Mohon tunggu...
Adjat R. Sudradjat
Adjat R. Sudradjat Mohon Tunggu... Penulis - Panggil saya Kang Adjat saja

Meskipun sudah tidak muda, tapi semangat untuk terus berkarya dan memberi manfaat masih menyala dalam diri seorang tua

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ditinggal Shalat, Balita pun Menghilang

19 September 2014   02:40 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:17 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sore itu, sekitar setahun yang lalu, cucu saya yang pertama, Liam (3 tahun) dibawa Mbah dan Eyang Putrinya, besan saya, untuk jalan-jalan ke daerah Depok, sekalian mengantar anak bungsunya yang kuliah di UI.

Saat berada di kawasan kampus, azan maghrib pun berkumandang. Maka mereka bertiga, suami-istri besan saya, dan anak bungsunya bergegas memenuhi panggilan shalat. Sementara Liam, cucu kami, disuruh menungguinya di dekat mereka. Dalam masjid di kampus tersebut, tentu saja.

Entah karena jenuh menunggui orang yang sedang shalat, entah karena apa, cucu kami itu diam-diam ngeloyor, keluar dari ruangan masjid. Sementara mereka bertiga mengetahui lenyapnya Si Liam, manakala usai mengucap salam akhir.

Sudah barang tentu mereka pun terkejut dibuatnya. Dan kekhawatiran langsung menyergap Mbah, Eyang Putri, dan Omnya Si Liam. Ketiganya pun bergegas mencarinya ke setiap sudut masjid. Akan tetapi Si Liam tidak ditemukan sama sekali. Setiap orang yang ditanyai, hanya menggelengkan kepala, atau menjawab: “Nggak tahu.”

Dalam hati Eyang Putrinya muncul perasaan tidak enak. Jangan-jangan cucu kesayangan kami itu ada yang menculik. Apalagi ketika itu sedang ramai-ramainya berita tentang hal tersebut.

Dengan perasaan tidak karuan, mereka bertiga terus mencari Si Liam. Tidak hanya di kawasan masjid, area parkir pun mereka “obrak-abrik”. Hanya saja untuk member itahu kedua orang tuanya, anak perempuan saya, dan suaminya, anak menantu saya, mereka masih berusaha untuk menahannya. Apalagi memberi tahu saya, selain jauh, mungkin saja mereka pun takut saya ikut-ikutan khawatir juga barangkali.

Setelah sekian lama, hampir dua jam kira-kira,mereka bertiga mencari-cari, besan saya yang perempuan mungkin lelah juga dibuatnya. Maka untuk sedikit melepas lelah, sekaligus menenangkan pikirannya, diapun menuju mobilnya yang diparkir.

Dan di dekat mobilnya itu dia melihat Si Liam sedang dipeluk oleh seorang tua. Dengan bergegas besan saya menghampiri cucu kesayangan kami itu. Sambil menyebut namanya, diapun merebutnya dari pelukan orang tua yang tampaknya seperti pengemis.

Tanpa ditanya, orang tua itu menjelaskan, bahwa dirinya melihat seorang anak kecil seperti sedang kebingungan di dekat mobil tersebut. Ketika ditanya, Si Liam malah menjawab bahwa mobil itu milik Mbahnya yang sedang shalat. Maka orang tua itu berinisiatif untuk menjaga Si Liam agar tidak pergi jauh-jauh.

Ahirnya mereka pun lega dibuatnya.

Adapun kisah itu saya dengar dari orang tua Si Liam sendiri, saat mereka berkunjung ke kampung kami. Dan usai mendengar ceritanya, saya hanya berkomentar, “Makanya kalau sedang bepergian sama anak kecil, meskipun sempit waktunya untuk menunaikan shalat, akan lebih bagus untuk bergantian saja shalatnya. Coba kalau hilang beneran... ” ***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun