Mohon tunggu...
Arwa Nadaa
Arwa Nadaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa prodi bimbingan dan konseling FIP UNESA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mendengarkan Aktif Menjadi Kunci Sukses Komunikasi Interpersonal

5 Januari 2025   18:42 Diperbarui: 5 Januari 2025   18:42 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENDENGARKAN AKTIF MENJADI KUNCI SUKSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Oleh Arwa Wad'hah Nadaa (23010014306)

arwa.23306@mhs.unesa.ac.id

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, hubungan, dan kontak. Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan agar penerima pesan dapat memahami maksud dari pesan yang disampaikan. Effendy (2006 : 18) yang merujuk pada paradigma Harold Lassewell mengungkapkan unsur komunikasi sebagai berikut: a. Komunikator atau sender adalah seseorang yang mengirimkan pesan, b. Penyandian atau encoding adalah mengalihkan pemikiran yang ada ke dalam bentuk sandi, c. Pesan atau message adalah pikiran, perasaan, atau ide yang dikirimkan atau disampaikan oleh pengirim pesan, d. Media adalah tempat yang menjadi penyaluran pesan, e. Decoding adalah penerima pesan mengartikan atau memaknai lambang yang telah disampaikan oleh pengirim pesan, f. Komunikan atau receiver adalah seseorang yang menjadi penerima pesan, g. Tanggapan atau response adalah reaksi dari penerima pesan terhadap pesan yang disampaikan, h. Umpan balik atau feedback adalah respon balik terhadap pesan yang telah disampaikan kepada pengirim pesan, i. Noice, gangguan karena pesan yang diterima komunikan berbeda dengan pesan yang dikirim oleh komunikator (Raharjo, 2015).

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal adalah interaksi dari dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan yang di dalamnya terdapat pengirim pesan dan penerima pesan agar terjalin hubungan sosial yang baik (Sari, 2020 dalam Widodo et al., 2021). Komunikasi interpersonal ini menjadi sarana bagi tiap individu agar berinteraksi dengan menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang sifatnya pribadi yang dilaksanakan secara langsung tanpa media maupun secara langsung menggunakan media. Contohnya dengan tatap muka, telepon, atau surat pribadi (Ngalimun, 2017 dalam Latifah et al., 2020). Proses dalam komunikasi interpersonal melibatkan pada pertukaran informasi antara satu orang dengan orang lain yang dapat diketahui langsung timbal baliknya. Melalui komunikasi interpersonal, memungkinkan seseorang yang menjadi pengirim pesan untuk berinteraksi dengan orang lain atau penerima pesan agar mendapatkan respon atau timbal balik dari penerima pesan. Seseorang yang mengirimkan pesan dapat disebut sebagai komunikator dan seseorang yang menerima pesan adalah komunikan. Edi Harapan dan Syarwani Ahmad (2019) mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal adalah proses bertukar informasi yang dianggap efektif dan bisa dilaksanakan dengan cepat dan sederhana (Widodo et al., 2021). Komunikasi interpersonal ini memungkinkan komunikator dan komunikan untuk bertukar pesan atau informasi dengan lebih cepat dan efisien. Yahya dan Winarsih (2016) mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan interaksi antara dua individu atau lebih yang di dalamnya terdapat proses saling mempengaruhi, membentuk informasi, pikiran, dan pengetahuan sehingga antar individu tersebut dapat berpartisipasi secara aktif dan informasi tersebut dapat menjadi pengetahuan bersama (Sari & Wati, 2020). Komunikasi Interpersonal ini dapat dikatakan sebagai proses bertukar pesan atau informasi antara dua orang atau lebih yang terdiri dari komunikator dan komunikan secara langsung baik melalui media maupun tidak untuk mendapatkan respon dan umpan balik.

Ciri-ciri Komunikan Interpersonal

De Vito mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Openess (keterbukaan)

Adanya keterbukaan antara pengirim pesan dan penerima pesan terhadap informasi, pesan, perasaan, maupun ide yang akan disampaikan secara bebas, terbuka, dan tidak ada ketakutan atau rasa malu di antara keduanya. Komikator dan komunikan saling memahami dan mengerti satu sama lain.

  1. Empathy (empati)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun