Dalam mengoptimalisasi strategi marketing, SEO dan SEM merupakan dua hal yang berperan penting dalam mengupayakan agar konten menduduki peringkat atas pada mesin pencarian. Meskipun keduanya memiliki peran yang sama penting, namun SEO dan SEM memiliki pola yang berbeda. Â
SEO VS SEMÂ
SEOÂ
SEO (Search Engine Optimize) merupakan upaya mengoptimasi konten maupun website untuk mendapatkan peringkat atas pada search engine result.Â
Kata kunci menjadi fungsi dasar dari SEO dalam optimalisasi pencarian ketika seseorang menggunakan kata kunci tertentu. Dengan demikian pemilihan kata kunci memainkan peran utama.Â
SEO berfungsi meningkatkan traffic organic memaksimalkan pencarian dengan dana yang lebih rendah. Judul juga memiliki peran penting mengoptimalkan SEO. Hal ini akan membantu pengguna dan search engine mengklasifikasikan konten yang dicari.Â
SEM
SEM (Search Engine Marketing) merupakan teknik dalam digital marketing yang bertujuan meningkatkan kunjungan website atau menggunakan iklan (Ads) pada search engine.Â
Dengan demikian SEM menggunakan Google Ads dengan pemasangan iklan yang diharuskan membayar setiap kali klik oleh visitors atau yang disebut dengan Pay Per Click (PPC).Â
SEM merupakan implementasi dari semua langkah pemasaran yang dilakukan perusahaan di search engine untuk meningkatkan layanan produk dalam persepsi pelanggan. Sehingga hasil SEM lebih tepat sasaran.Â
SEO sebenarnya merupakan bagian dari komponen SEM itu sendiri.Â
Terdapat dua tipe SEO yang digunakan untuk mengoptimalkan pencarian hasil yang dituju, yaitu :Â
SEO ON PAGEÂ
SEO On Page adalah mengoptimalkan konten pada halaman website yang berfokus pada cara membuat konten yang SEO- friendly seperti meliputi pemilihan gambar dan keterangan yang baik.Â
Menurut buku The SEO Book : The Way to Nr 1Â oleh Ebner dan Granitza, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan SEOÂ On Page :Â
1. Permalink
Permalink merupakan gabungan dari permanen dan hyperlink yang berfungsi sebagai alat penting dalam mengoptimalisasikan search engine yang menguntungkan bagi user melalui pencarian kata kunci dalam website.Â
Permalink adalah alamat URL yang diberikan untuk halaman website. Contohnya adalah www.dogfood.com/permalink
2. Title Tag
Judul memainkan peran penting dalam SEO On Page dalam kombinasi meta-deskripsi yang mewakili pertama kali users dalam melihat laman web. Terdapat empat poin penting membuat judul yang baik :Â
- Panjang judul maksimal 70 karakter.
- Judul yang baik akan memberikan nilai tambah bagi users dan mendorong untuk berkunjung ke situs.Â
- Setiap URL memiliki judul.
- Terdapat kata kunci utama.
3. Meta Description
Deskripsi meta merupakan elemen HTML yang mendeskripsikan dan merangkul konten halaman, sehingga menguntungkan users dan mesin pencarian.
4. Headings
Judul memainkan peran penting dalam struktur konten. Penulis harus berhati-hati dalam memasukkan kata kunci yang relevan pada judul. Hal ini untuk mempermudah users dalam menemukan judul yang tepat dengan kata kunci yang diingkan.Â
5. Text / ContentÂ
Konten yang menarik dan unik akan mengoptimalkan SEO. Teks dan konten yang dibuat lebih baik terus diperbaharui.Â
6. ALT Attributs & Images
Gambar yang berada di laman web memiliki ALT Attributs, sehingga memudahkan pencarian ALT akan muncul pada gambar yang tidak dapat ditemukan.Â
7. Internal Link
Internal Link merupakan hal yang penting dalam penentuan peringkat algoritma pada search engine.Â
8. Pagespeed
Pagespeed merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat konten/web.Â
SEO OFF PAGEÂ
SEO Off Page merupakan mengoptimalkan laman web dari luar dan lebih berfokus pada eksternal. SEO off page membuat website-mu memiliki kredibilitas tinggi pada peringkat atas pencarian. Menjangkau lebih luas dengan memasukkan konten serupa pada laman web yang berbeda.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI