelola usaha maupu konsumen yang menjadi target pasar

Perilaku Generasi Z

Generasi Z dikenal dengan kritis dan terinformasi dikarenakan hidup ditengah Tengah era digitalisasi oleh karena itu mereka cenderung melakukan penelitian mendalam tentang produk sebelum melakukan penjualan, mengandalkan ulasan serta rekomendasi dari influencer. Oleh karena itu mereka cenderung melakukan pemasaran melalui kolaborasi dengan influencer, melakukan konten yang autentik dan menarik di platform media sosial(Syifa Lestarini Ramdhani, 2024).

            Pemasaran UMKM di Era Digital tentunya berbeda dengan era-era sebelumnya hal ini dikarenakan sudah terdapat kemajuan diberbagai bidang. Gen Z  telah melakukan berbagai strategi yang diadopsi salah satunya adalah Digital branding. Digital branding  sendiri merupakan hasil dari Gambaran yang dimiliki suatu produk tertentu yang ingin dipromosikan secara online (Ardhana et al., 2023),  

Dalam pemasaran UMKM, strategi yang efektif bagi Gen Z adalah yang terrkait dengan dunia media sosial dan visual dikarenakan sangat penting untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing contohnya sebagai berikut

1. E-Commerce dan Marketplace

Generasi Z melakukan saluran distribusi yang efektif dibeberapa Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Tiktokshop, Blibli. Mereka mengelola deskripsi produk, meningkatkan peringkat melalui promosi dan diskon. Generasi Z memiliki keahlian dalam memanfaatkan berbagai fitur dijejaring internet seperti Google Analytics dengan memahami perilaku konsumen, menentukan produk yang paling diminati.

2. Desain yang menarik

Tentunya dalam era digital ini yang paling menonjol adalah masalah visual desain untuk menarik perhatian para pembeli khususnya Gen Z. Dengan menerapkan desain yang menarik dan mudah dinavigasi di platform e-commerce dan marketplace.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Dengan adanya influencer Marketing ini untuk memberikan ulasan yang relevan dengan produk terkait serta untuk mepromosikan produk dan meningkatkan branding dari produk tersebut agar selalu di perbincangkan.

4. Konten Marketing

Para pelaku UMKM harus bisa membuat konten yang sedang viral atau berkualitas agar mendorong konten yang informatif dan menarik seperti membuat konten di media sosial, iklan online, broadcast whatsapp, infografis.

REFERENSI

Abraham Anugrah S. (2024, January 18). Panduan Strategi Marketing Untuk Target Pasar Gen Z, Optimalkan Cuan di Era Digital! https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/panduan-strategi-marketing-untuk-target-pasar-gen-z-optimalkan-cuan-di-era-digital

Alison Eldridge. (2024, December 20). Gen Z | Years, Age Range, Meaning, & Characteristics | Britannica. https://www.britannica.com/topic/Generation-Z

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D., & Hidayati, L. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 144–159. https://doi.org/10.57119/abdimas.v2i2.75

Syifa Lestarini Ramdhani. (2024, December 9). Dampak Influencer terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Media Sosial. https://www.kompasiana.com/syifalestariniramdhani6294/6756597d34777c7335121372/dampak-influencer-terhadap-keputusan-pembelian-generasi-z-di-media-sosial

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun