Nama : Arul Ramadhan
NIM : BI1024061
Prodi : Bahasa Indonesia
Tugas mata kuliah dasar-dasar ilmu pedidikan membuat artikel tentag materi yang saya tulis yaitu tentang konsep pembelajaran.
KONSEP PEMBELAJARAN
1. Pengertian
Konsep pembelajaran adalah suatu rancangan atau rencana pengajaran yang akan disampaikan pada pembelajaran yang meliputi tentang seperti apa siswa itu belajar, guru dalam mengajar, dan bagaimana lingkungan disekitar dan metode pembelajaran yang optimal untuk kesuksesan pembelajaran.
2. Konsep penting dalam pembelajaran
a. Pembelajaran Aktif
yaitu bagaimana pembelajaran pengajaran tersebut melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran itu sendiri melalui berbagai cara contohnya dengan berdiskusi, ber- eksperimen, ber-simulasi, ataupun proyek sekalipun.
b. Pembelajaran Kolaboratif
yaitu dalam pembelajaran ini siswa diharapkan dapat untuk saling bekerja sama satu sama lain untuk berkelompok untuk menyelesaikakn suatu tugas atau masalah yang menekankan pada saling berinteraksi satu sama lain, saling berbagi pemikiran, dalam mencapai tujuan bersama.
c. Pembelajaran Mandiri
Yaitu dalam pembelajaran ini siswa dituntut dan dilatih untuk otodidak tentang menguasai materi pengajaran, disini posisi tenaga pendidik hanya sebagai pendambing , konsep ini untuk membuat siswa menjadi lebih mandiri dan ber-inisiatif tinggi.
d. Pembelajaran Berbasis Proyek
Yaitu dengan adanya proyek yang ada disekitar kita atau didunia nyata bertujuan untuk memberikan edukasi yang mendalam tentang materi yang diberikan dalam pemecahan masalah ataupun komunikasi.
e. Pembelajaran Berbasis Masalah
Yaitu pembelajaran ini memiliki tujuan utama didalam didunia nyata peserta didik diharuskan dapat memecahkan masalah dengan ilmu yang dimiliki mencari bagaimana mengatasi masalah melalui diskusi atapun riset untuk agar peserta didik menjadi lebih analistis dan terampil.
f. Pembelajaran Bebasis Teknologi
Yaitu dengan memanfaatkan sumber fasilitas yang ada seperti jaringan internet, laptop, dan berbagai software pembelajaran guna mendorong proses belajar
3. komponen system pembelajaran
a. Tujuan Pembelajaran
Dengan tujuan yang jelas dapat mempermudah dalam menggapai suatu titik yang dituju agar menjadi efisien dalam pelaksanaannya.
b. Materi Pembelajaran
Yaitu tentang isi materi yang akan diajarkan atau diberikan oleh tenaga pendidik dalam suatu pengajaran.
c. Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran
Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang aktif dapat membuat peserta didik bersemangat dalam memahami materi  sehingga peserta didik dapat menambhakan rasa variasi atau tidak monoton dalam belajar.
d. Media Pembelajaran
Sebagai wadah dalam menyampaikan informasi tentang materi belajar yang sedang dipelajari, sehingga guru tidak mengalami kesusahan dalam memmberikan informasi materi dan peserta didik pun dapat dengan baik menerima materi tersebut.
e. Evaluasi Pembelajaran
Yang dimaksud disini adalah tentang bagaimana hasil akhir dari sebuah pembelajaran yang ditempuh oleh peserta didik dan dapat menjadi pertimbangan oleh tenaga pendidik tentang hasil belajar peserta didik entah sudah cukup atau perlu untuk dikoreksi atau di evaluasi.
4. faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran
a. Guru
Guru disini adalah sebagai wadah dalam proses pembelajaran sebagai pedoman atau contoh untuk peserta didik, sebagai pengatur kelas, sebagai penyemangat. Karena itu bagaimana pembelajaran berhasil atau tidaknya tergantung dari guru itu sendiri
b. Peserta Didik
Peserta didik disini adalah sebagai orang yang sedang melalukan pembelajaran, faktornya itu tentang bagaimana peserta didik itu berfikir, perilaku dan sopan santun peserta didik, latar belakang, laki-laki atau perempuan, sekitar tempat, serta umur peserta didik.
c. Sarana dan Prasarana
Sarana adalah sebagai wadah pendukung yang secara live dalam kelancaran suatu pengajaran atau pembelajaran, seperti: berbagai alat tulis menulis, media yang digunakan, dan berbagai peralatan yang dipakai. Sedangkan prasana yaitu yang secara tidak langsung mendorong kesuksesan pembelajaran, seperti : Lokasi tempat belajar atau sekokah, lingkungan sekitar sekolah, kantin sekolah, perpus, dll.
d. Lingkungan
Selain guru, peserta didik dan sarana prasarana, lingkungan juga dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Peserta didik akan selalu berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda-beda baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan bermain sehingga baik atau buruknya lingkungan peserta didik akan mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik tersebut.
Lingkungan yang dimaksud disini yaitu bagaimana lingkungan siswa saling berkomunikasi dengan macam-macam lingkungan sehingga baik atau tidaknya lingkungan dapat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik.
5. Pemilihan Sumber Belajar Pada Pembelajaran
a. Â Sumber yang ada secara fisik seperti buku majalah, surat kabar, kamus, dll.
b. Sumber yang bukan secara fisik contohnya itu adalah saat menonton film, video, podcast,dll.
c. Sumber belajar berbentuk fasilitas seperti GOR, kolam renang, perpus, dll.
d. Sumber belajar berbentuk kegiatan contohnya itu seperti kerja kelompok, analisis hasil penelitian, dan permainan.
e. Sumber belajar yang dari lingkungan sekitar contohnya seperti di pusat perbelanjaan, di perhentian bus, di taman, dll.
5.Kesimpulan
Kesimpulan dari materi ini adalah tentang bagaimana keterkaitan antara tenaga pendidik dan tenaga pengajar dalam mencapai tujuan dalam keberhasilan dalam pembelajaran tentang sarana dan prasana, kontribusi lingkungan disekiar, cara strategi seorang tenaga pengajar dalam menyampaikan materi yang akan diberikan untuk peserta didik. Sehingga disini konsep pembelajaran sangat berpengaruh dalam poses keberhasilan pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H