Mohon tunggu...
ASEP NURDIN TOHA
ASEP NURDIN TOHA Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah Kota Bekasi

Penulis , Asep Nurdin Toha, S. Pd SD , Kepala Sekolah , Kota Bekasi Aktif :Guru Penggerak , Pengajar Praktik , Kelompok Kerja guru, Organisasi PGRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ringkasan Modul 1.2 (Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak)

7 November 2023   19:20 Diperbarui: 7 November 2023   19:55 7684
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok modul kementrian pendiidkan 

“Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan,dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya,dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kitayang akan datang.”~ Ki Hajar Dewantara

Capaian Umum

Capaian Umum Modul 1.2 

Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:

(1) mengartikulasikan nilai-nilai bersama dari Guru Penggerak (GP) dalam membangun identitas nasional dan memberdayakan komunitasnya.

(2) memahami dan menunjukkan kesediaan untuk mempraktikkan peran-peran GP.

(3) menerapkan prinsip-prinsip pengembangan dalam menggerakkan komunitas.

Capaian Khusus Modul 1.2 

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:

Merumuskan nilai-nilai diri yang selaras dengan upaya penumbuhan murid merdeka.

Membuat rencana perubahan diri yang akan mendukung penguatan nilai dan peran mereka sebagai guru penggerak,

Menginternalisasi nilai-nilai diri dan perannya sebagai guru penggerak untuk mewujudkan komunitas pembelajar sepanjang hayat yang positif dan merdeka.

Mulai dari diri -- 1JP 

CGP akan diminta untuk mengisi kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan dapat mengungkapkan nilai-nilai diri mereka sendiri.

Eksplorasi konsep - 3JP 

(1) Belajar mandiri: CGP mengakses materi mengenai trapesium usia, diagram gunung es dan eskalator kerja otak untuk memahami posisi nilai nilai diri dalam proses tumbuhnya karakter seseorang dalam suatu lingkungan.

(2) Diskusi virtual bersama instruktur: CGP melakukan kegiatan asosiasi bebas (CGP akan mengasosiasikan sebuah kata dengan emosi yang dirasakannya saat membaca kata tersebut). Kemudian mereka mendiskusikan beragam emosi yang dirasakan oleh CGP saat mengerjakan kuesioner, hubungannya dengan konteks peristiwa yang muncul dalam memori CGP, dan kaitannya dengan pendidikan. Setelah itu, CGP mengeksplorasi secara singkat cara kerja otak untuk memelajari bagaimana manusia tergerak bergerak-dan menggerakkan.

(3) CGP membuat refleksi tertulis menggunakan template 4P: Peristiwa

(Facts), Perasaan (Feelings), Pembelajaran (Findings), Penerapan ke depan (Future).

Ruang Kolaborasi -- 3JP 

(1) CGP berbagi tugas membaca artikel dalam kelompok kolaborasi

(kelompok kecil) menggunakan strategi belajar kooperatif

(2) CGP berkolaborasi untuk membuat poin-poin kesimpulan tentang bagaimana pemahaman guru mengenai motivasi intrinsik dapat menguatkan upaya penumbuhan murid merdeka di sekolah.

(3) CGP membuat presentasi (maksimum 8 slides) tentang rencana mini program 

CGP terlebih dahulu menyimak materi-materi berikut bersama-sama kelompoknya

Bersama kelompok kolaborasi, CGP kemudian mendesain sebuah mini program yang bertujuan utama untuk menumbuhkan motivasi intrinsik murid dalam menerima fakta perbedaan dan keberagaman di tengah masyarakat agar tali persatuan diIndonesia semakin kuat.

Refleksi Terbimbing -- 1JP 

Membahas pertanyaan bersama fasilitator: "Menurut Anda, nilai-nilai apa sajakah yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret untuk melestarikannya dalam diri Anda sebagai Guru Penggerak mulai dari sekarang?"

Demonstrasi Kontekstual -- 2JP 

Membuat secara mandiri materi komunikasi nilai-nilai yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret yang perlu dilestarikan pada diri Guru Penggerak dalam salah satu bentuk berikut: teks puisi yang dibacakan atau syair lagu yang dinyanyikan.

Elaborasi Pemahaman -- 2JP 

(1) Menyimak materi bacaan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah dari Kementerian.

(2) mendiskusikan peran-peran Guru Penggerak bersama fasilitator.

(3) Menunjukkan pemahaman akan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak dalam membangun budaya belajar segenap komunitas yang ada di sekolah sebagai satu-kesatuan upaya penumbuhan murid merdeka, melalui media rekaman monolog, paparan infografis, paparan salindia (slide presentasi), atau metafora.

Koneksi Antar Materi -- 1JP 

(1) Menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini maupun materi lain di luar modul ini demi penumbuhan murid merdeka di sekolahnya.

(2) Membuat perkiraan dampak bagi murid-murid atas pilihan perubahan yang CGP rencanakan.

Aksi Nyata -- 1JP 

Membuat portofolio eksekusi rencana perubahan di bagian sebelumnya

(Pembelajaran 7 Koneksi Antar Materi):

Mendokumentasikan segala proses dan pencapaian rencana

perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai bagian dari upaya penumbuhan murid merdeka di

sekolahnya (bobot 25%).

Membuat tips agar rencana eksekusi berjalan baik (bobot 20%)

Membuat refleksi atas proses dan pencapaian rencana eksekusi (bobot 30%)

Membuat rencana perbaikan (bobot 25%)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun