Karyawan masa kini sering kali digambarkan berbeda dari pendahulunya: lebih berpendidikan, lebih cenderung mempertanyakan daripada menerima otoritas/ perintah yang diberikan oleh atasan, lebih fokus pada pengembangan karier mereka sendiri daripada kepentingan organisasi, kurang loyal, dan sebagainya. Banyak manajer melihat karakteristik ini dari sudut pandang negatif, dan mengemukakannya sebagai alasan lain mengapa perencanaan dan tinjauan kinerja tidak akan berhasil.
Faktanya, karakteristik ini menjadikan karyawan saat ini, terutama yang disebut pekerja berpengetahuan merupakan sumber daya organisasi yang lebih berharga, dan tentunya lebih mahal daripada pekerja tradisional. Karyawan baru ini menghadirkan tantangan baru bagi manajer, tetapi jika ditangani secara efektif, tantangan ini adalah kunci untuk kinerja individu dan organisasi yang lebih baik. Misalnya, pekerjaan berbasis pengetahuan mungkin melibatkan pekerjaan dengan tingkat pengulangan rendah, dengan seringnya perubahan dalam permintaan dan arah membuat prediksi dan perencanaan menjadi jauh lebih sulit dan tidak pasti.
Perbedaan antara karyawan tradisional dan baru memiliki implikasi lain untuk transisi dari teknik penilaian kinerja tradisional ke pendekatan manajemen kinerja yang lebih holistik:
- Loyalitas dan Komitmen
Bisa dibilang bahwa karyawan lama memiliki loyalitas yang lebih tinggi dibandingkan karyawan baru. karena karyawan tradisional lebih mementingkan keamanan pekerjaannya. Sedangkan karyawan baru lebih berkomitmen pada karir mereka sendiri yang bersedia untuk berpindah tempat kerja untuk mencari peluang pekerjaan yang lebih baik untuk dirinya - Rewards
Karyawan baru cenderung lebih mengharapkan imbalah lebih dari kinerja baik yang dilakukannya, sedangkan karyawan tradisional lebih cenderung menghawatirkan masa kerja nya - Communication and participation
Karyawan baru lebih sering aktif berkomunikasi dan pertisipasi dengan karyawan tradisional dalam hal yang menyangkut pekerjaan mereka. Mereka bersikeras untuk terlibat dalam keputusan yang mempengaruhi mereka dan pekerjaan mereka. - Goals
Karyawan tradisional lebih fokus kepada tujuan jangka panjang, seperti pensiun yang aman. Berbeda dengan karyawan baru yang tumbuh dan berkembang di dunia yang berubah dan cepat, mereka lebih mementingkan tujuan jangan pendek seperti: kepuasan kerja dan penghargaan. - Work
Karyawan baru mencari pekerjaan yang menantang dan menarik yang menawarkan kesempatan untuk menjadi kreatif dan inovatif. Mereka peduli dengan nilai pekerjaan mereka bagi organisasi. Sedangkan Karyawna tradisional menerima pekerjaan yang bersifat rutin dan berulang, dan melihat pekerjaan yang menarik sebagi bonus yang tidak terduga. - Work, family and leisure
Karyawan baru lebih menempatkan keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan. Sedangkan karyawan tradisional puas dengan pekerjaan mereka diatas keluarga dan waktu luang
Semoga bermanfaat
Terimakasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H