Mohon tunggu...
Arya SadhaPratama
Arya SadhaPratama Mohon Tunggu... Seniman - Seniman

Creativity not stop

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Lengkap Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 PB 1-6 Sekolah Dasar

8 Juli 2022   18:45 Diperbarui: 8 Juli 2022   18:46 5900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gimana nih kabarnya broo?semoga sehat selalu yaaaa

Nah,untuk artikel kali ini saya akan melampirkan RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 PB 1-6 Sekolah Dasar,simak baik-baik yaa...

Tetapi jika anda berniat melihat format penulisan dan isinya yang lebih jelas,anda bisa dengan mudah klik link dibawah ini

https://drive.google.com/drive/folders/1mp0L9dRsnODbNrg59ZQczRkHy0HlaeXe?usp=sharing

https://drive.google.com/drive/folders/1mp0L9dRsnODbNrg59ZQczRkHy0HlaeXe?usp=sharing

 

SILABUS TEMATIK KELAS I

Tema 1             : Diriku

Subtema 1       : Aku dan Teman Baru

Semester         : I (Satu)

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Mata
Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.2   Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (P3)

2.2   Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (A3)

3.2   Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam  kehidupan sehari- hari di rumah. (C2)

4.2   Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (C1)

1.2.1 Mematuhi sikap patuh     aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (C3)

2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (A1)

3.2.1 Mengenali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

         (C1)

 

  4.2.1 Mempraktekkan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah (P3)

Tata tertib/aturan di rumah

Keberagaman  karakteristik individu di rumah


•  Bertanya jawab mengenai pentingnya berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah.

•  Bertanya jawab mengenai pentingnya memberi salam

Sikap:

• Jujur

• Disiplin

• Tanggung Jawab

• Santun

• Peduli

• Percaya diri

• Kerja Sama

Jurnal:

• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain

Penilaian Diri:

• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

Pengetahuan

Tes tertulis

• Memahami  Gerakan cepat dan lambat

• Memahami hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

•  Mengetahui manfaat gerakan meliukkan tubuh

• mengetahui ungkapan sayang untuk sahabat

• mengetahui ungkapan sayang terhadap adik

• memahami kalimat matematika untuk pengurangan

• memahami ungkapan terima kasih untuk guru

• Mengenal ungkapan sayang kepada orang tua

• memahami kalimat matematika untuk pengurangan

• memahami ungkapan sayang kepada kakak

• Mengetahui hal-hal yang harus berbagi dengan adik

Keterampilan

 Praktik/Kinerja

• Mendiskusikan gerakan cepat dan gerakan lambat

• Memeragakan gerak cepat dan lambat

• Memeragakan gerakan meliukkan tubuh

• Membaca puisi tentang persahabatan

• Mengomunikasikan hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik

• Menghitung pengurangan dengan menghitung mundur

• Mempraktikkan rangkaian gerak meliukkan tubuh

• Menyanyi dan menari dengan gerakan cepat dan lambat

• Menyanyikan lagu Bunda Piara

• Menulis soal cerita pengurangan

• Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik

• Membedakan kalimat pengurangan dengan penjumlahan

24 JP

Buku Guru

Buku Siswa

Internet

Lingkungan

Bahasa Indonesia

3.1  Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar (C2)

4.1  Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar (P3)

3.3  Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C2)

4.3   Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C1)

3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan (A2)

4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis (A5)

3.1.3  Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca (P3)

3.1.4  Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca (P3)

4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau membalik halaman buku saat membaca (C3)

4.1.4 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca (C3)

3.3.4  Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku (P3)

3.3.5  Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku (P3)

4.3.4  Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan tubuhku (C1)

4.3.5  Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan tubuhku (C1)

3.4.1  Mengidentifikasi gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat (C2)

4.4.1  Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan (P5)

persiapan mengenal huruf untuk membaca dan menulis permulaan

lambang bunyi vokal dan konsonan

kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya

kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya

puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan

•  Menyanyikan lagu yang bertema perkenalan dengan teman baru.

•  Melakukan permainan untuk berkenalan dengan teman baru (permainan lempar bola, permainan tebak suara teman dengan mata tertutup)

•  Menyanyikan lagu bertema teman baru untuk mengenal warna suara.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3.8   Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. (C2)

4.8   Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. (C1)

3.8.1  Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh

           (C2)

4.8.1  Menceritakan guna bagian-bagian tubuh.

           (C1)

gerak dasar lokomotor

  • sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)

• Mempraktikkan gerak berjalan satu arah

Berkenalan dengan teman melalui permainan yang menggunakan gerakan berjalan satu arah

Matematika

3.1   Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek. (C2)

4.1   Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan (P3)

3.2   Mengelompokkan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya (P4)

4.2   Merangkai bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat. (A4)

3.1.5  Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan) (A5)

4.1.5  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10) (P4)

3.2.1  Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10 (C1)

4.2.1  Merangkai bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap (A4)

bilangan cacah sampai 99

lambang bilangan

  • operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan dan pengurangan) sampai 99

•  Melakukan permainan untuk membilang bilangan cacah 1 – 10

•  Menulis lambang bilangan cacah 1 – 10 melalui permainan.

Seni Budaya dan Prakarya

3.3   Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari (C1)

4.3   Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari. (P3)

3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian (C2)

4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui tari. (P3)

karya ekspresi dua dan tiga dimensi

elemen musik

gerak anggota tubuh melalui tari

karya dari bahan alam


• Menyanyikan lagu yang bertema mengenal huruf (misalnya lagu a, b, c)

• Melakukan permainan untuk mengenal huruf vocal (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama)

• Melakukan permainan untuk mengenal huruf konsonan (misalnya permainan menggunakan kartu nama, menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan         : SDN GOGIK 02

Kelas / Semester            : I (Satu) / I

Tema 1                                : Diriku

Sub Tema 1                       : Aku dan Teman Baru

Pembelajaran                : 1

Fokus Pembelajaran      : PPKn,Bahasa Indonesia dan SBDP

Alokasi Waktu              : 1 Hari (5x35 menit)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
  • Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
  • setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
  • setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
  • Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagianbagian tubuh dengan tepat.
  • Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

  • Kelas dimulai dengan dibuka salam pembuka, menanyakan kabar dan kehadiran siswa. (Orientasi)
  • Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Religius)
  • Menyanyikan lagu nasional sebagai bentuk Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
  • Guru mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari hari ini dan diharapkan dengan pengalaman peserta didik. (Apersepsi)
  • Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari serta rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. (Motivasi)

Kegiatan Inti

  • Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”. (Mengamati)
  • Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama. (Mengekplorasi)
  • Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/ berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut. (Mengasosiasi)
  • Siswa mengungkapkan perasaan nya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru. (Mengekplorasi)
  • Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa. (Mengamati)
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar. (Mengamati)
  • Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa. (Mengekplorasi)
  • Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”. (Mengkomunikasikan)

Kegiatan Penutup

  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang hasil belajar selama sehari.
  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari .
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  • Melakukan penilaian hasil belajar.
  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)






C. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN 

1. Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014, Jakarta: Kementerian    Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).

2. Syair lagu “Dua Mata Saya”

3. Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap

D. PENILAIAN PEMBELAJARAN 

1. Penilaian Sikap

No

Nama

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

Keterangan:

BT : Belum Terlihat

MT : Mulai Terlihat

MB : Mulai Berkembang

SM : Sudah Membudaya Berilah tanda centang yang sesuai pada kolom.

2. Penilaian Pengetahuan Instrumen

     Instrumen Penilaian (tes tertulis)

3. Penilaian Pengetahuan

     Penilaian (Unjuk Kerja)

Mengetahui,                                                                 Ungaran, 25 Mei 2022

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I

 

Anni Malihatul Hawa, M.Pd.                               Arya Sadha Pratama

NIP. -                                                                         NIM. 134211001

C. Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis

 

KISI-KISI SOAL
PENILAIAN HARIAN

                                            

NO

MUATAN PELAJARAN

KOMPETESI DASAR

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

BOBOT

NO SOAL

1

PPKN

3,2

Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi sesuatu yang harus di lakukan sebelum dan sesudah aktivitas.

Isian

5

1

2

Bahasa Indonesia

3,3

Menguraikan lambang bunyi  vokal dan

orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Disajikan soal, siswa mampu menuliskan 5 huruf abjad pertama secara urut.

Isian

5

5

3

Matematika

3,1

Menjelaskan makna bilangan cacah

Disajikan soal, siswa mampu menuliskan angka yang sesuai dengan  banyanknya benda.

Isian

5

9

4

SBdP

3,2

Mengenal elemen musik melalui lagu

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan pencipta lagu “Siapa Namamu?”.

Isian

5

13

5

PJOK

3,1

Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan pengertian gerakan lokomotor.

Isian

5

19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN HARIAN (PH)

 

Nama

:

Subtema

: 1. Aku dan Teman Baru

No. Absen

:

Pembelajaran 

: 1

Tema

: 1. Diriku

Nilai 

:

Kerjakan soal-soal berikut ini !

  • Sebelum dan sesudah beraktivitas sebaiknya ..?
  • Tuliskan 5 huruf abjad pertama secara urut !
  • Hitung dan lingkari angka yang menunjukkan banyaknya benda di dalam kotak.
  • Siapakah pencipta lagu “Siapakah Namamu?” !
  • Gerakan lokomotor adalah..

KUNCI JAWABAN

 

  • Berdoa
  • A b c d e
  • A. T. Mahmud
  • Gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat

 

 

PEDOMAN PENILAIAN

5 x 20        = 100

    

                  = 5 x 20

                  = 100

 

 

REFLEKSI

 

REFLEKSI SISWA

Senangkah kamu menerima pelajaran hari ini?

Jika senang, buatkan gambar tersenyum, jika tidak senang buatkan gambar cemberut.

REFLEKSI GURU

Catatan Guru

1. Masalah                       : ……….

2. Ide Baru                       : ………..

3. Momen Spesial            : ………..

C. Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis

 

 

KISI-KISI SOAL
PENILAIAN HARIAN

 

Guru mengajak siswa berdoa dan membalas salam.

  • Siswa dapat menyebutkan huruf konsonan..
  • Siswa mampu memahami pengertian nama dirinya.
  • Siswa mampu meghitung angka bilangan 1- 10.
  • Siswa memahami materi gerak lokomotor.
  • Siswa mampu memahami tentang salam.

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan         : SDN GOGIK 02

Kelas / Semester              : I (Satu) / I

Tema 1                                 : Diriku

Sub Tema 1                         : Aku dan Teman Baru

Pembelajaran                   : 2

Fokus Pembelajaran      : Bahasa Indonesia,Matematika dan PJOK

Alokasi Waktu                  : 1 Hari (5x35 menit)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
  • Dengan permainan sederhana,siswa dapat bekerja sama dengan teman.
  • Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
  • Setelah bermain “cerita teman” siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Guru mengajak siswa berdoa dan membalas salam.(Religius)

Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?”

“Apakah kalian masih ingat nama temanteman baru?”

Guru lalu menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya. Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”

Setelah kegiatan pengulangan, lalu guru memulai pembelajaran dengan menyanyi lagu nasional (Nasionalisme)

10 menit

 Inti

Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.

Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki laki terpisah.

Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya. (Gotong-royong)

Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.

Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan. (Integritas)

Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas, sambil membaca buku perpustakaan yang ada di kelas (Literasi)

Selesai membaca, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untukmengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasimengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya. ( Collaborative)

Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang samasaat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran. (Mandiri)

Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.

Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalampermainan tersebut.

Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima

kasih sebelumdan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.( Creative , Communicative)

Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama.Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.

Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai. (Critical Thinking and Problem Solving)

35 Menit

X 30 JP




 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Penutup

Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama merekasemuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal. (Integritas)

15 menit

C. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN 

1. Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014, Jakarta: Kementerian   

    Pendidikan dan kebudayaan:2014)

2. Potongan kertas bertuliskan  angka 1 – 5,sebanyak 3 set atau lebih.

D. PENILAIAN PEMBELAJARAN 

1. Penilaian Sikap

No

Nama

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

Keterangan:

BT : Belum Terlihat

MT : Mulai Terlihat

MB : Mulai Berkembang

SM : Sudah Membudaya Berilah tanda centang yang sesuai pada kolom.

2. Penilaian Pengetahuan Instrumen

     Instrumen Penilaian (tes tertulis)

3. Penilaian Pengetahuan

     Penilaian (Unjuk Kerja)

Mengetahui,                                                                 Ungaran, 1 Juni 2022

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I

 

Anni Malihatul Hawa, M.Pd.                               Arya Sadha Pratama

NIDN. 0631039001                                                   NIM. 134211001

Lampiran 1

MATERI PEMBELAJARAN 

Mengenal Bilangan bersama Teman

Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru

METODE PEMBELAJARAN.

Pendekatan : Saintifik ¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah Gerak Dasar dalam Pendidikan Jasmani Menurut Husdarta dan Yudha M. Saputra (2000:73) ruang lingkup pendidikan jasmani salah satunya adalah pembentukan gerak, yang meliputi keinginan untuk bergerak, menghayati ruang waktu dan bentuk termasuk perasaan irama, mengenal kemungkinan gerak diri sendiri, memiliki keyakinan gerak dan perasaan sikap (kinestetik) dan memperkaya kemampuan gerak. Sedangkan menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) kemampuan gerak dasar merupakan kemampuan yang biasa siswa lakukan guna meningkatkan kualitas hidup. Selanjutnya masih menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) menyatakan bahwa kemampuan gerak dasar dibagi menjadi tiga kategori yaitu :

A. Kemampuan lokomotor Kemampuan lokomotor digunakan untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain atau untuk mengangkat tubuh ke atas seperti lompat dan loncat. Kemampuan gerak lainnya adalah berjalan, berlari, skipping, melompat, meluncur, dan lari seperti kuda berlari (gallop).

B. Kemampuan non lokomotor Kemampuan non lokomotor dilakukan di tempat tanpa ada ruang gerak yang memadai. kemampuan non lokomotor terdiri dari menekuk dan meregang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat dan memutar, mengocok, melingkar, melambungkan, dan lain-lain

C. Kemampuan manipulatif Kemampuan manipulatif dikembangkan ketika anak tengah menguasai macam-macam objek. Kemampuan manipulatif lebih banyak melibatkan tangan dan kaki, tetapi bagian lain dari tubuh kita juga dapat digunakan. Manipulasi objek jauh lebih unggul daripada koordinasi mata-kaki dan tangan-mata, yang mana cukup penting untuk berjalan (gerakan langkah) dalam ruang. Bentukbentuk kemampuan manipulatif terdiri dari:

Gerakan mendorong (melempar, memukul, menendang).

Gerakan menerima (menangkap) objek adalah kemampuan penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan bola yang terbuat bantalan karet (bola medisin) atau macam bola yang lain.

Gerakan memantul-mantulkan bola atau menggiring bola Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor

Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Pada umumnya gerak ini menggunakan kaki sebagai penunjang utama gerakan. Contoh gerak ini adalah berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan meluncur.

 Gerak Non Lokomotor

Gerak non lokomotor adalah gerakan seluruh atau sebagian tubuh tanpa disertai perpindahan tempat. Contoh gerak ini adalah membungkuk, meregang, memutar tubuh, dan mengayunkan lengan

A. Gerak Lokomotor Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya. Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan melompat. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan seharihari.

B. Gerak Lokomotor Gerakan dasar ini dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat, contohnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar.

Memuntir Badan. Gerakan memuntir atau memilin badan dapat dilakukan dengan memutar setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.

Menekuk Badan. Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau menekuk badan ke samping.

Memutar Badan. Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.

Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala). Gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara keseluruhan ke tempat lain contohnya menggeleng kepala.

PENILAIAN HARIAN SISWA

Nama :

No      :

Kelas  :

Nilai   :

 

Pilihan Ganda

1. Kita harus . . . sebelum melakukan kegiatan.

a. berdoa

 b. bernyanyi

c.  bermain

2. Gambar berikut menunjukkan aturan sebelum ke sekolah, yaitu . . .

 a. berdoa

b. makan

c. mandi

3. Cici mempunyai adik bernama Buyung. Huruf konsonan pada nama Buyung adalah ....

a. B, Y, dan N

b. B, N, dan G

c. B, Y, N, dan G

4. Nama lengkap disebut juga ....

a. nama panjang

b. nama angkat

c. nama panggilan

5. Banyak permen ada ....  

a. 6

b. 8

c. 10

6. Banyak bendera dapat ditulis dengan lambang bilangan ....

a. 5

b. 6

c. 7

7. Kegiatan pada gambar tersebut merupakan gerak ....

a. berjalan individu

b. berjalan berpasangan

c. berjalan berkelompok

8. Kita sering melakukan gerak berjalan. Berjalan adalah ....

a. gerak melangkahkan kaki secara bergantian

b. gerak menekukkan kaki secara bergantian

c. gerak mengayunkan kaki secara bergantian

9. Kita dan teman lainnya memiliki suara yang berbeda. Suara orang yang berbeda-beda disebut juga dengan ....

a. warna suara

b. bunyi suara

c. tebak suara

10. Kita dapat mengetahui warna suara teman saat kita ....

a. membaca bersama

b. makan bersama

c. berkenalan

KUNCI JAWABAN PH KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 1

1. A

2. A

 3. C

 4. A

 5. A

 6. A

 7. B

 8. A

 9. A

 10. C

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan       :  SDN 1 MANCHESTER

Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1

Tema 1                            :  Diriku

Sub Tema 1                    :  Aku dan Teman Baru

Pembelajaran               :  3

Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD) :

3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C4)

4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C1)

Indikator :

3.3.1 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru (C2)

4.3.1 Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru (C1)

Matematika

Kompetensi Dasar (KD) :

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek (C2)

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan (C1)

Indikator :

3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret (P4)

4.1.1  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10) (P5)

PKN

Kompetensi Dasar (KD) :

1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah (C4)

1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah

       Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah (A3)

2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar (A3)

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (C2)

4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (C3)

Indikator :

3.2.5 Menggali informasi hal hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah (C2)

4.2.5 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat masuk rumah (P3)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.

Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.

Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.

Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.

Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.

Karakter siswa yang diharapkan :          Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

Guru mengajak siswa berdoa dan membalas salam.(Religius)

Guru lalu bertanya kepada siswa, “Apakah tadi kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” Guru mengingatkan kembali pentingnya berpamitan dengan orang tua saat hendak ke luar rumah. Misal, saat hendak ke sekolah, bermain, atau yang lainnya.

10 menit

Inti

Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.

Agar dapat mengenal huruf dengan baik, guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/ karton itu lalu ditempel di papan tulis.

Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat buku siswa halaman 12) Lagu ini ditujukan untuk mengawali kegiatan di hari itu dan bukan bagian dari kegiatan pembelajaran SBDP. Notasi berikut untuk membantu guru menyanyikan lagu “a-b-c”.

Ulangi sekali lagi. Tunjuk salah satu siswa untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain bernyanyi lagu “a-b-c”. (Mandiri)

Untuk membantu menguatkan siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat hurufhurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13). (Critical Thinking and Problem Solving)

Setelah selesai berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok. (Gotong-royong)

Setiap kelompok mendapatkan kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut.

Setiap anggota kelompok bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut degan tepat. ( Collaborative)

Minta setiap siswa memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.

Minta setiap kelompok berdiri secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing agar siswa di kelompok lain dapat memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama semua siswa di kelas. (Critical Thinking and Problem Solving)

Guru lalu mengajak semua kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”.

Guru menunjuk kelompok untuk maju ke depan kelas. Minta kelompok tersebut memilih 2 nama siswa anggotanya untuk ditebak huruf “a, i, u, e, o”.

Beberapa siswa anggota kelompok tersebut berdiri berjajar. Mereka mengalungkan huruf sesuai nama yang akan ditebak, tapi tanpa huruf “a, i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman 14). (Critical Thinking and Problem Solving)

Guru menunjuk kelompok lain untuk menebak huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut.

Kelompok yang bertugas menebak harus mencari huruf “a, i, u, e, o” dari kartu huruf “a, i, u, e, o” yang telah dibagikan dan menyebutkan huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dengan suara keras. Setelah itu, kartu huruf yang tadi disebutkan dikalungkan ke leher teman yang sedang berdiri berjajar agar menjadi nama siswa yang lengkap. (creativity and Innovation)

Setelah dua nama dari kelompok yang mendapat giliran maju telah selesai ditebak, giliran kelompok yang menebak untuk maju ke depan kelas. Lalu kelompok yang lain lagi akan menebak huruf “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran maju untuk bermain.

Setelah bermain kartu huruf, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing membaca cerita. (Literasi)

Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “a-b-c” dan menyebutkan kembali huruf “a, i, u, e, o”.

Sebelum masuk ke kegiatan berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan,”Berapa kelompok yang tadi bermain tebak huruf?”, “Masingmasing kelompok terdiri dari berapa orang?” (Communication, Collaboration)

Siswa ada yang menjawab (dengan jawaban yang beragam), ada juga siswa yang diam.

Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.

Minta siswa mengamati gambar di buku siswa halaman 15.

Minta siswa bersama-sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.

Guru juga bisa menyediakan berbagai benda yang ada di kelas lalu meminta siswa secara bergiliran membilang banyaknya benda tersebut. (Critical Thinking and Problem Solving)

Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.

Selesai berlatih, guru mengajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17)

Minta siswa berdiri membentuk lingkaran, lalu guru menyampaikan aturan permainan. Siswa akan berkumpul bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman. (Critical Thinking and Problem Solving)

Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa lalu segera mencari teman untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”. (creativity and Innovation)

Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memberikan aba-aba. Siswa tersebut akan menerima instruksi dari guru.

Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya sampai semua bilangan 1 sampai dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok. (Integritas)

35 Menit X  30 JP

Penutup

Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai kegiatan hari ini. Siswa menceritakan perasaan dan kesulitannya saat bermain kartu huruf dan kelompok banyaknya benda. (Critical Thinking and Problem Solving)

Sebelum pulang, guru melontarkan pertanyaan yang memantik pemikiran siswa. “Tadi pagi saat hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke dalam rumah?” “Mengapa hal itu harus dilakukan?” Jawaban siswa akan beragam, namun guru menyimpulkan dan menekankan kepada siswa pentingnya memberi salam terlebih dulu saat hendak masuk rumah.

Guru mengajak berdoa dan memberi salam penutup. Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. (religius)

Setelah pulang ke rumah, siswa memberi salam saat masuk ke dalam rumahnya dan bercerita kepada orang tua tentang kegiatan yang dilakukan di kelas pada hari itu.

15 menit

 

E.    SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat

Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

Anni Malihatul Hawa, S.Pd. M.Pd.

NIDN. 0631039001

Manchester, 7 Juni 2022

Guru Kelas I

Arya Sadha Pratama

NIM. 134211001

 

Catatan Kepala Sekolah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

MATERI PEMBELAJARAN

Menghitung Banyak Teman

Mengenal Bentuk Segi Empat dan Bercerita kepada Teman

 

METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan     : Saintifik

Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

Bantuan: Pengucapan

Bunyi vokal diurutkan berdasarkan posisi lidah, sedangkan konsonan diurutkan berdasarkan cara pengucapan.

Pengucapan vokal

Posisi

Lidah dapat berada dalam posisi depan, hampir depan, madya (tengah), hampir belakang, dan belakang. Dalam bahasa Indonesia, vokal yang terjadi karena lidah berada di posisi depan adalah [i], [e], [a]. Semuanya merupakan vokal dengan bibir tak bulat. Sedangkan vokal (dalam bahasa Indonesia) yang terjadi karena lidah berada di posisi belakang adalah [u], [o]. Semuanya merupakan vokal dengan bibir bulat.

Ketinggian

Ketinggian lidah menentukan perbedaan bunyi vokal. Semakin tinggi lidah, maka semakin menyempit pula udara yang dikeluarkan untuk menciptakan bunyi vokal, dan demikian sebaliknya jika lidah merendah. Contohnya, vokal [i] dan [u] terjadi saat lidah mencapai posisi tertinggi yang dicapainya, sedangkan vokal [a] terjadi saat lidah mencapai posisi terendah.

 

Kebulatan

Kebulatan vokal ditentukan oleh bentuk bibir. Perbedaan bentuk bibir dapat menimbulkan vokal yang berbeda meskipun lidah berada di posisi yang sama. Misalnya vokal [i]adalah bunyi yang ditimbulkan dengan posisi lidah di depan dan tinggi tapi bibir tak bulat, sementara vokal [y] ditimbulkan dengan posisi lidah di depan dan tinggi tapi bibir membulat. Jadi perbedaan hanya terletak pada kebulatan bibir saja meskipun posisi lidah sama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat petunjuk penilaian)

2. Penilaian pengetahuan

- Tes tertulis

(selain latihan di buku siswa halaman 14, guru bisa mengembangkan jenis pertanyaan lain untuk tes tertulis yang akan diberikan)

3. Penilaian keterampilan

a. Penilaian Unjuk kerja: Mengenal konsep bilangan 1-10

No

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Mengurutkan

Predikat

bilangan 1-10

Menghitung

banyaknya

benda sesuai

bilangan 1-10

Membentuk

kelompok

sesuai

bilangan 1-10

Aktif

mengikuti

permainan

bilangan

1

Dayu

Sangat Baik

2

Udin

-

Baik

3

……

b.   Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan 1

1. Kemampuan

mengenal

huruf

Siswa mampu memenuhi

4 kriteria: bernyanyi

a-z secara berurutan,

mengenali huruf vokal

a-i-u-e-o yang hilang,

menyebutkan huruf vokal

yang hilang dengan

suara yang terdengar,

serta aktif mengikuti

permainan

Siswa

mampu

memenuhi

3 kriteria

dalam

permainan

huruf

Siswa mampu

memenuhi

2 komponen

dalam

permainan

huruf

Siswa mampu

memenuhi

1 komponen

dalam

permainan huruf

2.Kemampuan

menjalankan

peraturan

pada permainan

Siswa mampu melakukan

permainan sesuai

dengan instruksi tanpa

pengarahan ulang

Siswa

mampu

melakukan

permainan

sesuai

aturan tetapi

dengan 1 kali

arahan ulang

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai aturan,

tetapi dengan

lebih dari 1

kali arahan

ulang

Siswa belum

mampu

melakukan

permainan

sesuai dengan

aturan

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap

No

Nama Siswa

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

1

Ekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Aisy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Zidan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

BT      : Belum Terlihat

MT     :  Mulai Terlihat

MB     :  Mulai Berkembang

SM     :  Sudah Membudaya

Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

 

2.  Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

 

3.  Penilaian Pengetahuan

a.  Penilaian : Unjuk Kerja

 

Rubrik Menggambar Bentuk dari Pesegi dan Persegi Panjang

No.

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

1.

Ketepatan meng-isi angka sesuai banyaknya siswa pada gambar ‘Ayo Berlatih’.

5-6 gambar diisi dengan tepat.

3-4 gambar diisi dengan tepat.

1-2 gambar diisi dengan tepat.

Belum mampu mengisi angka.

2.

Ketepatan mewarnai kotak yang lebih banyak.

Mewar nai 3 kotak dengan tepat

Mewarnai 2 kotak dengan tepat

Mewarnai 1 kotak dengan tepat

Belum mampu mewarnai

b.  Penilaian : Unjuk Kerja

 

Rubrik Menggambar dari Bentuk Segi Empat

No.

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

1.

Hasil gambar

Bentuk dasar segiempat terlihat. Ada tambahan variasi gambar

Bentuk dasar  segi empat terlihat dan ti-dak ada tam-bahan variasi gambar atau sebaliknya

Bentuk dasar  segi empat tidak terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar

Belum mampu membuat gambar dari bentuk segi empat

2.

Jumlah warna yang digunakan

Menggunakan 4 atau lebih warna

Menggunakan 3 warna

Menggunakan 2 warna

Menggunakan 1 warna

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan       :  SDN 1 MANCHESTER

Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1

Tema 1                        :  Diriku

Sub Tema 1                 :  Aku dan Teman Baru

Pembelajaran               :  4

Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD) :

3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C4)

Indikator:

3.3.2 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru (A5)

PJOK

Kompetensi Dasar (KD) :

4.1 Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (P3)

Indikator:

4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. (P3)                  

 

SBdP

Kompetensi Dasar (KD) :

4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu (P1)

Indikator:

4.2.1 Memeragakan warna suara manusia (C3)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.

Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.

Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.

Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.

Karakter siswa yang diharapkan :        Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (religius)

Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

Membaca bacaan “Sahabat” (Literasi)

Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”.

Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.

Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila (Nasionalis)

Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan. (Mandiri)

Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru. (Critical Thinking and Problem Solving)

Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi. (Communication, Collaboration)

Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan. (creativity and Innovation)

Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan. (Integritas)

Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.

Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.

Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. (Critical Thinking and Problem Solving)

Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya. (Gotong-royong)

Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.

Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.

Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat. (Critical Thinking and Problem Solving)

Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.

Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.

Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.

Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus. (Literasi)

Siswa lalu kembali ke dalam kelas.

Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.

Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing. (Mandiri)

Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya. (Critical Thinking and Problem Solving)

Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.

Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata. ( Collaboration)

Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?” (creativity and Innovation)

Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya. ( Collaboration)

Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.

Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.

35 Menit X  30 JP

Penutup

Kegiatan ditutup dengan refleksi dan tanya jawab dengan siswa:

“Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti kegiatan hari ini?” ( Collaboration)

“Apakah ada bagian dari kegiatan yang sulit/mudah? Mengapa?”

“Ayo, sebutkan huruf pertama nama masing-masing!”

“Bagaimana kalian bisa membedakan warna suara teman?”

“Mengapa warna suara teman berbeda, ya?”

Guru mangajak siswa berdoa dan siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. (Religius)

15 menit

 

E.    SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran

Pensil

Mengetahui,                                                                 Ungaran, 25 Mei 2022

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I

 

Anni Malihatul Hawa, M.Pd.                               Arya Sadha Pratama

NIP. -                                                                         NIM. 134211001

 

Catatan Kepala Sekolah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

LAMPIRAN 1

materi untuk SBDP 

  1. Timbre memiliki arti sebagai warna suara. Pada suara manusia maupun alat musik juga memiliki warna suara yang berbeda-beda. Seperti pada suara manusia yang setiap individunya dapat menghasilkan karakter yang berlainan. Karakter perbedaan ini merupakan bentuk dari perbedaan timbre. Begitu juga alat musik. Sebagai contoh dua alat musik misal gitar dan piano memiliki warna nada yang sangat berbeda secara karakternya
  1. Timbre adalah suatu sifat dari suara manusia atau instrument karena beda intensitas dan banyaknya harmonic dan sub harmonic sehingga dapat membedakan instrument yang satu dengan instrument yang lain. Timbre dalam seni musik sering juga disebut dengan warna suara
  •  
  1. Warna bunyi 

Warna bunyi adalah perbedaan suara pada bunyi. Setiap bunyi memiliki warna bunyi masing-masing. Contoh Ketika sebuah gitar dan organ memainkan lagu yang sama, kamu masih dapat membedakan suara kedua alat musik tersebut. Meskipun kedua alat musik tersebut mempunyai frekuensi yang sama, tetapi bunyi yang dihasilkan oleh kedua sumber bunyi tersebut bersifat unik. Keunikan setiap bunyi dengan bunyi lainnya meskipun mempunyai frekuensi yang sama disebut sebagai warna bunyi. Jadi timbre atau warna bunyi adalah perbedaan bunyi yang dihasilkan antara dua bunyi walaupun kedua bunyi tersebut memiliki nada yang sama

 

MATERI PEMBELAJARAN

Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf

Bergerak Bersama Teman

 

METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan     : Saintifik

Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

lampiran 2

lembar penilaian

1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat petunjuk penilaian)

2. Penilaian pengetahuan

- Tes tertulis

(Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa menebak nama teman dari suaranya. Jawabannya karena setiap teman memiliki suara yang berbeda)

3. Penilaian keterampilan:

a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah

          No

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Berbaris Predikat

lurus saling

berhadapan

Berjalan lurus

ke satu arah

(sendiri) dan

bertukar posisi

Berjalan lurus

bergandengan

tangan

Rapi dan

teratur

1

Dayu

Sangat Baik

2

Udin

-

Baik

3

……

b.         Penilaian: Unjuk kerja:  Membedakan warna suara teman di kelas

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan 1

1. Kemampuan membedakan warna suara teman

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 8-10

orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman sebanyak

6-7 orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 4-5

orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 1-3

orang

2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai dengan

instruksi tanpa

pengarahan

ulang

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai aturan

tetapi dengan 1

kali arahan ulang

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai aturan,

tetapi dengan

lebih dari 1 kali

arahan ulang

Siswa belum

mampu

melakukan

permainan

sesuai dengan

aturan

PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap

No

Nama Siswa

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

1

Ekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Aisy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Zidan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

BT      : Belum Terlihat

MT     :  Mulai Terlihat

MB     :  Mulai Berkembang

SM     :  Sudah Membudaya

Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.  Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

3.  Penilaian Pengetahuan

a.  Penilaian : Unjuk Kerja

Rubrik Menyusun Huruf Berurutan

No.

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

1.

Ketepatan menyusun huruf

Kelompok mampu menyusun 4 atau lebih huruf dengan tepat

Kelompok mampu menyusun 3 huruf dengan tepat

Kelompok mampu menyusun 2 huruf dengan tepat

Kelompok belum mampu menyusun huruf

2.

Ketepatan waktu penyelesaian tugas

Selesai sebelum waktu yang ditentukan

Selesai tepat waktu

Terlambat maksimal 5 menit

Terlambat lebih dari 5 menit

3.

Kerja sama kelompok

Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif

Lebih dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif

Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif

Seluruh anggota kelompok terlihat pasif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan       :  SDN 1 MANCHESTER

Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1

Tema 1                        :  Diriku

Sub Tema 1                 :  Aku dan Teman Baru

Pembelajaran               :  5

Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD) :

4.3   Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (C1)

Indikator:

4.3.2  Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru (C1)

 

Matematika

Kompetensi Dasar (KD) :

3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya (C2)

4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat (C1)

Indikator:

3.2.1 Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10 (C1)

4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap (C1)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10.

Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai dengan 10.

Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan huruf konsonan yang hilang dari nama temannya..

Karakter siswa yang diharapkan :          Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran.

Guru mengajak siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan. Guru mengingatkan kembali tujuan berdoa sebelum kegiatan dimulai. Siswa berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan. (Religius)

Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya (Religius)

Guru meminta siswa mengamati bendabenda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?

Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut. (Mandiri)

Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.

10 menit

Inti

Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas? (Mandiri)

Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut. (Critical Thinking and Problem Solving)

Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.

Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong-royong)

Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.

Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.

Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan). (Integritas)

Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (creativity and Innovation)

Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.

Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23) (creativity and Innovation)

Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.

Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu?

Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok. (Integritas)

Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi. (creativity and Innovation)

Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya. (Communication, Collaboration)

Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26)

Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.

Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25. (Mandiri)

Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27. (Critical Thinking and Problem Solving)

35 Menit X  30 JP

Penutup

Kegiatan ditutup dengan kegiatan refleksi:

siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat belajar dan bermain lambang bilangan (Communication)

siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat identifikasi huruf untuk menebak huruf yang hilang dari nama teman

menyebutkan huruf konsonan dari dua nama teman di kelas (sebagai contoh) dan mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10.

Setelah selesai kegiatan refleksi selesai, siswa berdoa dan berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. (Religius)

15 menit

 

 

 

 

 

 

E.    SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1- 5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk). Contoh :

 

 

 

Mengetahui,                                                                 Ungaran,  2 Juni 2022

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I

 

Anni Malihatul Hawa, M.Pd.                                          Arya Sadha Pratama

NIP. -                                                                         NIM. 134211001

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lampiran 1

materi pembelajaran

Sumber materi untuk Matematika 

http://catatansekolah.blogspot.co.id/2013 Rev.2017/10/mengenal-lambang-dan-nama-bilangan.html (diunduh pada tanggal 23 Februari, pukul 11.40 WIB)

Mengenal Lambang dan Nama Bilangan 

A. Lambang Bilangan

Suatu bilangan mewakili banyaknya benda. Simbol dari suatu bilangan disebut lambang bilangan. Kita bisa membaca dan menulis lambang bilangan dengan gambar.

B. Nama Bilangan

Nama bilangan adalah sebutan untuk suatu angka.

Contoh lambang dan nama bilangan untuk satuan:

NO

lambang bilangan

nama bilangan

1

1

satu

2

2

dua

3

3

tiga

4

4

empat

5

5

lima

6

6

enam

7

7

tujuh

8

8

delapan

9

9

sembilan

10

10

sepuluh

Sumber materi untuk Bahasa Indonesia 

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Bantuan Pengucapan.html (diunduh pada tanggal 23 Februari, pukul 11.50 WIB)

 

Bantuan: Pengucapan 

Cara pengucapan 

Bunyi konsonan terjadi karena penghambatan udara pada daerah artikulasi (alat bicara). Secara spesisifik, konsonan dapat diucapkan dengan cara sebagai berikut:

 

 

 

Desis (frikatif): terjadi karena udara dipaksa keluar melalui celah sempit yang disebabkan oleh dua artikulator (misalnya bibir atas dan bibir bawah, lidah dan langit-langit). Desis alur terjadi karena udara dipaksa keluar melalui celah sempit dan lidah menggulung untuk mengarahkan udara di tepi gigi. Contohnya konsonan [s], [z].

Getar: terjadi karena penggetaran daerah artikulasi aktif (lidah dan bibir). Contoh konsonan getar adalah [B] (getar bibir), [r] (getar langit-langit).

Hampiran: terjadi karena artikulator (misalnya lidah dan langit-langit) saling mendekati namun tidak cukup sempit, atau dengan tekanan artikulatoris yang cukup. Jadi hampiran jatuh antara desis dan vokal. Contohnya adalah konsonan [v], [j], [w]. Jika saat pengucapan konsonan hampiran lidah menyentuh langit-langit, maka terjadilah hampiran-sisi, contohnya adalah konsonan [l].

Letup (eksplosif): terjadi karena penghentian aliran udara di daerah artikulasi tertentu, sehingga udara terhambat dan menciptakan suatu bunyi. Misalnya konsonan [t] dan[d] di daerah rongga-gigi, dan konsonan [b] dan [p] di daerah bibir.

Sengau (nasal): terjadi bila jalur udara dihambat di daerah artikulasi, namun udara berhasil keluar melalui hidung. Dalam istilah sederhana, konsonan sengau terjadi karena udara keluar melalui hidung. Jadi, konsonan sengau tidak bisa berbunyi sempurna jika hidung ditutup. Lawan dari konsonan sengau adalah konsonan oral, di mana udara dikeluarkan melalui mulut. Contoh konsonan sengau adalah [m], [n].

MATERI PEMBELAJARAN

Bermain Bersama Teman Baru

Mengurutkan Bilangan Bersama Teman Baru

 

METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan     : Saintifik

Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

 

Lampiran 2

1. Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).

2. Penilaian pengetahuan

- Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)

3. Penilaian keterampilan

a. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan

No

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Membilang Predikat

banyak

benda

Menyebutkan

bilangan

Mengidentifikasi

lambang

bilangan dengan

mengangkat

kartu

bilangannya

Mengikuti

aturan

permainan

dengan

tertib

1

Dayu

-

Baik

2

Udin

Sangat  Baik

3

……

b. Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan

 

No

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Menyebutkan

nama

teman pemilik

kartu

nama

Menebak

huruf yang

hilang dari

kartu nama

teman

Mengidentifikasi

huruf yang

hilang dengan

mengangkat

kartu hurufnya

Mengikuti

aturan

permainan

dengan

tertib

1

Dayu

Baik Sekali

2

Udin

-

-Baik

3

……

b.         Penilaian: Unjuk kerja:  Membedakan warna suara teman di kelas

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan 1

1. Kemampuan membedakan warna suara teman

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 8-10

orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman sebanyak

6-7 orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 4-5

orang

Siswa mampu

membedakan

warna suara

teman

sebanyak 1-3

orang

2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai dengan

instruksi tanpa

pengarahan

ulang

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai aturan

tetapi dengan 1

kali arahan ulang

Siswa mampu

melakukan

permainan

sesuai aturan,

tetapi dengan

lebih dari 1 kali

arahan ulang

Siswa belum

mampu

melakukan

permainan

sesuai dengan

aturan

PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap

No

Nama Siswa

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

1

Ekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Aisy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Zidan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

BT      : Belum Terlihat

MT     :  Mulai Terlihat

MB     :  Mulai Berkembang

SM     :  Sudah Membudaya

Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

 

2.  Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)

Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

 

3.  Penilaian Pengetahuan

a.  Penilaian : Unjuk Kerja

 

 

 

 

 

Rubrik Gerakan Berlari Berpasangan

No.

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

1.

Semangat dan kekompakan

Secara mandiri, pasangan terlihat saling memberikan semangat

Dengan arahan guru, pasangan terlihat saling memberikan semangat

Dengan arahan guru, hanya 1 orang dari pasangan yang terlihat memberikan semangat

Pasangan terlihat saling menolak untuk melakukan aktivitas

2.

Ketaatan pada aturan main

Pasangan mampu berlari pada lintasan tanpa menyenggol pasangan lain

Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 1 kali menyenggol pasangan lain

Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 2 kali menyenggol pasangan lain

Pasangan mampu berlari pada lintasan, tetapi 3 kali menyenggol pasangan lain

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan       :  SDN 1 MANCHESTER

Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1

Tema 1                        :  Diriku

Sub Tema 1                 :  Aku dan Teman Baru

Pembelajaran               :  6

Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD) :

3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa   Indonesia atau bahasa daerah (C4)

4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah. (C1)

Indikator:

3.3.3  Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan aku dan teman baru. (A4)

4.3.3   Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat. (C3)

Matematika

Kompetensi Dasar (KD) :

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat. (C1)

Indikator:

4.2.1 Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap. (C1)

 

PPKn

Kompetensi Dasar (KD) :

1.1   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah. (C4)

1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah. (A3)

2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar. (A5)

4.2   Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (P2)

Indikator:

4.2.6  Mempraktikkan kegiatan berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.

          (A2)

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.

Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.

Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.

Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.

Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.

Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

 

Karakter siswa yang diharapkan :          Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

 

 

 

 

 

 

 

 

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran.

Guru mengajak siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan. Guru menanamkan nilai bahwa berdoa kepada Tuhan sebelum melakukan kegiatan bertujuan agar kegiatan hari ini bermanfaat dan berlangsung dengan baik. Siswa berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan. (Religius)

Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai dengan menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar (Nasionalis)

Guru meminta siswa untuk menyebutkan nama masing-masing dan menyebutkan huruf-huruf penyusun namanya. Ini untuk mengingatkan kembali siswa tentang huruf a-z.

10 menit

Inti

Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal. (Gotong-royong)

Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30. ( Collaboration)

Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru.

Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30. (Literasi)

Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa? (Communication)

Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32) (Communication)

Para siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.

Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan tulis. (Literasi)

Guru sudah menempel kartu lambang bilangan 1 sampai dengan 10 di  papan tulis.

Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10.

Guru lalu menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33)

Kemudian siswa diminta untuk belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia. (Critical Thinking and Problem Solving)

35 Menit X  30 JP

Penutup

 Sebelum kegiatan ditutup, guru dan siswa sama-sama melakukan refleksi kegiatan di hari ini.

Secara acak guru menunjuk beberapa siswa dan meminta mereka untuk menyebutkan dan melafalkan huruf-huruf penyusun nama. (creativity and Innovation)

Setelah itu, guru menunjukkan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dari kartu angka, lalu siswa bersama-sama membaca lambang bilangan tersebut.

