Mohon tunggu...
Arul Ramadhan
Arul Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Badminton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Konsep Pembelajaran

1 Januari 2025   11:20 Diperbarui: 1 Januari 2025   11:20 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama : Arul Ramadhan

NIM : BI1024061

Prodi : Bahasa Indonesia

Tugas mata kuliah dasar-dasar ilmu pedidikan membuat artikel tentag materi yang saya tulis yaitu tentang konsep pembelajaran.

KONSEP PEMBELAJARAN

1. Pengertian

Konsep pembelajaran adalah suatu rancangan atau rencana pengajaran yang akan disampaikan pada pembelajaran yang meliputi tentang seperti apa siswa itu belajar, guru dalam mengajar, dan bagaimana lingkungan disekitar dan metode pembelajaran yang optimal untuk kesuksesan pembelajaran.

2. Konsep penting dalam pembelajaran

a. Pembelajaran Aktif

yaitu bagaimana pembelajaran pengajaran tersebut melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran itu sendiri melalui berbagai cara contohnya dengan berdiskusi, ber- eksperimen, ber-simulasi, ataupun proyek sekalipun.

b. Pembelajaran Kolaboratif

yaitu dalam pembelajaran ini siswa diharapkan dapat untuk saling bekerja sama satu sama lain untuk berkelompok untuk menyelesaikakn suatu tugas atau masalah yang menekankan pada saling berinteraksi satu sama lain, saling berbagi pemikiran, dalam mencapai tujuan bersama.

c. Pembelajaran Mandiri

Yaitu dalam pembelajaran ini siswa dituntut dan dilatih untuk otodidak tentang menguasai materi pengajaran, disini posisi tenaga pendidik hanya sebagai pendambing , konsep ini untuk membuat siswa menjadi lebih mandiri dan ber-inisiatif tinggi.

d. Pembelajaran Berbasis Proyek

Yaitu dengan adanya proyek yang ada disekitar kita atau didunia nyata bertujuan untuk memberikan edukasi yang mendalam tentang materi yang diberikan dalam pemecahan masalah ataupun komunikasi.

e. Pembelajaran Berbasis Masalah

Yaitu pembelajaran ini memiliki tujuan utama didalam didunia nyata peserta didik diharuskan dapat memecahkan masalah dengan ilmu yang dimiliki mencari bagaimana mengatasi masalah melalui diskusi atapun riset untuk agar peserta didik menjadi lebih analistis dan terampil.

f. Pembelajaran Bebasis Teknologi

Yaitu dengan memanfaatkan sumber fasilitas yang ada seperti jaringan internet, laptop, dan berbagai software pembelajaran guna mendorong proses belajar

3. komponen system pembelajaran

a. Tujuan Pembelajaran

Dengan tujuan yang jelas dapat mempermudah dalam menggapai suatu titik yang dituju agar menjadi efisien dalam pelaksanaannya.

b. Materi Pembelajaran

Yaitu tentang isi materi yang akan diajarkan atau diberikan oleh tenaga pendidik dalam suatu pengajaran.

c. Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran

Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang aktif dapat membuat peserta didik bersemangat dalam memahami materi  sehingga peserta didik dapat menambhakan rasa variasi atau tidak monoton dalam belajar.

d. Media Pembelajaran

Sebagai wadah dalam menyampaikan informasi tentang materi belajar yang sedang dipelajari, sehingga guru tidak mengalami kesusahan dalam memmberikan informasi materi dan peserta didik pun dapat dengan baik menerima materi tersebut.

e. Evaluasi Pembelajaran

Yang dimaksud disini adalah tentang bagaimana hasil akhir dari sebuah pembelajaran yang ditempuh oleh peserta didik dan dapat menjadi pertimbangan oleh tenaga pendidik tentang hasil belajar peserta didik entah sudah cukup atau perlu untuk dikoreksi atau di evaluasi.

4. faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran

a. Guru

Guru disini adalah sebagai wadah dalam proses pembelajaran sebagai pedoman atau contoh untuk peserta didik, sebagai pengatur kelas, sebagai penyemangat. Karena itu bagaimana pembelajaran berhasil atau tidaknya tergantung dari guru itu sendiri

b. Peserta Didik

Peserta didik disini adalah sebagai orang yang sedang melalukan pembelajaran, faktornya itu tentang bagaimana peserta didik itu berfikir, perilaku dan sopan santun peserta didik, latar belakang, laki-laki atau perempuan, sekitar tempat, serta umur peserta didik.

c. Sarana dan Prasarana

Sarana adalah sebagai wadah pendukung yang secara live dalam kelancaran suatu pengajaran atau pembelajaran, seperti: berbagai alat tulis menulis, media yang digunakan, dan berbagai peralatan yang dipakai. Sedangkan prasana yaitu yang secara tidak langsung mendorong kesuksesan pembelajaran, seperti : Lokasi tempat belajar atau sekokah, lingkungan sekitar sekolah, kantin sekolah, perpus, dll.

d. Lingkungan

Selain guru, peserta didik dan sarana prasarana, lingkungan juga dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Peserta didik akan selalu berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda-beda baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan bermain sehingga baik atau buruknya lingkungan peserta didik akan mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik tersebut.

Lingkungan yang dimaksud disini yaitu bagaimana lingkungan siswa saling berkomunikasi dengan macam-macam lingkungan sehingga baik atau tidaknya lingkungan dapat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik.

5. Pemilihan Sumber Belajar Pada Pembelajaran

a.  Sumber yang ada secara fisik seperti buku majalah, surat kabar, kamus, dll.

b. Sumber yang bukan secara fisik contohnya itu adalah saat menonton film, video, podcast,dll.

c. Sumber belajar berbentuk fasilitas seperti GOR, kolam renang, perpus, dll.

d. Sumber belajar berbentuk kegiatan contohnya itu seperti kerja kelompok, analisis hasil penelitian, dan permainan.

e. Sumber belajar yang dari lingkungan sekitar contohnya seperti di pusat perbelanjaan, di perhentian bus, di taman, dll.

5.Kesimpulan

Kesimpulan dari materi ini adalah tentang bagaimana keterkaitan antara tenaga pendidik dan tenaga pengajar dalam mencapai tujuan dalam keberhasilan dalam pembelajaran tentang sarana dan prasana, kontribusi lingkungan disekiar, cara strategi seorang tenaga pengajar dalam menyampaikan materi yang akan diberikan untuk peserta didik. Sehingga disini konsep pembelajaran sangat berpengaruh dalam poses keberhasilan pembelajaran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun