Mohon tunggu...
Arsyid Naufal Adilah
Arsyid Naufal Adilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa aktif Program Studi S-1 Matematika Universitas Airlangga.

Selanjutnya

Tutup

Games

Matematika dalam Genshin Impact: Apa Itu Theorycrafting?

21 Juni 2024   00:00 Diperbarui: 21 Juni 2024   00:25 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pratayang Genshin Impact Versi 4.7. Sumber: https://genshin.hoyoverse.com/m/id/news/detail/123807

Genshin Impact adalah permainan video daring dengan genre dunia terbuka, permainan peran, dan aksi. Seperti gim lainnya, Genshin Impact tentunya tidak terlepas dari pemrograman dengan berbagai operasi matematika. Matematika digunakan oleh pengembang untuk menghitung banyak aspek dalam gim ini, misalnya kesempatan memperoleh item secara acak, peningkatan atribut karakter saat meningkatkan levelnya, hingga kerusakan yang diterima maupun disebabkan oleh suatu karakter.

Bagi sebagian besar pemain Genshin Impact, analisis matematika tidak terlalu diperlukan dalam memainkan gim ini, tetapi tidak bagi beberapa pemain. Dengan matematika, pemain dapat menganalisis mekanisme permainan sehingga ditemukan strategi dan taktik yang lebih optimal dalam memainkan gim ini. Proses analisis tersebut biasa disebut theorycrafting.

Dalam gim ini, theorycrafting sangat membantu dalam menghitung kerusakan yang diterima maupun disebabkan oleh suatu karakter berdasarkan atribut-atribut yang dimiliknya. Dengan hal tersebut, pemain juga dapat memperkirakan potensi maksimal suatu karakter, menentukan atribut yang masih perlu ditingkatkan, menentukan karakter-karakter yang dapat bersinergi sebagai tim, hingga membandingkan potensi setiap karakter untuk menentukan strategi yang paling optimal dalam menyelesaikan tantangan dalam gim ini.

Kerusakan (DMG) yang disebabkan oleh suatu karakter dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti atribut dasar karakter, senjata dan artefak yang dikenakan karakter, talenta karakter, dan reaksi elemen yang disebabkan oleh serangan tersebut. Selain faktor-faktor tersebut, juga terdapat faktor lain yang tidak disebutkan secara eksplisit dalam gim, seperti ketahanan dan resistensi musuh, serta diminishing returns. Namun, pemain tetap dapat memprediksi kerusakan dengan faktor-faktor yang diketahui, yang hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan kenyataannya.

Atribut Karakter

Karakter dalam gim ini memiliki atributnya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Atribut yang dimiliki suatu karakter terdiri dari Health (HP), Attack (ATK), Defense (DEF), Elemental Mastery (EM), Stamina, Critical Rate (CRIT Rate), Critical Damage (CRIT DMG), Healing Bonus, Incoming Healing Bonus, Energy Recharge, Damage Bonus (DMG Bonus), Resistance (RES), dan beberapa atribut tersebunyi lainnya. Atribut setiap karakter dapat ditingkatkan melalui peningkatan level, penggunaan senjata dan artefak, bahkan dukungan dari talenta sendiri maupun karakter lain.

DMG Dasar

DMG dasar yang disebabkan suatu karakter dihitung berdasarkan perkalian antara pengali talenta karakter tersebut dengan satu atau lebih atribut tertentu yang dimiliki karakter tersebut. Sebagian besar karakter mengakibatkan DMG menggunakan atribut ATK, tetapi banyak juga karakter yang menggunakan atribut lain, seperti HP, DEF, dan EM. Rumus DMG dasar yang dihasilkan karakter adalah sebagai berikut.

Rumus untuk menghitung DMG dasar yang dihasilkan oleh serangan karakter.
Rumus untuk menghitung DMG dasar yang dihasilkan oleh serangan karakter.

Pengali DMG Dasar

Pengali DMG dasar adalah atribut yang melipatgandakan DMG dasar dengan skala tertentu. Saat ini, atribut ini merupakan atribut yang langka karena hanya dimiliki oleh karakter-karakter tertentu.

Bonus DMG Dasar Tambahan

Bonus DMG dasar tambahan adalah DMG dengan jumlah tetap yang akan ditambahkan secara langsung pada DMG dasar yang dihasilkan suatu karakter. Atribut ini dapat didapatkan melalui reaksi elemen, artefak, juga talenta karakter tertentu.

DMG Bonus

DMG Bonus adalah atribut yang meningkatkan DMG sebesar persentase tertentu. Beberapa karakter memiliki atribut ini dari awal, tetapi atribut ini juga bisa didapatkan dari sumber lain, misalnya senjata dan artefak.

Reaksi Elemen

Reaksi elemen adalah reaksi yang terpicu dengan mengombinasikan beberapa elemen pada musuh target. Beberapa reaksi elemen dapat meningkatkan DMG yang dihasilkan karakter, yaitu Melt, Vaporize, Spread, dan Aggravate. Reaksi Melt dan Vaporize akan melipatgandakan DMG keseluruhan yang dihasilkan karakter dengan pengali tertentu, sedangkan reaksi Spread dan Aggravate akan memberikan bonus DMG dasar tambahan pada DMG yang dihasilkan karakter dengan jumlah yang tetap. Besar DMG tambahan yang diberikan reaksi elemen juga dipengaruhi oleh Elemental Mastery.

DMG Akhir

DMG akhir yang disebabkan oleh suatu karakter akan dihitung melalui atribut-atribut yang telah disebutkan sebelumnya. DMG akhir yang dihasilkan suatu karakter dapat dihitung menggunakan rumus berikut.

Rumus untuk menghitung DMG akhir yang dihasilkan oleh serangan karakter.
Rumus untuk menghitung DMG akhir yang dihasilkan oleh serangan karakter.

Serangan Kritis

Serangan kritis adalah serangan spesial yang mengakibatkan DMG lebih besar dari biasanya. Serangan ini muncul berdasarkan peluang yang ditentukan oleh CRIT Rate dan DMG yang diakibatkannya akan ditentukan oleh CRIT DMG. DMG yang dihasilkan oleh serangan kritis dihitung berdasarkan rumus berikut.

Rumus untuk menghitung DMG yang dihasilkan oleh serangan kritis karakter.
Rumus untuk menghitung DMG yang dihasilkan oleh serangan kritis karakter.

Faktor-faktor di atas secara eksplisit disebutkan dalam gim dapat memengaruhi DMG yang diakibatkan oleh karakter. Semakin besar atribut yang dimiliki karakter, semakin besar pula DMG yang dihasilkan oleh karakter tersebut. Namun, sebagian pemain percaya bahwa meningkatkan salah satu atribut karakter terlalu besar akan menghasilkan peningkatan DMG yang tidak signifikan. Hal tersebut dipercaya disebabkan oleh adanya diminishing returns.

Diminishing Returns

Hukum diminishing returns adalah prinsip ekonomi yang mengatakan bahwa jika satu faktor ditingkatkan secara terus menerus dalam suatu produksi sementara faktor lainnya tetap sama, proses produksi tersebut akan mencapai titik dengan peningkatan tambahan akan menghasilkan output yang menurun secara progresif. Hukum ini dipercaya diterapkan dalam Genshin Impact untuk mengurangi efek dari atribut yang ditingkatkan secara berlebihan. Namun, hal ini tidak dikonfirmasi dalam gim maupun secara langsung oleh pengembang.

Dalam bermain Genshin Impact, matematika dapat diterapkan untuk menentukan strategi optimal, yang biasa disebut dengan theorycrafting. Bahkan, prinsip ekonomi juga dipercaya diterapkan dalam permainan video bergenre aksi ini. Jadi, matematika bukanlah ilmu yang hanya berguna untuk menghitung luas dataran maupun suku suatu barisan, tetapi juga dapat diterapkan melalui hobi.

 

 

DAFTAR PUSAKA 

Fandom contributors. (2024). Damage. Genshin Impact Wiki. https://genshin-impact.fandom.com/wiki/Damage

Montevirgen, K. (2024, Februari 10). Diminishing returns. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/money/diminishing-returns

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun