Mohon tunggu...
Arsyad Amien
Arsyad Amien Mohon Tunggu... Lainnya - Contact Center Manager

Sama-sama belajar tentang industri Customer Service

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Jadi Customer Service, Lebih Cocok untuk Introvert Atau Extrovert Ya?

15 Juni 2024   23:40 Diperbarui: 21 Juni 2024   21:53 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jadi Customer Service, lebih cocok untuk introvert atau extrovert ya?
Ada 2 persepsi untuk menjawab pertanyaan di atas :

  • tergantung dari Customer Service dengan media apa, karena beda media beda cara kerjanya
  • Extrovert atau Introvert bukan segalanya, lebih baik kita lihat dari sudut pandang yang lebih luas yaitu dari segi MBTI

Untuk artikel ini Saya mau bahas dulu dari segi MBTInya dulu. MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah alat psikotes untuk mengukur kecenderungan preferensi seseorang dalam mengambil keputusan dan juga persepsi seseorang dalam melihat kehidupa di dunia. Ada 4 dimensi yang dilihat dari MBTI ini

1. Dimensi pemusatan perhatian : Introvert (I) Vs Extrovert (E)
Dimensi ini mengukur bagaimana kita berinteraksi dengan dunia dan dimana kita menyalurkan energi kita. Untuk memperjelas maksud dari dimensi ini Saya akan bertanya dan silahkan dijawab dalam hati masing-masing dengan spontan dan jujur

Jika Kamu dalam situasi acara reuni sekolah apakah Kamu merasa
A. Berenergi dan betah berlama-lama ngobrol dengan teman-teman lama
B. Ingin segera pulang karena merasa capek setiap ngobrol khawatir salah bicara
Jawaban A adalah pilihan orang Extrovert, dan B pilihan orang Introvert

2. Dimensi memahami informasi dari luar: Sensing (S) vs. Intuition (N)
Dimensi ini membahas tentang jenis informasi yang kita tangkap. Langsung saja kita perjelas dengan pertanyaan berikut :

Tipe buku mana yang Kamu suka?
A. Buku yang mencoba meyakinkan pemahaman dengan analisa logika dan bukti-bukti yang jelas
B. Buku yang mencoba meyakinkan pemahaman dengan kisah sukses orang lain yang sangat menginspirasi
Jawaban A adalah pilihan orang Sensing, dan B pilihan orang Intuition

3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
Dimensi ini mengukur tentang bagaimana cara kita membuat keputusan dan menjadi kesimpulan. Langsung saja kita perjelas dengan pertanyaan berikut :

Jika Kamu menjuarai lomba lari, mana yang membuat Kamu lebih senang?
A. Senang karena perjuangan latihan terbayar sudah
B. Senang karena bangganya berdiri di podium paling atas
Jawaban A adalah pilihan orang Thinking, dan B pilihan orang Feeling

4. Dimensi pola hidup: Judging (J) vs. Perceiving (P)
Dimensi ini menjelaskan tentang bagaimana pola hidup seseorang, entah hidup yang terstruktur atau spontan. Langsung saja kita perjelas dengan pertanyaan berikut :

Kamu punya PR sekolah dari mata pelajaran yang Kamu sukai dan kuasai, rencana mana yang akan Kamu pilih?
A. Main dulu, setelah itu baru kerjakan PR
B. Kerjakan PR dulu baru setelah itu pergi bermain
Jawaban A adalah pilihan orang Perceiving, dan B pilihan orang Judging


Kira-kira ada di tipe mana kah Kamu? ENFP atau ISTJ atau yang lainnya
Lalu tipe MBTI apa yang paling cocok untuk menjadi Customer Service?
Sebetulnya tidak ada tipe MBTI pasti yang cocok untuk menjadi Customer Service namun ada 2 dimensi yang sangat diperlukan di dunia Customer Service.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun