Mohon tunggu...
asa nadia
asa nadia Mohon Tunggu... Mahasiswa - communication student

masih belajar nulis sambil minum teh.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

SEO dan SEM dalam Digital Marketing

6 Oktober 2021   11:06 Diperbarui: 6 Oktober 2021   11:46 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: vectorstock.com/33652038

Dalam mengoptimalisasi strategi marketing, SEO dan SEM merupakan dua hal yang berperan penting dalam mengupayakan agar konten menduduki peringkat atas pada mesin pencarian. Meskipun keduanya memiliki peran yang sama penting, namun SEO dan SEM memiliki pola yang berbeda.  

SEO VS SEM 

SEO 

SEO (Search Engine Optimize) merupakan upaya mengoptimasi konten maupun website untuk mendapatkan peringkat atas pada search engine result. 

Kata kunci menjadi fungsi dasar dari SEO dalam optimalisasi pencarian ketika seseorang menggunakan kata kunci tertentu. Dengan demikian pemilihan kata kunci memainkan peran utama. 

SEO berfungsi meningkatkan traffic organic memaksimalkan pencarian dengan dana yang lebih rendah. Judul juga memiliki peran penting mengoptimalkan SEO. Hal ini akan membantu pengguna dan search engine mengklasifikasikan konten yang dicari. 

SEM

SEM (Search Engine Marketing) merupakan teknik dalam digital marketing yang bertujuan meningkatkan kunjungan website atau menggunakan iklan (Ads) pada search engine. 

Dengan demikian SEM menggunakan Google Ads dengan pemasangan iklan yang diharuskan membayar setiap kali klik oleh visitors atau yang disebut dengan Pay Per Click (PPC). 

SEM merupakan implementasi dari semua langkah pemasaran yang dilakukan perusahaan di search engine untuk meningkatkan layanan produk dalam persepsi pelanggan. Sehingga hasil SEM lebih tepat sasaran. 

SEO sebenarnya merupakan bagian dari komponen SEM itu sendiri. 

Terdapat dua tipe SEO yang digunakan untuk mengoptimalkan pencarian hasil yang dituju, yaitu : 

SEO ON PAGE 

SEO On Page adalah mengoptimalkan konten pada halaman website yang berfokus pada cara membuat konten yang SEO- friendly seperti meliputi pemilihan gambar dan keterangan yang baik. 

Menurut buku The SEO Book : The Way to Nr 1 oleh Ebner dan Granitza, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan SEO On Page : 

1. Permalink

Permalink merupakan gabungan dari permanen dan hyperlink yang berfungsi sebagai alat penting dalam mengoptimalisasikan search engine yang menguntungkan bagi user melalui pencarian kata kunci dalam website. 

Permalink adalah alamat URL yang diberikan untuk halaman website. Contohnya adalah www.dogfood.com/permalink

2. Title Tag

Judul memainkan peran penting dalam SEO On Page dalam kombinasi meta-deskripsi yang mewakili pertama kali users dalam melihat laman web. Terdapat empat poin penting membuat judul yang baik : 

  • Panjang judul maksimal 70 karakter.
  • Judul yang baik akan memberikan nilai tambah bagi users dan mendorong untuk berkunjung ke situs. 
  • Setiap URL memiliki judul.
  • Terdapat kata kunci utama.

3. Meta Description

Deskripsi meta merupakan elemen HTML yang mendeskripsikan dan merangkul konten halaman, sehingga menguntungkan users dan mesin pencarian.

4. Headings

Judul memainkan peran penting dalam struktur konten. Penulis harus berhati-hati dalam memasukkan kata kunci yang relevan pada judul. Hal ini untuk mempermudah users dalam menemukan judul yang tepat dengan kata kunci yang diingkan. 

5. Text / Content 

Konten yang menarik dan unik akan mengoptimalkan SEO. Teks dan konten yang dibuat lebih baik terus diperbaharui. 

6. ALT Attributs & Images

Gambar yang berada di laman web memiliki ALT Attributs, sehingga memudahkan pencarian ALT akan muncul pada gambar yang tidak dapat ditemukan. 

7. Internal Link

Internal Link merupakan hal yang penting dalam penentuan peringkat algoritma pada search engine. 

8. Pagespeed

Pagespeed merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat konten/web. 

SEO OFF PAGE 

SEO Off Page merupakan mengoptimalkan laman web dari luar dan lebih berfokus pada eksternal. SEO off page membuat website-mu memiliki kredibilitas tinggi pada peringkat atas pencarian. Menjangkau lebih luas dengan memasukkan konten serupa pada laman web yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun