Tahukah Kamu? Di tahun 2022 ada 1.85 juta manusia Indonesia lulus kuliah baik itu dari jenjang Sarjana ataupun Diploma
Tahukah Kamu? Di tahun 2023 hanya ada 298.185 lowongan kerja tersebar di tahun 2023 Â CNBC Indonesia
Tahukah Kamu? Customer Service adalah lowongan pekerjaan yang menerima fresh graduate terbanyak secara umum
Saya Arsyad Amien berkarir di dunia Customer Service dan Saya cukup bahagia dengan kehidupan Saya.
Pengalaman pribadi Saya yang memulai karir di Customer Service memang hanya sebagai batu loncatan.
1 minggu setelah lulus kuliah Saya sudah bekerja sebagai Help Desk Agent untuk PT Telkom Indonesia dengan status karyawan outsource. Pekerjaan yang cukup mudah Saya dapatkan karena hanya 1 kali interview dan kebetulan interviewnya gampang seperti dites mata pelajaran PPKN / tes budi pekerti. Yang bisa Saya jawab dengan perasaan saja tanpa logika mendalam
Kerja 6 bulan di sana, Saya sambil aktif mencari kerja di tempat lain. Â Sampai diterima di perusahaan financial service sebagai Management Trainee di tahun 2011. Sebagai Management Trainee Saya mencoba bekerja semua posisi dari mulai admin, sales, collection, credit analyst, dan customer service membuat Saya bertanya "sebenarnya Saya ini siapa?" Dan jawabannya "kayanya dengan personality Saya, Saya cocok di Customer Service aja deh"
Personality seperti apa sih yang cocok jadi Customer Service?
Kalau dalam hati Kamu ketika menghadapi masalah dengan orang, sering berkata-kata dalam hati seperti ini :
- "Saya pengen denger dulu kenapa dia marah"
- "Ga semua orang harus setuju dengan Saya"
- "Iya juga ya kasian juga dia"
- "Kayanya kalau dikasih ini selesai deh masalahnya"
- "Jangan-jangan Saya yang salah"
Berarti Kamu bisa jadi Customer Service yang baik.
Apa sih yang menarik menjadi Customer Service?
Menurut Saya yang menarik itu Industrial Customer Service, dan Saya menemukan Industrial Customer Service adalah bidang pekerjaan yang menggabungkan antara service excellent dan scalability atau dengan kata lain jalankan layanan dengan prima dalam waktu bersamaan layanan tersebut diproduksi secara masal dan cepat. 2 Keywordnya service excellent dan scalability yang sebenarnya sangat bertolak belakang tapi yang menariknya adalah mencari keseimbangannya.
Apakah bisa karir sebagai Customer Service memberikan Saya kehidupan yang layak?