Mohon tunggu...
Muhammad Armand
Muhammad Armand Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Sultan Hasanuddin

Penyuka Puisi-Kompasianer of The Year 2015

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kisah Mahasiswa Urus KRS

1 Februari 2014   13:52 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:15 907
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1391238732703845910

ADYATMA, itu nama mahasiswaku. Ia layangkan SMS padaku, pengen jumpa denganku, untuk urus KRS. Persuaanpun disepakati, ketemunya di warung kopi -yang lagi trending di Makassar, Sulawesi Selatan- demi urusan yang maha penting itu. Mengapa KRS (Kartu Rencana Studi) begitu esensi? Karena di sanalah sumbu rancangan masa depan mahasiswa per setengah tahunnya dalam perhelatan perkuliahan.

[caption id="attachment_319638" align="aligncenter" width="300" caption="Ilustrasi: www.unhas.co.id"][/caption]

Pra pertemuan, saya kirim SMS anak didikku itu: "Anda punya waktu dua jam untuk konsultasi KRS?". Ia dengan sigap me-reply: "Kenapa lama begitu Pak? Toh bapak hanya akan tanda tangan dan bicara seperlunya". Saya tak menanggapi pertanyaannya itu. Malam, selepas sholat isya. Ia pun tiba di warkop. "Bapak sering ke sini ya? Maksud saya di warkop?". Pertanyaan rada-rada aneh sebetulnya. Sebab, warkop itu public space. "Iya", ucapku

Apa dan bagaimana?

Adyatma, menyodorkan KRS-nya dengan sembilan matakuliah tertawarkan dari 'Pusat KRS Online' Universitas Hasanuddin. "Apa ini sudah fiks?". Tanyaku dibalas dengan senyuman. Lumrah juga potret gesture mahasiswa serupa ini, jika kutanya, dijawab dengan smiling. Terlalu sulit kutangkap akan senyumannya kecuali perlambang keramahan dan happy bertemu dengan Kompasianer Makassar yang juga Konsultan Akademiknya (Populer disebut PA: Penasehat Akademik).

"KRS memang hanya soal tanda tangan", deklarku. "Perihal apa saja yang Anda ketahui dengan rencana studi ini?", tanyaku lagi. "Jumlah matakuliah, foto, IPK, NIM, jadwal dan tempat kuliah", jawabnya enteng. Dan kutepuk ringan bahunya, saya bercuap-cuap panjang.

Adyatma, KRS itu sakral. Ini memang hanyalah sebuah KARTU, tapi ini kartu ajaib yang bisa membuatmu tertawa di akhir semester atau malah menitikkan air mata. Menangis karena beberapa matakuliahmu berjatuhan saat Anda melihat rapor atau Kartu Hasil Studi. Mengapa bisa begitu? Karena Anda hanya memandang KRS itu sebagai persyaratan administratid-akademik, hanya soal tanda tangan penasehat akademik, ketua jurusan dan wakil dekan.

Mahasiswaku, nampaknya mulai tertarik dengan ulasanku. Karena saya penasehat akademik, saya wajib poisisikan diriku sebagai orang yang benar-benar memberi nasehat kepada anak ini, bukan sebagai Kompasianer koplak yang suka komen tanpa baca artikel Pakde Kartono. Hahaha. Dan saya lanjutkan:

Adyatma, Anda wajib mengenal dengan sebaik-baiknya, dosen-dosen pengampuh matakuliah di KRS ini, baca seksama profilnya, tanyakan kepada mahasiswa yang pernah memrogram matakuliahnya, ini soal strategi, soal taktik dalam rancang bangun matakuliah. Bukan asal berencana begitu saja. Apa gak lucu jika Anda berencana akan ke suatu desa, Anda tak mengenal desa itu, seperti apa penduduknya, kayak apa kepala desanya. Setidaknya, Anda kan harus tahu dengan memburu informasi. Begitu juga zona setiap matakuliah, kan lucu kalau Anda tak menguasai medan sebuah matakuliah.

Target lulus dengan grade nilai apa?

Sembari seruput kopi Toraja, saya tegas-tegaskan kepadanya bahwa seorang mahasiswa hobi menarget nilai A. Lalu, apakah itu tidak spekulatif jika tak disertai rasionalisasi? Bukankah itu sebuah gambling? Perjudian? Hingga kuberceloteh lagi kira-kira seperti ini:

Target nilai A itu manusiawi, normal dan itu achievement setiap mahasiswa, berilah alasan kepada saya, hingga Anda menargetkan nilai A itu. Apa indikasinya? Jadi, saranku sebagai penasehat akademik. Kenali setiap matakuliah yang Anda program, kenali GBRP dan Silabinya. Apa visi matakuliah itu? Tingkat kemudahan dan level kesulitannya di mana? Anda bisa tanyakan lagi kepada eks pengambil matakuliah itu, di mahasiswa lainnya. Setiap matakuliah punya manual dan guide, telah tersedia di bagian akademik bahkan banyak yang mencopy-nya.

Upaya keraskan untuk mencari arsip-arsip soal, baik UTS maupun UAS dan kuis-kuis, pola praktik lapang dan aturan-aturan yang diterapkannya, sebab tiap dosen berbeda style-nya, itu sudah lumrah dan tak melanggar aturan baku akademik. Setiap dosen punya teknik, dan itu Anda harus mampu mengelolanya. Selami gaya dosen pengasuh setiap matakuliah yang akan Anda programkan. Pun, selami teman-teman Anda yang bakal lebih banyak berinteraksi dengan Anda. Semua teman-teman Anda adalah baik namun belum tentu tepat untuk Anda dalam berimprovisasi, demi peningkatan kinerja perkuliahan Anda. So, selektiflah bukan berarti milih-milih teman loh.

Rupanya Adyatma awas memberi perhatian non verbal kepadaku, mungkin ia merasa dapat pelajaran baru yang sebetulnya bukan pelajaran. Toh, idealnya mahasiswa memang harus mikir, kreatif dan mandiri. Itulah konsekuensi sistem KRS. Individualistis...! Tak sama dengan gaya kuliah tempo doeloe, yang "sistem tingkat", bahagia bersama, menderita bersama. Kalau KRS, yah mirip lagu anak-anak: "Siapa rajin bersekolah, cari ilmu, sampai dapat".

***

Dari persuaanku dengan Adyatma itu, terhidanglah artikel edukasi ini, durasi kurang lebih dua jam, sudah cukup membuka khasanah berpikir kepada Adyatma akan seluk-beluk yang ideal akan sebuah pengurusan KRS, karena KRS benar-benar harus diurus baik-baik, cermat, dan sarat taktik jitu.

Serupa itulah kisah mahasiswaku dalam pengurusan KRS. Akhirnya, saya raih ball-point dan bertanya kepada Adyatma: "Saya tanda tangan sekarang?". "Jangan dulu Pak, saya tidak mau spekulasi lagi dalam merancang KRS", imbuhnya dalam alam tersadar. Interpretasiku, ia akan indahkan nasehatku sebelum menemuiku kembali untuk validasi KRS, bernama pembubuhan tandatangan.

Viva Academica, Viva Senatore, Viva Profesore

Salam Kompasiana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun