Mohon tunggu...
Ryo Wibowo
Ryo Wibowo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Promosi di Instagram: 3 Tips Sederhana

10 Februari 2016   07:34 Diperbarui: 10 Februari 2016   08:02 900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa yang tidak kenal dengan instagram, social media yang pada bulan oktober 2014 lalu diakuisisi oleh Facebook dengan nilai sebesar 1 miliar US dollar ini ternyata cukup memiliki banyak pengguna Di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh TNS, yang merupakan perusahaan riset dan analisis dari Inggris. Indonesia merupakan negara pengguna Instagram ketiga terbesar di dunia.

Selain itu, TNS juga merilis data menarik mengenai pengguna Instagram Di Indonesia :

– 97 % pengguna instagram memiliki kecenderungan yang besar untuk selalu menuliskan komentar dan menandai teman-teman mereka di dalam komentarnya.

– 97 % pengguna Instagram di Indonesia menggunakan fitur pencari di Instagram untuk mencari informasi yang lebih detail.

– 89 % pengguna Instagram terbanyak di Indonesia di tanah air berusia 18 sampai 34 tahun.

– 63 % pengguna Instagram di Indonesia bergender perempuan.

– 85 % pengguna Instagram di Indonesia cenderung untuk sharing posting Instagram di akun mereka ke media sosial lain seperti Facebook.

– 45 % pengguna di Indonesia umumnya berpotensi tinggi untuk bertransaksi produk-produk yang mereka temui di Instagram.

Hal-hal diatas merupakan beberapa alasan mengapa Instagram mungkin merupakan platform media sosial yang cocok untuk anda gunakan sebagai media promosi produk atau layanan bisnis milik anda.

Dan berikut merupakan beberapa tips sederhana cara promosi di Instagram :

Cara Promosi di instagram #1 : Optimalkan Profil Instagram Bisnis Anda
Pertama kali yang akan dilihat oleh user instagram saat akan mem-follow akun instagram bisnis anda adalah tampilan profilnya. Optimalkan kredibilitas profil instagram anda dengan memberikan keterangan yang singkat mengenai bisnis anda.

Jangan lupa untuk menyertakan gambar profile yang mewakili entitas brand bisnis anda, berikut kontak email , telepon hingga link website bisnis anda.

Note: disarankan agar jangan menggunakan hashtag pada bio profil akun instagram anda, karena hashtag tersebut tidak bisa di klik sehingga hanya akan membuang space di profil instagram anda.

Cara Promosi Di Instagram #2 :Strategi Dan Kualitas Posting
Anda tidak harus melulu melakukan posting mengenai produk atau jasa anda.  Selipkan juga secara rutin gambar humor atau kata-kata bijak dalam rutinitas status harian di instagram bisnis anda.

Tunjukan bahwa customer yang mem-follow akun instagram bisnis anda merasa diistimewakan dengan dapat melihat produk/jasa yang anda jual dalam kemasan yang berbeda seperti “behind the scene” menunjukan kelebihan produk yang dijual secara visual, aktivitas persiapan di belakang layar jasa yang anda jual hingga  peluncuran produk pertama yang diumumkan lewat instagram. Intinya buat follower instagram bisnis anda “merasa diistimewakan”.

Selain itu Instagram memiliki fitur untuk menampilkan video dalam durasi sekitar 15 detik ( lebih lama apabila dibandingkan dengan twitter yang hanya 6.5 detik ). Dalam 1 minggu sekali tidak ada salahnya anda coba memposting video unik terkait produk atau layanan bisnis anda.

Cara Promosi Di Instagram #3 : Memperbanyak Follower
Secara rutin follow user instagram yang memiliki potensi ketertarikan terhadap produk atau layanan bisnis yang anda miliki. Kemudian dalam rentang waktu 1 bulan sekali dapat anda analisa, dan evaluasi user mana saja yang kembali memfollow back akun anda, berikan ucapkan terima kasih atau bahkan special gift untuk memberikan rasa apresiasi yang tinggi.

Buat list user Instagram yang anda targetkan sebagai follower, bisa berdasarkan faktor area, hobi, profesi ataupun user Instagram yang mem- follow akun Instagram competitor anda. Faktor-faktor diatas tentunya memiliki keterkaitan terhadap produk atau layanan bisnis anda berikut mempertimbangkan aktif atau tidak nya akun tersebut.

Selain itu anda dapat mengkoneksikan akun Instagram anda ke Facebook. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah benefit tersendiri, misalnya anda dapat memposting status Di Facebook via Instagram, sehingga user Facebook potensial yang lebih aktif di instagram berpotensi untuk memfollow akun Instagram bisnis anda.

Selain hal di atas, mengadakan kuis dan kontes di instagram merupakan salah satu cara terbaik untuk mengenalkan brand bisnis anda dan juga untuk meningkatkan jumlah follower akun anda. Kontes tersebut bisa anda integrasikan dengan facebook maupun blog anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Semoga bermanfaat ……

 

Sumber gambar : Ryowibowo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun