Mohon tunggu...
Arul 33
Arul 33 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Manulis,membaca,menonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kunjungan Mahasiswa Manajemen UMY ke Koperasi Intako Tanggulangin dalam Peningkatan Pangsa Pasar menggunakan Media Sosial dan E-commerce

11 Desember 2023   14:24 Diperbarui: 11 Desember 2023   14:40 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Koperasi INTAKO Tanggulangin merupakan perusahaan koperasi yang merupakan pemegang merek dari produk koper, tas, sendal dan sepatu yang memiliki konsep bahan kulit dan bahan lainnya yang berkualitas tinggi.

alimustikasari.com
alimustikasari.com

Salah satu metode strategi pemasaran digital yang digunakan intako adalah Media sosial dan E-commerce, hal ini di dorong oleh terjadinya wabah Covid-19 yang mana memaksa koperasi harus memutar otak untuk melakukan penjualan yang lebih efektif di tengah wabah yang melanda.

Pemasaran digital membutuhkan pengunggahan presentasi produk yang dapat menarik perhatian konsumen, karena konsumen hanya dapat mengandalkan presentasi produk untuk membeli. Menambahkan deskripsi juga dapat membantu konsumen lebih memahami produk yang mereka beli dan mengembangkan citra audiens yang dipasarkan. Misalnya, menggunakan platform e-commerce dan media sosial.

screenshot instagram koperasi.intako
screenshot instagram koperasi.intako

Digital marekting dengan menggunakan media sosial instagram terbukti banyak digunakan oleh masyarakat dari segala gender dan semua kalangan. Bagi pebisnis online, khususnya saat mempublikasikan produk di Instagram, konsistensi adalah kuncinya, baik dari segi fitur feed maupun story. Oleh karena itu, UMKM perlu kreatif dalam menghasilkan konten yang menarik. Membangun bisnis online berbasis Instagram diyakini bisa sangat menguntungkan. Salah satu cara untuk memaksimalkan keuntungan jangka panjang adalah dengan terus meningkatkan konversi pelanggan dengan menyertakan mereka dalam rekomendasi produk.

Sedangkan E-commerce memiliki keunggulan dibandingkan media sosial. Karena E-commerce dapat di jadikan tempat untuk berbisnis dan juga dapat dengan leluasa memaparkan keunggulan dan keunikan produknya, mengekspresikan kreativitas bisnis dengan meningkatkan pemasaran produk, dan lebih fleksibel dalam berkomunikasi dengan konsumen serta menerima keluhan, kritik dan saran konsumen

screenshot e-commerce shopee INTAKO Leather
screenshot e-commerce shopee INTAKO Leather

Shopee adalah bentuk e-commerce di Indonesia yang dari tahun 2015 sampai saat ini masih terus berkembang. E-commerce satu ini memiliki tujuan yang mampu menghubungkan antara penjual da pembeli dengan melihat kelompok sasaran

Nurul Hak Pamungkas Al Mastub, Mahasiswa Muhammadiyah Yogyakarta

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun