Keberlimpahan informasi yang tersebar dietalase-etalase situs, membuat kita sebagai konsumen penikmat informasi-informasi semakin mudah menemukan informasi yang ingin dicari, sesuai tipe dan selera. Informasi-informasi yang dijajakan kian hari semakin menarik dan bercorak, dari hal yang tak pernah ada di pikiran sampai pada informasi yang teoritis dan berdalil.Â
Hal demikian juga yang tak henti-hentinya dituturkan oleh pendahulu-pendahulu zaman kita, dimana jika ingin mencari sumber bacaan, refrensi-refrensi, dan lainnya, harus mati-matian bergumul dengan bergunung-gunung buku, menghabiskan waktu nongkrong di perpustakaan-perpustakaan, tak luput pula pantengin info update-an keluaran buku baru toko-toko buku, sebagai refrensi penelitian terakhir terbaru.
Pendek kata, dengan adanya era digital ini, kita semakin terbantu , disupport dalam mengakses informasi-informasi. Informasi bisa kita dapatkan dalam hitungan detik, bahkan, dengan satu tarikan napas saja, OK Google.Â
Sehingga dengan demikian, rasa lapar kita terhadap pengetahuan tertentu, segera dapat terpenuhi. Persoalannya, saking melimpah ruahnya informasi, kita tidak mampu menampung arus pesan-pesan yang disampaikannya, sampai-sampai, kita teringat nasihat guru-guru masa sekolah dasar kita, masuk dari telinga kanan, keluar dari telinga kiri.Â
Masuk dibaca melalui mata, hilang keluar dari mulut. Informasi itu usai, habis dipanggung perbincangan. Jadi, kita butuh alat atau media untuk mencatat atau menyimpan hasil bacaan kita secara aman, tertata, dan bertanda jelas.
Solusi untuk problema ini adalah aplikasi catatan saya, dikembangkan oleh Kreosoft Developer. Ketika pertama kali diinstall, tampilan layar depan pada aplikasi ini menyuguhkan sepuluh menu, yaitu catatan saya tombol, opsi lainya, catatan, berbintang, pengingat, folder, sampah, pengaturan, premium, dan sinkron catatan.Â
Notes, penjelasan cara penggunaan aplikasi catatan saya ini berdasarkan nafigasi menyapu ala tunanetra, hingga untuk pemaparan tampilan tiap menu, kemungkinan berbeda dengan urutan tata letak di layar.
- Membuat catatan
Sebelum ke langkah membuat catatan, kita tinjau dulu pengaturan pada aplikasi ini, didalam pengaturan terdapat banyak menu juga, hanya saja menu-menu yang penting adalah, kunci aplikasi, alamat email keamanan, akun email sinkronisasi, bahasa, tema, warna tema, dan tentang aplikasi.Â
Pada menu kunci aplikasi, tersedia fitur mengunci aplikasi dengan pin dan kata sandi, dan email keamanan berguna untuk mereset sandi jika kita lupa. Dan keunggulan aplikasi ini, tidak memakan penyimpanan ponsel, serta tidak membuat kita ragu bin takut kehilangan file ketika berganti ponsel.Â
Sayangnya, supaya fitur sinkron otomatis aktif, kita harus memasang yang versi premium, tapi stay calm, untuk menyinkronkan semua catatan, cukup dilakukan dengan satu kali klik, dengan menekan tombol sinkronisasi yang berada di menu opsi lainnya atau menu sinkron di layar depan. Aplikasi ini juga, menyediakan Bahasa Indonesia, hal ini tentu mempermudah kita untuk mengeksplornya.
   Untuk membuat catatan, ikuti step by step dibawah ini:
a. Klik menu catatan tombol atau catatan di layar depan aplikasi!
b. Kemudian cari pojok kanan bawah dan tekan dikata-kata floating action button!
c. Silahkan kalian tulis catatannya.
d. Untuk melakukan beberapa pengaturan pada fitur pencatatan, klik opsi lainya, dan jika menu-menunya sudah terbuka, klik lagi menu opsi!
e. Untuk menyimpan catatan, lakukan seperti langkah keempat diatas, tapi cari simpan tombol, atau bisa juga dengan menekan tombol kembali pada hand phone sebanyak dua kali.
Cukup simpel bukan?
- Mengorganisir catatan
- Membuat folder
Kelebihan dari APK ini juga, kita bisa mengelompokan catatan kedalam folder-folder. Kriteria APK catatan yang bertanda jelas masuk difitur ini, hal ini sangat berguna bagi kita yang sibuk tapi tetap ingin membudidayakan budaya baca, agar informasi yang kita konsumsi tidak hilang lenyap begitu saja. Berikut cara untuk mengelola folder:
- Buka menu folder di layar depan!
- Cari menu kelola folder yang berada dibagian bawah dengan nafigasi usap kekanan atau gulir dengan dua jari keatas!
- Setelah jendela kelola folder terbuka, akan muncul beberapa menu penting, seperti nama folder default yang ada, tombol delete di samping setiap nama folder, dan pada bagian atas, ada menu folder baru dan urutkan menurut.
- Jika ingin membuat folder baru, klik menu folder baru, lalu tuliskan nama folder sesuai dengan yang kita inginkan dan langkah terakhirnya klik OK!
- Untuk kembali ke layar depan, langkah cepatnya klik tombol kembali dua kali.
- Untuk berganti antar folder, klik catatan saya tombol. Dan tampilan akan berubah ke deretan nama-nama folder.
Notes, jika catatan sudah dimasukan kedalam folder, kemudian kita ingin ke layar depan aplikasi, tekan catatan saya tombol sebanyak dua kali, dan apabila catatan saya tombol ditekan sekali, maka kita menuju jendela nama-nama folder. Langkah cepatnya, tekan bagian atas layar, lalu sapukan jari kekiri. Karena setelah catatan dikategorikan kedalam folder-folder, tampilan pertama aplikasi catatan saya ini ketika dibuka bukan mengarah ke layar depan, tetapi ke folder terakhir yang kita akses.
      Sementara cara untuk memasukan catatan yang sudah tertulis ke dalam folder adalah sebagai berikut:
- menekan menu catatan saya tombol atau catatan saya!
- Kemudian cari catatan yang ingin dimasukan ke dalam folder. Setelah ketemu lakukan klik, dan tekan edit!
- Langkah terakhir klik folder serta pilih folder tujuan!
- Simpan catatan!
Gampangkan?
- Memberi tanda bintang dan pengingat
Selain kita memerlukan pengelompokan catatan, kita juga butuh memisahkan catatan yang bernilai sangat penting untuk dibaca, misalnya, catatan itu harus kita baca sebagai bahan materi ujian.Â
Untuk menghemat waktu dan semakin memudahkan kita, kita butuh hal itu. Apalagi dalam posisi aplikasi pencatat kita dipenuhi oleh berpuluh-puluh coretan informasi.
 Dan karena kmanjaan yang diberikan gadget terhadap kita, yang dapat membuai diri kita untuk tak diizinkan mengingat hal lain selain dia, atau atas aktifitas kita yang begitu bejibun hingga tak ada secuilpun desiran keinginan datang pada hati kita, juga menjadi kasus luputnya kita terhadap rencana, maka kehadiran pengingat jelas diperlukan. Dan kalian pasti tahu jawabannya, catatan saya memfasilitasi fitur itu.
   Berikut langkah-langkah untuk memberikan bintang pada catatan:
a. Cari catatan yang ingin diberi bintang, dengan menelusuri deretan folder-folder. Caranya sama, tekan catatan saya tombol atau catatan saya!
b. Jika ingin menemukan catatan dengan lebih cepat, klik menu cari dan masukan kata kunci dari catatan yang ingin dibintangi!
c. Setelah catatan yang diinginkan ketemu, lakukan klik satu kali!
d. Kemudian untuk membintangi, klik menu opsi lainnya dan cari bintangi!
F. Untuk menemukan catatan yang dibintangi, kembali ke tampilan layar depan catatan saya.
Notes, langkah ini, untuk membintangi catatan yang sudah disimpan. Sebenarnya, kita dapat membintangi catatan pada tahap menulis catatan, dengan membuka opsi lainnya kemudian cari bintangi, begitu juga dengan fitur tambahkan pengingat, aktifkan opsi lainnya, kemudian pilih tambahkan pengingat.
   Berikut step by step menambahkan pengingat pada catatan:
- Ikuti langkah nomor satu sampai tiga cara membintangi diatas!
- Kemudian untuk menambahkan pengingat, klik opsi lainnya, dan cari tambahkan pengingat!
- Setelah menu tambahkan pengingat terbuka, kita dibawa ke jendela tanggal dan waktu.
- Karena kita ingin menentukan waktu pengingat, maka kita pilih menu waktu. Setelah menu waktu di klik, akan muncul daftar panjang angka-angka  jam, hebatnya juga, waktu pengingat dapat kita setel dengan melakukan input secara manual, input angka jam dan menit.
- Untuk menuju ke menu, menginput jam dan menit, gulir dengan dua jari keatas sampai mentok!
- Lakukan klik pada menu tersebut, dan masukan angka jam dan menit!
- Langkah terakhir, pilih ok!
- Jika kita ingin mengubah tanggal, pada jendela setelah tambahkan pengingat terbuka, pilih tanggal!
- Pada jendela pemilih tanggal ini, terdapat empat menu, hari ini, kemarin, dalam satu minggu, dan pilih tanggal.
- Agar kita lebih bebas memilih, coba kita masuk ke menu pilih tanggal.
- Di sini, kita bebas menentukan, antara tahun bulan dan tanggal, untuk ke menu pilihan tahun, lakukan gulir kebawah, menu pemilihan bulan juga berada dibagian ini, berjajar dengan menu pemilihan tahun.
- Setelah pemilihan dirasa sesuai, tekan ok. Untuk langkah cepatnya, cari tombol ok dibagian bawah pojok kanan.
Pengingat akan ditampilkan sebagai notifikasi. Pop-up, suara, getar, dan lencana icon aplikasi. Jika ingin mengubah aturan pemberitahuan, masuk ke menu pengaturan dan cari pengingat. Pengingat juga mempunyai menu tersendiri, untuk meninjau catatan-catatan yang diberi pengingat, kembali ke layar depan aplikasi dan cari pengingat.
Demikian tutorial sederhana penggunaan aplikasi catatan saya, tentu ada kesalahan, maka penulis meminta untuk dimaafkan, selamat menggunakan, selamat membaca. Salam literasi!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H