Guru kemudian menunjuk siswa secara acak untuk menuliskan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Mandiri)

Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah. (Religius)

Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

15 menit

 

 

 

 

 

 

E.    SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Contoh-contoh benda atau gambar berbentuk lingkaran

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                 Ungaran, 11 Juni 2022

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas I

 

Anni Malihatul Hawa, M.Pd.                                           Arya Sadha Pratama

NIP. -                                                                         NIM. 134211001

 

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

Catatan tambahan untuk buku guru 

Ada beberapa cara untuk membuat kelompok:

  1. Siswa berhitung dari 1 sampai dengan 5 (atau sampai bilangan tertentu sesuai dengan banyak kelompok yang diinginkan) berulang sampai semua siswa mendapat bilangan. Siswa yang mendapat angka 1 berkelompok dengan siswa lain yang mendapat bilangan 1, siswa dengan bilangan 2 berkelompok dengan sesama bilangan 2, begitu seterusnya.
  2. Siswa menyebutkan huruf dari a sampai dengan e (atau sampai huruf tertentu sesuai dengan banyak kelompok yang diinginkan) berulang sampai semua siswa mendapat huruf. Siswa yang mendapat huruf a berkelompok dengan siswa lain yang mendapat huruf a, siswa dengan huruf b berkelompok dengan sesama huruf b, begitu seterusnya.
  3. Berdasarkan huruf pertama nama panggilan, berurut dari a sampai dengan z. Dibagi per lima siswa.
  4. Dan lain-lain.

Kartu huruf dan bilangan bisa dibuat dari barang bekas, misalnya kertas atau kardus bekas.

Jika kartu huruf dan kartu bilangan terbatas, maka guru bisa menyediakan di suatu tempat tertentu. Kelompok yang ditunjuk untuk menjawab bisa mencari kartu huruf atau bilangan yang dimaksud.

Observasi penilaian sikap bergantung pada sikap apa saja yang dikembangkan di kegiatan belajar saat itu.

 

MATERI PEMBELAJARAN

Mengenal Lingkaran sambil Bermain Bersama Teman

Menggambar dan Bercerita

 

METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan     : Saintifik

Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

Penilaian Pembelajaran 

1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

2. Penilaian pengetahuan:

- Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan pertanyaan dari materi yang telah diberikan, sesuai dengan kondisi di kelas)

3. Penilaian keterampilan:

Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru

 

No

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Menyebutkan

nama

teman pemilik

kartu

nama

Membilang

banyaknya

huruf

penyusun

nama

Menyebutkan

huruf-huruf

penyusun nama

sendiri dan

nama teman

Bercerita

dengan

lancar

1

Dayu

Sangat Baik

2

Udin

-

Baik

3

……

Kegiatan Pengayaan 

Siswa membuat kartu huruf nama dua anggota keluarga di rumah.

Siswa menghitung benda milik sendiri di sekolah yang banyaknya 1 sampai dengan 10 lalu menuliskan nama dan lambang bilangannya.

Siswa membentuk kelompok lalu saling bercerita dengan teman di kelompoknya tentang aturan saat hendak keluar dan masuk rumah serta berdoa sebelum kegiatan.

Kegiatan Remedial 

Guru membantu siswa mengenal huruf a-z:

Guru menyusun kartu huruf a-z secara berurutan

Siswa menirukan untuk membaca huruf a-z

Siswa menyebutkan nama sendiri

Guru menuliskan nama seorang siswa, lalu siswa tersebut mengidentifikasi huruf penyusun nama sendiri

Siswa mengambil huruf-huruf penyusun nama dari kartu huruf

Siswa menyebutkan nama lengkap dan panggilannya

Guru membantu siswa mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 10:

Guru menyusun kartu bilangan dari 1 sampai dengan 10 secara berurutan

Siswa menirukan guru membaca bilangan dari 1 sampai dengan 10 saat guru menunjukkan lambang bilangannya

Siswa menghitung banyaknya benda yang diberikan oleh guru. Dimulai dari yang banyaknya 1 sampai dengan 10 lalu menunjukkan lambang bilangannya.

Siswa menirukan ucapan guru membaca nama bilangan dari 1 sampai dengan 10

Guru menunjukkan lambang bilangan, siswa mencari kartu nama bilangan yang sesuai dengan lambang bilangan yang ditunjukkan.

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Penilaian Sikap

No

Nama Siswa

Perubahan Tingkah Laku

Percaya Diri

Disiplin

Bekerjasama

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

BT

MT

MB

SM

1

Ekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Aisy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Zidan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

BT      : Belum Terlihat

MT     :  Mulai Terlihat

MB     :  Mulai Berkembang

SM     :  Sudah Membudaya

Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.  Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)

 

3.  Penilaian Pengetahuan

a.  Penilaian : Unjuk Kerja

Lembar Pengamatan berbagai Benda Berbentuk Lingkaran

No.

Kriteria

Terlihat ( v )

Belum Terlihat ( v )

1.

Siswa mampu mengikuti instruksi guru.

 

 

2.

Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.

 

 

3.

Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran secara berkelompok.

 

 

4.

Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya

 

 

 

b.  Penilaian : Unjuk Kerja

Rubrik Menggambar dan Menceritakan Gambar dalam Kelompok

No.

Kriteria

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

1.

Kerja sama kelompok

Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif.

Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif.

Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif.

Seluruh anggota kelompok terlihat pasif.

2.

Kualitas hasil

Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat. Ada tambahan hiasan dan pewarnaan

Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat. Tidak ada tambahan hiasan dan pewarnaan.

Objek gambar terdiri dari salah satu (lingkaran atau segi empat saja).

Ada tambahan hiasan dan pewarnaan.

Objek gambar terdiri dari salah satu (lingkaran atau segi empat saja). Tidak ada tambahan hiasan dan pewarnaan.

3.

Kemampuan menceritakan gambar

Perwakilan kelompok menceritakan gambar mencakup dua  aspek (informasi yang faktual dan imajinatif)

Perwakilan kelompok menceritakan gambar hanya dari aspek faktual atau imajinatif saja

Perwakilan kelompok menceritakan gambar hanya menyebutkan nama gambar saja

Perwakilan kelompok belum mampu menceritakan gambar

 

Kegiatan alternatif:

Berkenalan sambil bernyanyi

Mewarnai tulisan nama diri

Menebak jumlah benda yang lebih banyak

Permainan menyusun huruf dan suku kata

Membuat poster peraturan kelas

Membandingkan jumlah benda

 

Remedial:

Guru mengulang penjelasan bagi siswa yang belum memahami konsep bilangan 1-5.

Guru memberikan remedial membaca bagi siswa yang belum lancar membaca teks yang dipelajari.

Itulah artikel/lampiran RPP kelas 1  Tema 1 Subtema 1  PB 1-6 Sekolah Dasar...

Janga lupa tinggalkan like nya ygy,terima kasihh....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun