Pengalaman rangkap tugas kebanyakan memang didelegasikan kepada seseorang yang mempunyai kapabilitas (kemampuan lebih) di dunia kerja.
Kapabilitas dibentuk dan dinilai berdasarkan ability (keahlian yang diperoleh dengan mempelajari sesuatu) dalam menyelesaikan tugas tertentu.
Tentu attitude (sikap) juga menjadi pertimbangan dalam organisasi kerja untuk menentukan tugas lebih seseorang dalam dunia kerja.
Lembaga sekolah mempunyai struktur kerja yag dipimpin oleh kepala sekolah sebagai manajer.
Tugas yang diemban kepala sekolah tidaklah ringan. Selain tugas manajerial, administrator dan supervisor juga melekat dalam tugas keseharian kepala sekolah.
Sekolah dan Pengembangan Diri TIK
Dinamika kemajuan iptek begitu pesat dan canggih. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) begitu menggurita pengaruhnya di masyarakat.
Sekolah sebagai lembaga formal mempunyai peran sentral sebagai agent of change. Penyedia Sumber Daya manusia (SDM) berkualitas yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja.
Begitu sentral peran sekolah sebagai penopang pendidikan sehingga harus mampu mengembangkan diri.
Pesatnya perkembangan dan pengaruh iptek dijawab sekolah dengan membuka kelas TIK baik di tingkat dasar dan menengah.
Berani Ambil Rangkap Tugas dan Menanggung Resiko
Akhir tahun 2000, penulis terjun ke lingkungan sekolah. Berstatus sebagai CPNS, tentu yunioritas melekat sebagai pemain baru.