Mohon tunggu...
asep halimurosid
asep halimurosid Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Agama Islam SDN Hegarmanah Kec. Cugenang Kab. Cianjur

Asep Halimurosid, S. Ag., M. Pd akrab dipanggil “aa” atau “Asep halie” ini Lahir 16 Juli 1979, di Kampung Warung Seuseupan Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Anak Pertama dari dua bersaudara yang merupakan buah kasih sayang dari pasangan suami istri H. M. Ocid Rosidi dengan Hj. Yeyen Holisoh. Adinda bernama M. Dede Harun Arrosyid. Menikah dengan Vhiena Octaviani dan ananda Reyhan Azriel Zabran. Penulis menempuh pendidikan formal Tk Al I’anah Cianjur melanjutkan di SDN Sukamanah 1 Cianjur lulus tahun 1991, SMP Negeri 1 Cianjur lulus Tahun 1994, SMA Negeri 1 Cianjur lulus 1997. Pendidikan Tinggi di STAI Al Musaddadiyah Garut Fakultas Tarbiyah (PAI) Lulus tahun 2001 selama menempuh S1, S2 di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung dan mengambil program (S2) Bidang Study Pendidikan Agama Islam lulus tahun 2021.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Coaching dan Supervisi Akademik

25 Agustus 2024   18:09 Diperbarui: 25 Agustus 2024   18:09 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 2.3

COACHING DAN SUPERVISI AKADEMIK 

Dengan menggabungkan coaching dan supervisi akademik, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional guru secara berkelanjutan sekaligus memastikan kualitas pembelajaran yang optimal bagi siswa.

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Bapak ibu guru hebat.

Saya akan menceritakan tentang hasil refleksi saya mengenai modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik yang sudah saya pelajari. Saya merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F/4P. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerpan saya dari modul 2.3 ini. Berikut hasil refleksi saya yang tertuang pada model refleksi 4F/4P.

1. Facts/Peristiwa

Kegiatan Modul 2.3 diawali dengan aktivitas berselancar di LMS yang disebut "Mulai dari Diri". Alur ini dimulai dengan menjawab lima pertanyaan reflektif mengenai kegiatan observasi atau supervisi yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Setelah itu, saya menjawab dua pertanyaan yang menanyakan harapan saya terhadap Modul 2.3 ini.

Tahapan selanjutnya adalah eksplorasi konsep, di mana saya mengeksplorasi sendiri materi mengenai coaching. Eksplorasi konsep ini terdiri dari empat bagian, di mana setiap bagian memuat beberapa kotak dan video yang saya pelajari. Pada bagian terakhir, saya berdiskusi dengan rekan Calon Guru Penggerak (CGP) lain untuk menyampaikan pendapat tentang keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik.

Setelah eksplorasi konsep, saya mengikuti ruang kolaborasi pertama bersama fasilitator, di mana saya mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang coaching. Kemudian, saya dibagi ke dalam kelompok untuk latihan coaching. Dalam ruang kolaborasi selanjutnya, saya dan rekan-rekan CGP melakukan simulasi coaching secara bergantian melalui Gmeet.

Berikutnya, saya memasuki tahap demonstrasi kontekstual dengan melakukan simulasi coaching bersama dua rekan CGP lainnya. Simulasi ini melibatkan rotasi peran antara coach, coachee, dan observer, dilakukan melalui Gmeet dan direkam untuk diunggah ke LMS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun